Manfaat Sayur Horenso, Bayam Jepang untuk Kesehatan Anak

Kaya akan klorofil yang baik untuk kesehatan

11 Agustus 2020

Manfaat Sayur Horenso, Bayam Jepang Kesehatan Anak
Popmama.com/Novy Agrina

Ada banyak sekali zat bermanfaat yang dapat si Kecil peroleh dengan mengonsumsi buah dan sayur. Mulai dari ragam vitamin, mineral, serat, dan protein yang cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Dari ragam jenis sayuran yang selama ini Mama berikan pada si Kecil, pernah memberikan sayur horenso, Ma?

Horenso merupakan sayur bayam asal Jepang yang tak kalah terkenal dengan sayur bayam lokal. Sayur bayam sendiri menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat dan rasanya yang lezat, begitu pun pada sayur horenso.

Dikenal kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut manfaat sayur horenso atau bayam Jepang untuk kesehatan anak. Disimak yuk penjelasan Popmama.com berikut ini, Ma!

1. Melancarkan proses pencernaan

1. Melancarkan proses pencernaan
Freepik/Alexander-safonov

Semakin bertambahnya usia si Kecil, tentu sistem pencernaannya pun mulai berubah seiring tumbuh kembangnya. Jika si Kecil sedang kesulitan dalam sistem pencernaan, sayur horenso bisa menjadi pilihan yang tepat untuknya.

Kandungan serat yang terdapat pada bayam Jepang ini sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Jika Mama memberikan sayur horenso pada si Kecil, maka ia akan terhindari dari ragam penyakit pencernaan seperti sembelit atau pun diare.

Editors' Picks

2. Melindungi mata dari sinar UV

2. Melindungi mata dari sinar UV
Freepik/pressfoto

Selain wortel yang dipercaya kaya manfaat vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, horenso juga menjadi salah satu jenis sayur yang baik untuk melindungi kesehatan mata nih, Ma!

Apabila si Kecil berpaparan langsung dengan sinar UV, maka bisa sebabkan berbagai gangguan mata, bahkan kebutaan. 

Horenso menjadi salah satu jenis sayur yang dipercaya mampu melindungi mata dari sinar UV atau sinar ultraviolet. Kandungan beta karoten pada horenso akan melindungi lensa dan kornea mata dari radiasi UVA dan UVB

3. Mencegah anemia sejak dini

3. Mencegah anemia sejak dini
parentsneed.com

Anemia atau kekurangan darah bisa dihindari sejak anak usia dini kok, Ma. Inilah manfaat sayur horenso yang tak kalah penting untuk kesehatan anak.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, maka akan membantu menjaga kelancaran peredaran darah untuk mencegah anemia.

Horenso juga dikenal sayuran yang mengandung zat besi yang baik dikonsumsi oleh anak-anak sekali pun.

Zat besi yang terkandung dalam horenso mampu membantu menambah darah dan mencegah buah hati Mama terkena anemia sejak dini.

4. Menjaga kesehatan jantung

4. Menjaga kesehatan jantung
Freepik

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit koronis yang selalu ditakuti dan harus diwaspadai oleh banyak orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus menjaga kesehatan jantung mereka sejak dini.

Dengan mengonsumsi horenso, Mama sudah dapat memelihara kesehatan jantung si Kecil, sekaligus mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit jantung di kemudian hari.

Kandungan asam folat pada horenso diketahui sangat baik untuk kesehatan jantung serta pemeliharaannya.

5. Mencegah penyakit kanker

5. Mencegah penyakit kanker
pregnancybirthbaby.org.au

Horenso atau bayam Jepang ini juga dipercaya mampu membantu mencegah terjadinya kanker hati dan kanker usus besar.

Sebab sayur horenso memiliki kandungan klorofil yang merupakan sumber antioksidan yang sangat efektif menetralisir dua senyawa berbahaya aflatoxin dan heterocyclic amine penyebab sirosis hati dan kanker kolon.

Kandungan klorofil dalam horenso diyakini 1000 kali lebih banyak dibanding buah zaitun hijau. Selain klorofil, horenso juga memiliki kandungan karotenoid dan lutein yang juga bersifat antioksidan untuk mencegah tumbuhnnya kanker sejak dini.

Nah, itu dia manfaat horenso yang bisa Mama berikan pada anak tercinta. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.