Dongeng Anak: Putri Salju dan Tujuh Kurcaci

Mengajarkan anak untuk tidak iri dan selalu berbuat baik dengan sesama

8 September 2020

Dongeng Anak Putri Salju Tujuh Kurcaci
Insidehook.com

Membacakan dongeng sebelum tidur memiliki berbagai manfaat, yaitu menambah wawasan anak, melatih imajinasi anak, menambah kosa kata berbahasa, mengembangkan hobi bacanya, dan membangun karakter positif anak yang diambil dari pesan dongeng. Selain itu juga dapat membuat anak menjadi lebih tenang dan tidur lebih mudah

Dongeng “Putri Salju dan Tujuh Kurcaci” memiliki banyak versi, Mama mungkin juga sudah tak asing dengan cerita yang satu ini. Sehingga Mama pun bisa membacakan kembali dongeng ini untuk si Kecil sebelum tidur.

Dongeng ini awalnya merupakan karya Grimm Bersaudara dan kemudian dikembangan ke berbagai macam versi. Lalu bagaimana Dongeng Putri Salju dan Tujuh Kurcaci selengkapnya?

Berikut Popmama.com telah merangkum kisahnya di bawah ini ya!

1. Hiduplah seorang ratu yang sedang mengandung dan ingin memiliki putri yang cantik

1. Hiduplah seorang ratu sedang mengandung ingin memiliki putri cantik
Pinterest.com/Cristyv60

Hiduplah seorang ratu yang sedang mengandung di dalam istana. Ia senang melihat pemandangan dari jendela istananya. Ia seringkali melihat banyak salju dan kicauan burung merdu sambil menjahit sebuah baju. Suatu hari ia berkata dalam hati tentang akan dilahirkannya.

“Aku ingin melahirkan putri yang cantik. Kulitnya putih seperti salju, bibirnya merah seperti delima, serta rambutnya hitam pekat dan panjang,” ujarnya dalam hati.

Tiba-tiba, ia tertusuk jarum sehingga darah menetes ke atas salju di luar jendela.

Beberapa hari kemudian, ia melahirkan anak perempuan yang cantik sesuai harapannya, yang diberi nama Putri Salju. Namun, sesaat setelah melahikan, Ratu meninggal.

2. Ibu tiri bersikap tidak baik pada Putri Salju karena merasa tersaingi oleh kecantikannya

2. Ibu tiri bersikap tidak baik Putri Salju karena merasa tersaingi oleh kecantikannya
Lithub.com

Setelah Putri Salju beranjak dewasa, Raja tidak mau anaknya kesepian, hinggga ia memutuskan untuk menikah lagi. Namun, ibu tiri bersikap tidak baik pada Putri Salju, karena merasa kecantikan sang putri menyaingi dirinya.

Sang ibu tiri mulai memiliki rencana jahat pada Putri Salju. Ia menyuruh prajurit membawa Putri Salju jauh dari istana untuk mencelakainya diam-diam. Ia juga meminta hati Putri Salju sebagai buktinya.

Prajurit kemudian mengajak Putri Salju pergi jauh dari istana, ia membawanya jauh ke dalam hutan. Saat ingin membunuhnya, sang prajurit bimbang dan tidak bisa mencelakai Putri Salju. Ia pun membiarkan Putri Salju sendirian hidup di hutan.

Prajurit kembali ke istana membawa hati kerbau sebagai pengganti hati Putri Salju.

Ratu yang jahat senang karena mengira Putri Salju telah tiada dan tidak ada yang menyaingi kecantikannya. Ia pun bercermin dan memuji dirinya, “Sekarang, akulah yang paling cantik di negeri ini!”

3. Putri Salju melihat sebuah rumah mungil yang ternyata adalah rumah para kurcaci

3. Putri Salju melihat sebuah rumah mungil ternyata adalah rumah para kurcaci
Thetcanada.com

Putri Salju pun kebingungan di dalam hutan, ia menyusuri setiap hutan hingga akhirnya melihat sebuah rumah mungil dari kejauhan. Putri Salju pun segera mendekati rumah itu.

Saat ia masuk ke dalam rumah itu, ia melihat tempat duduk dan tempat tidur yang masing-masing berjumlah tujuh, setiap perabotan pun juga berjumlah tujuh.

Karena rasa lelah dan lapar, ia menyantap makanan yang tersedia di meja makan. Setelah selesai makan, Putri Salju berbaring di kamar.

Ia tidak tahu bahwa rumah mungil itu dihuni oleh para kurcaci.

