5 Rekomendasi Obat Sariawan yang Aman untuk Anak Balita

Meski tak berbahaya, sariawan dapat mengganggu si Kecil saat makan dan berbicara

31 Desember 2021

5 Rekomendasi Obat Sariawan Aman Anak Balita
hse.ie

Bagi orang dewasa saja, sariawan bisa menyakitkan sekaligus mengganggu saat makan dan berbicara. Terlebih lagi bagi anak-anak yang kesulitan menahan rasa sakit, sehingga bisa membuatnya rewel seharian dan menolak makan atau menyusuii. 

Sariawan pada balita adalah hal yang sulit dihindari. Luka sariawan pada balita bisa muncul di bagian mulut manapun, termasuk di gusi, langit-langit, sisi dalam pipi, lidah, bibir hingga pangkal tenggorokan. 

Tentunya, hal tersebut membuat Mama menjadi khawatir. Namun, tak ada salahnya jika Mama mencoba untuk meredakan dan menyembuhkan sariawan si Kecil dengan obat yang aman dan ampuh. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 rekomendasi obat sariawan untuk anak balita. Yuk simak daftarnya!

1. Aloclair Plus Gel

1. Aloclair Plus Gel
Shopee.co.id

Aloclair Plus Gel merupakan obat untuk membantu meredakan rasa sakit akibat sariawan sekaligus mencegah keparahan sariawan, luka tergigit, dan lain-lain. Kandungan lidah buayanya dapat meredakan seriawan dan nyeri yang disebabkan oleh iritasi mulut.

Obat sariawan yang satu ini dapat memberikan efek analgetik (pereda nyeri), antiseptik (menghambat pertumbuhan bakteri), dan antiinflamasi (anti peradangan).

Karena memiliki tekstur gel, dapat digunakan oleh orang dewasa, anak-anak, serta bayi. Obat ini juga tidak menimbulkan efek samping apabila tertelan dan mempunyai rasa yang manis, sehingga balita tak akan takut saat menggunakannya.

Mama bisa mendapatkan Aloclair Plus Gel untuk mengatasi sariawan anak, dengan harga mulai dari Rp.80.000,-.

Editors' Picks

2. Boraks Glycerine 10% (GOM)

2. Boraks Glycerine 10% (GOM)
Blibli.com

Selain menimbulkan perih, sariawan juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu anak saat berbicara dan makan. Namun, Boraks Glycerine 10% atau yang seringkali disebut sebagai obat GOM ini, dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang anak rasakan ketika sariawan.

Obat ini aman digunakan oleh orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Mama tinggal mengoleskan produk ini pada bagian mulut anak yang mengalami sariawan. Akan tetapi, berhati-hatilah agar jangan sampai tertelan, ya!

Dengan obat seriawan ini, perih dan nyeri berangsur menghilang, aktivitas pun kembali lancar.

Boraks Glycerine 10% (GOM) yang dapat digunakan oleh segala kalangan usia ini, bisa Mama dapatkan dengan harga mulai dari Rp.3.300,-

3. Gentian Violet

3. Gentian Violet
Halodoc.com

Gentian Violet adalah obat sariawan mengandung kristal violet yang bertindak sebagai antiseptik. Obat ini dapat digunakan sebagai obat oles pada balita. Cara menggunakannya, cukup teteskan produk pada cotton bud kemudian oleskan pada bagian yang seriawan.

Jika anak mama sudah cukup besar dan sudah bisa berkumur, Gentian Violet juga bisa digunakan sebagai obat kumur, yaitu dengan mencampurkan 1-2 tetes obat dengan segelas air.

Selain mengatasi permasalahan seriawan, obat ini juga bisa mengobati infeksi kulit akibat jamur. 

Gentian Violet ini dapat digunakan untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas hingga usia dewasa. Mama dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp.4.200,-.

4. Kenalog In Orabase

4. Kenalog In Orabase
Tokopedia.com

Ketika sariawan mengganggu keceriaan si Kecil, Mama dapat menyiapkan obat Kenalog In Orabase di rumah. Bentuknya yang seperti pasta gigi, membuatnya sangat mudah dan praktis untuk dioles pada bagian kulit balita yang meradang.

Bukan hanya seriawan pada anak-anak, obat ini juga bekerja cepat untuk mengobati seriawan orang dewasa. Dikemas dalam kemasan tube, produk ini praktis dibawa ke mana saja.

Untuk cara pemakaiannya, Mama dapat mengoleskannya dengan jari atau cotton bud pada bagian mulut anak yang mengalami sariawan. Pengolesan sebaiknya dilakukan setelah makan atau sebelum tidur untuk hasil maksimal.

Obat sariawan Kenalog In Orabase ini dapat digunakan pada anak-anak mulai dari usia 1-15 tahun dan untuk dewasa. Mama bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp. 66.900,-.

5. Miconazole Cream

5. Miconazole Cream
Bukalapak.com

Ketika Mama membawa anak ke dokter anak untuk diperiksa, dokter mungkin akan menyarankan agar Mama memberikan Miconazole Cream pada balita.

Produk medis tersebut adalah obat sariawan untuk bayi dan anak-anak, yang berbentuk gel dan dioleskan di bagian mulut. Sebelum mengaplikasikannya ke sariawan si Kecil, sebaiknya pastikan dulu jari Mama sudah bersih dan steril.

Meski obat sariawan untuk balita usia 2 tahun ke atas ini efektif, biasanya akan ada efek samping pemakaian. Sehingga penting untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum memberikan Miconazole Cream sebagai obat sariawan, untuk mengetahui dosis yang aman dan tepat

Miconazole Cream bisa Mama dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 5.500,-

Nah itulah beberapa rekomendasi obat sariawan yang aman untuk anak balita. Meskipun bukan penyakit kronis, sariawan dapat mengganggu anak dalam mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Pastikan dosis yang tepat sesuai kemasan atau anjuran dokter anak sebelum memberikan obat sariawan pada si Kecil ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.