5 Macam Cara Menguncir Rambut Anak yang Mudah dan Cepat

Cuma lima menit, rambut anak akan terjaga selalu rapi

10 Februari 2021

5 Macam Cara Menguncir Rambut Anak Mudah Cepat
Freepik/Dragonimages

Pagi hari bisa menjadi waktu yang paling sibuk bagi Mama, dari menyiapkan sarapan, memastikan pakaian anak telah siap, hingga menata rambut si Kecil. Saat masih kecil, Mama mungkin sering menata rambut anak perempuan mama dengan berbagai macam gaya.

Beberapa anak mungkin sudah puas dengan kuncir kuda, namun lainnya menyukai kepangan atau model kuncir lainnya untuk tampilan yang sedikit lebih rapi dan menarik. Tak hanya untuk sekolah, model kuncir rambut anak bisa digunakan saat ke pesta ulang tahun, berbelanja, atau makan siang.

Beberapa model kuncir rambut anak ini sangat sederhana, bahkan hanya memerlukan satu atau dua menit saja. Untuk gaya lain yang sedikit lebih menarik, mungkin membutuhkan beberapa menit tambahan.

Kali ini Popmama.com akan membahas 5 macam-macam cara menguncir rambut anak perempuan yang bisa Mama terapkan pada rambut balita.

1. Top Knot atau Bun Hair

1. Top Knot atau Bun Hair
Freepik/Cookie-studio

Top knot atau bun hair ini menjadi tren dikalangan anak-anak hingga orang dewasa karena sangat sederhana, praktis, dan hasilnya yang rapi. Namun top knot ini lebih mudah dilakukan jika anak memiliki rambut yang panjang.

Cara melakukannya yaitu dengan buatlah kuncir kuda tinggi di atas kepala, lalu putar rambut dan buatlah menjadi sanggul. Kencangkan dengan karet rambut ekstra di pangkal agar sanggul tidak lepas, atau jepit ujung-ujung rambutnya jika perlu.

Editors' Picks

2. Putaran Kuncir Kuda

2. Putaran Kuncir Kuda
Cutegirlshairstyles.com

Kuncir kuda memang andalan setiap Mama agar rambut anak rapi. Namun jika setiap hari menggunakan kuncir kuda, mungkin akan membosankan bagi penampilan anak, yaitu putaran kuncir kuda, gaya kunciran ini hanya membutuhkan lima menit saja. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan model kunciran putaran kuncir kuda:

  1. Kuncir rambut anak menjadi kuncir kuda dan kencangkan dengan ikat rambut.
  2. Pisahkan sedikit rambut dari kuncir kuda, lalu putarkan di sekitar ikat rambut sampai tertutup dan jepit di bawahnya sehingga tersembunyi.
  3. Ambil sedikit rambut di setiap sisi kuncir kuda, lalu bagi dua dan buat tali puntir dengan masing-masing bagian, ikat bawahnya menggunakan kuncir elastis.
  4. Sekarang anak memiliki satu lilitan tali besar dan dua tali kecil.
  5. Kemudian bagi dua lilitan besar, dan lilitkan kedua bagiannya.
  6. Lakukan putaran pada kunciran sebelah kanan hingga sampai akhir. Kemudian lakukan pelintiran kecil di sebelah kiri dan putar hingga mencapai bagian bawah.
  7. Kencangkan semua lilitan dengan ikat rambut elastis.

Agar lebih mudah, Mama bisa melihat tutorial video nya di bawah ini!

3. Kuncir dua bawah

3. Kuncir dua bawah
Agirlandagluegun.com

Kuncir dua menjadi jenis kunciran yang sering juga digunakan oleh anak-anak prasekolah, namun kuncir dua yang itu-itu saja dapat membuat tampilan anak membosankan. Apalagi ada jenis kuncir dua yang dapat membantu merapihkan bagian depan rambutnya, termasuk poni.

Caranya pun mudah, yaitu tarik sedikit bagian depan rambut anak lalu kuncir dengan karet elastis. Kemudian, bagi dua kunciran tersebut, lalu bagi dua rambut sisa di bawah. Lalu satukan kunciran atas dengan rambut bagian bawah dan buat kuncir dua yang terpisah.

4. Pigtail buns

4. Pigtail buns
Freepik/User18526052

Pigtail buns menjadi tren kuncir rambut yang akhir-akhir ini menjadi kekinian. Model kunciran ini hampir mirip dengan top knot, namun perbedaannya ini menggunakan dua kuncir. Jadikan model kunciran ini sebagai pilihan yang tepat untuk membuat anak tampil lebih unik dan menggemaskan.

Caranya hampir sama dengan model kuncir top knot, bedanya kuncir dua rambut anak. Kemudian pelintir kunciran hingga ujung lalu ikat atau gunakan jepitan. Lakukan hal yang sama dengan rambut bagian yang satunya.

5. Kuncir Kepang Menyilang

5. Kuncir Kepang Menyilang
Thechirpingmoms.com

Dengan kepang menyilang atau berbentuk X dan pita merah muda yang serasi. Walaupun terlihat sulit, model kuncir ini lebih mudah dari yang terlihat. Mama cukup membutuhkan 8 ikat rambut kecil. Sekadar tips, jika rambut basah atau lembab membuatnya lebih mudah. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan kuncir kepang menyilang:

  1. Mulailah dengan membuat kuncir dua dengan rambut di bagian atas kepalanya, sisakan di bagian bawah.
  2. Kemudian kepang dua kuncir kecil itu
  3. Jaga agar kedua kepangan tetap longgar
  4. Ambil dua kepangan tersebut dan buat menyilang, kemudian gabungkan dengan rambut bagian bawah yang tersisa dan ikat menjadi kuncir besar.

Nah itulah lima macam-macam cara menguncir rambut anak perempuan yang praktis, sederhana, dan cepat. Rambut memang seringkali mengganggu anak, apalagi jika cuaca sedang berangin atau sedang panas, membuat rambut lebih mudah berantakan dan berminyak.

Gunakan lima model kunciran di atas agar rambut anak tetap rapi selama beraktivitas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.