Editors' Picks

4. Ketujuh kurcaci pulang dan mereka terkejut melihat Putri Salju yang berada dirumahnya

4. Ketujuh kurcaci pulang mereka terkejut melihat Putri Salju berada dirumahnya
The-saleroom.com

Setelah seharian bekerja di hutan, para kurcaci tersebut pulang ke rumah dengan senang. Mereka sangat lapar dan ingin segera makan. Saat membuka pintu rumah, semua kurcaci terkejut. Karena hanya sedikit makanan yang tersisa.

“Siapa yang telah memakan makanan kita?” tanya kurcaci.

Kurcaci yang lain melihat ke arah kamar, dan segera membuka pintu kamar. Tampaklah seorang putri cantik yang berbaring di kamar mereka.

“Sepertinya ia kelelahan, biarkan ia beristirahat di sini,” ujar kurcaci lainnya.

5. Putri Salju terbangun dan meminta maaf pada kurcaci, ia juga menceritakan kejadiannya

5. Putri Salju terbangun meminta maaf kurcaci, ia juga menceritakan kejadiannya
Dw.com

Tak lama kemudian, Putri Salju terbangun dan terkejut melihat para kurcaci mengelilinginya. Ia kemudian meminta maaf pada para kurcaci karena telah masuk ke rumah tanpa seizin mereka.

Ia pun menceritakan kejadian yang sebenarnya. Karena tak punya tujuan, Putri Salju meminta pada tujuh kurcaci agar diperbolehkan tinggal bersama mereka di rumah yang mungil.

Semua kurcaci pun menerima kehadirannya, tetapi Putri Salju harus memasak untuk tujuh kurcaci dan membereskan rumah.

6. Ratu terkejut karena tahu Putri Salju masih hidup, ia pun hendak berniat jahat lagi pada Putri Salju

6. Ratu terkejut karena tahu Putri Salju masih hidup, ia pun hendak berniat jahat lagi Putri Salju
Screenrant.com

Suatu hari, Ratu bercermin di cermin ajaibnya, ia pun bertanya, “Hai cermin ajaibku, siapa yang paling cantik di negeri ini?”

Cermin ajaib menjawab, “Putri Salju yang paling cantik.”

Ratu pun marah karena tahu Putri Salju masih hidup dan dibohongi prajuritnya sendiri, ia pun hendak berniat jahat lagi ke Putri Salju. Sang Ratu mencari keberadaan Putri Salju dan mengubah dirinya menjadi seorang nenek yang membawa keranjang apel.

Salah satu apel yang dibawanya telah diberi racun, ia pun kemudian menuju ke hutan untuk mencari Putri Salju.

7. Putri Salju memakan apel beracun dan tertidur hingga dikira meninggal dunia oleh para kurcaci

7. Putri Salju memakan apel beracun tertidur hingga dikira meninggal dunia oleh para kurcaci
kids.disney.co.jp

Kemudian, ia bertemu dengan Putri Salju. Ratu yang menjadi sosok nenek, menawarkan apel yang dibawanya untuk ditukar dengan roti. Karena iba, Putri Salju pun bersedia menukarnya. Putri Salju menerima apel racun itu tanpa curiga.

Setelah memakan apel tersebut, ia pun tidak sadarkan diri. Setelah tujuh kurcaci pulang, mereka sedih melihat Putri Salju yang terbaring tak sadarkan diri.

Tujuh kurcaci itu mengira Putri Salju telah meninggal dunia, sehingga memutuskan untuk memasukkan Putri Salju ke dalam peti. Lalu, mereka letakkan di depan rumah dan menghiasnya dengan bunga.

8. Pangeran membangunkan Putri Salju dan memintanya untuk menjadi permaisuri

8. Pangeran membangunkan Putri Salju meminta menjadi permaisuri
Sweetyhigh.com

Suatu hari, ada Pangeran berkuda yang menyusui hutan. Ia melihat peti berisi Putri Salju, dan mengira itu adalah putri yang selalu datang ke dalam mimpinya. Ia pun mencium sang putri dan keajaiban pun terjadi.

Putri Salju perlahan membuka matanya. Semua kurcaci sangat gembira melihat hal tersebut, kemudian pangeran meminta Putri Salju untuk menjadi permaisurinya. Putri Salju pun menerimanya, Mereka pun menikah dan hidup bahagia dengan Tujuh Kurcaci.

Nah itulah Dongeng Putri Salju dan Tujuh Kurcaci yang bisa Mama bacakan pada anak sebelum tidur. Mama bisa menyampaikan pesan cerita ini agar anak tidak iri dengan orang lain dan selalu berbuat baik pada sesama. Bagaimana pun, kebaikan yang akan menang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.