Buah-buahan Khas Indonesia yang Bermanfaat bagi Anak

Si Kecil sudah pernah mencoba buah-buahan ini belum?

17 Februari 2021

Buah-buahan Khas Indonesia Bermanfaat bagi Anak
Freepik

Dari berbagai jenis makanan, buah menjadi salah satu yang disukai banyak orang. Bagaimana tidak, buah merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. 

Buah-buahan umumnya kaya akan vitamin, serat, mineral, dan zat bermanfaat lainnya. Membiasakan si Kecil mengonsumsi buah-buahan akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh terutama bagi perkembangan dan pertumbuhannya. 

Ada beragam jenis buahan-buahan bermanfaat yang dapat Mama berikan pada anakmu. Umumnya buah-buahan seperti apel, jeruk, jambu, mangga, dan strawberry dikenal mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi si Kecil.  

Namun ternyata kamu ada juga lho beragam buah tropis khas Indonesia yang bermanfaat bagi anak-anakmu. Buah-buah ini memang tidak begitu terkenal namun tetap berkhasiat lho.

Jika Mama penasaran, Popmama.com akan memberikan 5 jenis buah khas Indonesia yang bermanfaat bagi anak-anak. Selamat mencoba ya Ma! 

1. Manggis

1. Manggis
momjunction.com

Buah manggis merupakan buah khas Indonesia yang dikenali karena memiliki rasa manis bercampur asam dan menyegarkan. 

Manggis memiliki kandungan zat gizi lengkap yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil. Dalam buah ini terdapat serat, protein, vitamin C, vitamin B9, vitamin B1, vitamin B2, dan juga mineral. Kandungan ini membuat manggis dapat mempertahankan fungsi tubuh dengan baik. 

Buah manggis dianggap memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan karena merupakan sumber antioksidan. Membuatnya mampu menangkal bahaya dari radikal bebas. 

Editors' Picks

2. Jambu Air

2. Jambu Air
foodstufff.000webhostapp.com

Mungkin anakmu akan sering menjumpai buah ini disajikan dalam rujak. Buah jambu air salah satu buah asli Indonesia yang populer dan mudah ditemukan. Kamu dapat mengenali buah ini melalui rasanya yang manis.

Saking umumnya buah ini di Indonesia, kamu dapat menemukan beberapa varian dari jambu air, seperti jambu air citra, jambu air black diamond, jambu air pink rose apple, dan jambu air kaget.

Tidak kalah menarik dari jenis-jenisnya, buah jambu air merupakan buah yang kaya manfaat. Jambu air merupakan sumber vitamin C dan A, serat, kalsium, flavonoid, zat besi, dan potasium. 

Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah ini membuat jambu air memiliki beragam manfaat. Mulai dari mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, juga mengontrol gula darah. Sungguh banyak ya!

3. Belimbing

3. Belimbing
epicurious.com

Belimbing termasuk salah satu buah yang unik. Coba saja lihat, buah ini memiliki bentuk dan warna kuning khas bintang. Tidak heran jika buah ini disebut sebagai starfruit dalam bahasa Inggris. 

Meskipun unik, buah belimbing kaya akan nutrisi. Belimbing memiliki kandungan air yang cukup banyak dan rasa yang manis. Buah ini kaya akan serat, protein, dan vitamin C. Kandungan vitamin C dari belimbing dikatakan memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. 

Penelitian menyatakan bahwa buah belimbing sangatlah bermanfaat untuk menurunkan berat badan anak karena termasuk buah yang rendah kalori. Selain itu, buah belimbing juga mampu membantu mengatasi skait maag akibat sifat antiulkus yang dimilikinya.

4. Rambutan

4. Rambutan
Pixabay/GoPlaces

Buah rambutan merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia. Bahkan negara ini dikenal sebagai negara penghasil rambutan yang terbesar.

Buah ini dapat dikenali melalui "rambut" yang memenuhi kulit buah berwarna merah atau jingga. Ketika di buka, daging buahnya memiliki rasa yang manis. Ini terjadi akibat kandungan gula alami yang dimiliki oleh rambutan. 

Rambutan merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, fosfor, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah infeksi. 

Oh ya, mengingat buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi, sebaiknya si Kecil mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Karena jika tidak, rambutan berisiko sebabkan kerusakan gigi. 

5. Salak

5. Salak
Specialtyproduce.com

Buah salak merupakan salah satu buah unik khas Indonesia. Coba lihat deh, bentuknya seperti telur dengan bagian bawah membulat dan ujungnya meruncing. Namun kulitnya memiliki sisik seperti ular dan dipenuhi duri halus. Cukup unik ya.

Buah salak memiliki daging buah dengan warna putih kekuningan, rasanya manis dan teksturnya renyah. Di dalamnya tersimpan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anakmu, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, karbohidrat, protein, serat, potasium, dan juga zat besi.

Banyaknya nutrisi dalam buah salak membuat buah ini sangatlah bermanfaat. Mengutip dari IDNTimes, kandungan potasium juga pektin tinggi yang dimiliki salak berguna untuk melancarkan aliran darah. Kondisi ini akan berpengaruh pada meningkatnya daya ingat si Kecil. . 

Di samping itu, salak juga bermanfaat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan akibat kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Itulah dia 5 buah khas Indonesia yang bermanfaat bagi anak. Tidak ada salahnya lho Ma untuk mecoba memberikan jenis-jenis buah yang belum pernah si Kecil coba sebelumnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.