7 Kegiatan untuk Melatih Kesabaran bagi si Kecil

Salah satunya adalah dengan mengisi ember dengan air hujan, menyenangkan bukan, Ma?

23 Desember 2018

7 Kegiatan Melatih Kesabaran bagi si Kecil
Jcomp / Freepik

Kesabaran adalah salah satu sikap yang harus dimiliki setiap orang.

Dan seperti yang kita ketahui, Mama atau orang dewasa lainnya pun belum tentu bisa bersikap sabar dengan baik dan benar. Setuju nggak, Ma?

Apalagi sekarang ini, dunia dipenuhi dengan segala yang instan. Hal ini tentunya membuat Mama sulit mengajarkan atau mempraktikan kesabaran bagi anak mama, bukan?

Namun, bagaimana pun juga, melatih kesabaran itu sangat penting lho, Ma. Karena jika dianggap enteng, hal ini dapat membuat anak mama frustrasi di masa depan.

Maka dari itu, Mama bisa lakukan 7 kegiatan ini untuk melatih kesabaran bagi si Kecil. Berikut Popmama.com berikan informasinya.

1. Membuka hadiah

1. Membuka hadiah
mohamed_hassan

Membuka hadiah adalah cara mengasyikan untuk melatih kesabaran, Ma. Pertama-tama, bungkuslah hadiah dengan lapisan yang super banyak. Kemudian, serahkan hadiah tersebut pada si Kecil.

Lalu, minta si Kecil untuk membuka lapisan-lapisan bungkus hadiah tersebut.

Cara ini merupakan cara sederhana yang bisa Mama lakukan untuk mengajari si Kecil kesabaran dengan cara yang menyenangkan.

2. Menanam tanaman

2. Menanam tanaman
Pixabay/9lnw

Kegiatan selanjutnya untuk melatih kesabaran si Kecil adalah dengan mengajak mereka menanam tanaman.

Pertama-tama, Mama bisa tanyakan buah, sayuran, atau bunga apa yang mereka suka.

Kemudian, ajak mereka ke toko tanaman untuk membeli bibit dan peralatan yang dibutuhkan.

Ajak si Kecil untuk turun langsung menanam bibit tersebut.

Jangan lupa berikan penjelasan bahwa tanaman butuh waktu untuk bisa tumbuh dengan baik ya, Ma!

Sehingga mereka perlu bertanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut, mulai dari menyirami tanaman setiap hari hingga memberi pupuk.

Selain melatih melatih kesabaran, si Kecil akan mendapatkan pengalaman bagaimana kerja keras mereka menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Editors' Picks

3. Membuat kue

3. Membuat kue
Pixabay/severyanka

Salah satu hal yang bisa Mama lakukan untuk melatih kesabaran pada si Kecil adalah dengan mengajak mereka untuk membuat kue kesukaannya.

Seperti yang kita tahu, membuat kue itu melewati beberapa tahap. Jadi, Mama bisa melatih kesabaran mereka dengan memberikannya tanggung jawab.

Mulai dari menyiapkan bahan dan peralatan, mengolah bahan kue kesukannya, mengukus atau memanggang kue, menghias kue, hingga memasukkan kue-kue tersebut ke dalam toples.

4. Memancing

4. Memancing
Pixabay/langll

Memancing adalah kegiatan yang benar-benar membutuhkan banyak kesabaran.

Bagaimana tidak, Mama dan si Kecil harus menunggu beberapa lama sebelum ikan yang di sungai atau di danau memakan umpan yang dilempar.

Mama bisa memberikan penjelasan ataupun arahan bahwa memancing itu membutuhkan tekad, kerja keras dan ketekunan.

Dalam hal ini, Mama bisa menanamkan pada si Kecil bahwa mereka tidak boleh menyerah dan harus selalu terus berusaha serta mencoba.

5. Bermain permainan teka-teki

5. Bermain permainan teka-teki
Pixabay/congerdesign

Bukan hanya sekadar main-main, memecahkan atau menyelesaikan permainan teka-teki merupakan salah satu kegiatan untuk melatih kesabaran bagi si Kecil.

Mama bisa memberikan penjelasan pada si Kecil bahwa mereka harus mengerjakan sesuatu terlebih dahulu dalam rentang waktu tertentu untuk melihat hasil yang mereka inginkan.

6. Mengisi ember dengan air hujan

6. Mengisi ember air hujan
Panoramio.com

Nah, kegiatan yang satu ini cocok banget untuk dilakukan saat ini, Ma. Daripada hanya bermalas-malasan di musim hujan, lebih baik latih si kecil untuk bersikap sabar yuk, Ma!

Dilansir dari parenting.firstcry.com, mengisi air dalam ember merupakan sebuah permainan seru yang juga bisa melatih kesabaran si Kecil. Caranya adalah dengan memintanya untuk mengisi ember dengan air hujan saat gerimis.

Menunggu beberapa ember terisi penuh dengan air hujan akan menjadi cara yang berbeda dan menarik untuk mengajari mereka kesabaran.

7. Bermain silent game

7. Bermain silent game
Unsplash/Kristina Flour

Diam adalah emas. Pasti Mama pernah mendengar ungkapan itu, kan? Nah, memang benar, Ma! Keheningan atau diam merupakan bagian yang sangat penting dari kesabaran.

Mama bisa mengajak si Kecil untuk bermain silent game ini. Caranya adalah sediakan stopwatch, mintalah si kecil untuk duduk berdiam diri selama mungkin.

Siapa pun yang berdiam diri untuk waktu yang lama, dialah pemenangnya.

Itulah kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk melatih kesabaran pada si Kecil ya, Ma.

Apakah Mama punya alternatif lain dalam melatih kesabaran pada si Kecil?

Kalau punya, jangan lupa untuk share ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.