Cara Mengatasi Anak Rewel di Malam Hari

Kenali bentuk gangguan yang mungkin dialami anak mama, agar Mama tahu cara mengatasinya

25 Oktober 2020

Cara Mengatasi Anak Rewel Malam Hari
parenting.firstcry.com

Mendengar tangisan tanpa henti di malam hari kadang membuat Mama dan Papa jadi panik. Terlebih jika ini menjadi pengalaman pertama. Bisa saja kamu merasa clueless dan bingung harus melakukan apa.

Setelah mengetahui penyebab anak menangis saat tengah malam, maka kamu bisa memberikan perawatan yang tepat.

Berikut Popmama.com telah merangkum cara mengatasi anak rewel dan menangis di malam hari. Jangan panik dulu ya, Ma!

Editors' Picks

1. Berapa lama anak menangis di malam hari?

1. Berapa lama anak menangis malam hari
parenting.firstcry.com

Ada hal perlu kamu ketahui secara seksama. Mengenai penyebab anak menangis di malam hari. Setelah mengetahui maka tidak perlu menunggu lama.

Intervensi dini dapat mengatasi masalah sejak awal dan memastikan Mama dan anak mama mengalami malam yang damai.

Dengan menggunakan metode yang tepat untuk menangani tangisan, Mama dapat membawa perubahan dalam perilaku anak dalam waktu singkat.

Jangan menunggu anak menangis histeris, segera beri pelukan sedini mungkin agar anak merasa nyaman.

Namun tugas ini semakin sulit seiring dengan bertambahnya usia anak mama. Jika anak rewel di malam hari terjadi berulang, perlu ada pengamatan mengenai kegiatan anak seharian sebelum ia tidur.

Anak-anak berusia satu tahun atau lebih cenderung untuk pergi tidur, bahkan ketika mereka mengantuk dan kelelahan.

Mereka bisa menangis berjam-jam, memprotes perubahan yang terjadi dalam jadwal mereka.

Jika Mama tidak mengambil langkah-langkah perbaikan ketika anak Mama masih balita, tangisannya dapat bertahan hingga usia tiga atau empat tahun.

Sabar dulu ya Ma, di usia satu sampai dua tahun anak mungkin belum panda bicara dan menyampaikan apa yang tengah dirasakannya. Ini mungkin membuatmu frustasi, tapi percayalah ini akan segera berlalu dan nanti si Kecil akan beranjak besar.

2. Cara mengatasi anak rewel di tengah malam karena ada masalah pada emosional dan mental anak

2. Cara mengatasi anak rewel tengah malam karena ada masalah emosional mental anak
parenting.firstcry.com

Hindari membawa anak-anak kecil ke lingkungan yang ramai dan ramai, atau berkelahi dengan keras di sekitar mereka.

Terutama menjelang akhir hari. Juga hindari membawa anak-anak dekat televisi, terutama ketika pertunjukan dengan suara bising diputar di dekat si Kecil, bahkan jika ia tidak dapat melihatnya, seringkali anak masih dapat mendengarnya.

Anak-anak menyerap lingkungan mereka dan datang pada malam hari, stimulasi berlebihan pada anak di siang hari, dapat memberi mereka mimpi buruk yang menyebabkan mereka gelisah atau terbangun di malam hari.

Lebih parahnya ini bisa jadi pemicu anak rewel dan nangis histeris.

Matanya tertutup, tapi tubuhnya berguling-guling di atas kasur sambil menangis dengan suara yang sangat keras. Itulah hal yang paling mengerikan yang pernah kamu lihat.

Dalam kasus di mana hal ini tidak dapat dihindari, orangtua dapat memeluk anak yang sedang merasa gelisah dan menggosok dahi dengan lembut di antara kedua alis untuk membantu menenangkan masalah emosional.

Sebagian umat muslim mungkin bisa melantunkan salawat nabi di dekat telinga anak dengan suara berbisik untuk memberi ketenangan.

Bagi yang lainnya, mungkin juga ada doa atau kalimat menenangkan yang bisa diucapkan oleh Mama agar memberi ketenangan pada si Kecil.

Penelitian dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan C.S. Mott Children's Hospital terhadap 50 orang bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan 33 minggu. Mereka diperdengarkan rekaman suara mama mereka masing-masing yang dimainkan secara berulang.

Ternyata, cara sederhana ini cukup efektif meredam kegelisahan dan memberikan bayi ketenangan.

Ini tetap berlaku bagi anak mama meski mereka tidak bayi lagi.

3. Cara mengatasi anak rewel di tengah malam karena masalah pada gangguan fisik

3. Cara mengatasi anak rewel tengah malam karena masalah gangguan fisik
Freepik/bearfotos

Ketika seorang anak mulai menangis histeris di malam hari, periksa penyebab umum pada kondisi kesehatan fisiknya terlebih dahulu.

Bantu anak untuk mengatur gaya hidup atau rutinitas yang teratur. Pastikan anak memiliki cukup waktu untuk beraktivitas di siang hari sehingga mereka siap untuk tidur di malam hari.

Begitu seorang anak memiliki gaya hidup atau rutinitasnya sendiri, pengasuh harus menyadari dan menghormatinya, apakah itu orang tua, pengasuh anak atau pengasuh anak.

Ini juga membantu untuk memahami karakter individu seorang anak.

Misalnya, berapa banyak makanan yang disukai anak, apa rutinitas mereka, apa musik favorit mereka, obat atau penyakit apa yang mereka miliki saat ini, apa yang telah dilakukan anak pada siang hari.

Orang yang merawat seorang anak dapat berubah tetapi penting untuk tidak mengubah apa yang biasa dilakukan anak itu setiap hari.

Perlu dipahami, mengubah rutinitas seorang anak dapat secara fisik dan mental mengganggu atau membuat marah anak tersebut.

Pastikan makan malam yang diberikan adalah jumlah yang tepat untuk anak. Selain itu Mama juga perlu memastikan tidak memberi makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Biasakan untuk sikat gigi sebelum tidur agar anak dalam kondisi bersih dan kesehatan mulutnya bisa selalu terjaga.

Periksa lingkungan ruang tidur anak. Misalnya, pastikan ruangan, tempat tidur dan sprei bersih dari serangga dan kutu busuk atau pengaruh buruk lainnya, termasuk deterjen keras yang digunakan untuk mencuci pakaian dan linen.

Jika tidak ada penyebab yang cocok, periksa kembali kondisi kesehatan anak. Mungkin ada kondisi lain yang membuatnya tidak nyaman.

Cek suhu tubuh dan periksa kesehatan mulut dan giginya. Selain itu periksa juga kemaluannya. Cari tahu apakah ada penyebab lain yang membuat anak merasa tidak nyaman dan samar untuk diketahui secara dini.

Itulah cara mengatasi ketika anak rewel di malam hari. Segera lakukan penanganan sesuai penyebab yang Mama temukan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.