Perayaan Paskah di Rumah, Ini 5 Ide Aktivitas Seru untuk si Kecil

Gunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah Ma

11 April 2020

Perayaan Paskah Rumah, Ini 5 Ide Aktivitas Seru si Kecil
Unsplash/Jeshoots.com

Adanya pandemi virus corona di berbagai negara dunia memberikan dampak yang cukup besar. Tak hanya bidang ekonomi, tetapi juga sosial dan budaya. Salah satunya perayaan Paskah oleh seluruh umat Kristiani. 

Mengingat pandemi virus corona yang kian mengkhawatirkan, peringatan Paskah pada 2020 ini dianjurkan untuk dilakukan dari rumah saja. Para umat yang merayakan pun diimbau untuk melakukan ibadah melalui tayangan secara online. 

Meskipun perayaan Paskah tahun ini tidak diselenggarakan seperti biasanya, tetapi Mama masih bisa merayakannya dengan orang tersayang, yaitu suami, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya di rumah.

Sebagai upaya membuat perayaan Paskah lebih menyenangkan bagi si Kecil, Mama mungkin bisa melakukan aktivitas seru di bawah ini. Tentunya dengan bahan yang cukup mudah ditemukan.

Berikut yang telah Popmama.com lansir tentang ide kegiatan seru untuk merayakan paskah dengan anak saat di rumah saja dari laman goodmorningamerica

1. Telur paskah warna-warni yang cantik

1. Telur paskah warna-warni cantik
Unsplash/Kelly Sikkema

Telur paskah merupakan tradisi umat Kristiani yang masih dipertahankan hingga kini. Hal ini karena telur memiliki makna religius. Mama bisa mengajarkan nilai-nilai keagamaan melalui cara kreatif dengan membuat telur paskah warna-warni bersama buah hati.

Jika di rumah tidak ada pewarna khusus, Mama bisa menggunakan air yang dicampur cuka putih sebagai basis cat. Gunakanlah jus yang disaring dari buah-buahan dan sayuran, seperti bit, kubis ungu, blueberry, atau kulit bawang.

Mama juga bisa menggunakan pewarna makanan atau pewarna alami. Gunakanlah telur yang sudah direbus dan kuas kecil sebagai alat untuk menggambar dan mewarnai.  

Editors' Picks

2. Kreasi telur yang menarik

2. Kreasi telur menarik
Unsplash/Seri Hooley

Jika mewarnai telur paskah sudah terkesan cukup biasa, Mama dan buah hati dapat mencoba kreasi telur paskah lainnya. Misalnya, membuat tipuan menggelikan dengan meletakkan telur dalam alas berbentuk kelinci.

Mama bisa menggunakan gulungan tisu toilet yang didaur ulang dan gulungan handuk kertas sebagai tempat telur kelinci.

Caranya, potong gulungan tisu toilet menjadi dua bagian. Lalu, buat pola seperti kepala kelinci lengkap dengan dua buah telinga di atasnya. Satukan gulungan yang lain dengn pola kelinci yang telah dibuat. Kemudian, beri pewarna agar lebih menarik. Letakkan handuk sebagai alas agar posisi telur paskah aman. 

3. Telur paskah tahan lama yang unik

3. Telur paskah tahan lama unik
Instagram.com/happy.mama.zoe

Apabila Mama tidak memiliki ketersediaan telur yang cukup di rumah, dekorasi telur paskah juga dapat dilakukan pada benda lain, lho! Yaitu menggunakan batu yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar rumah. 

Mintalah si Kecil untuk menemukan batu berbentuk oval yang mirip dengan bentuk telur. Cuci bersih menggunakan sabun dan keringkan.

Setelah kering, ajak anak untuk mempercantik batu tersebut menggunakan cat atau cat pewarna kuku. Kreasikan sesuai dengan keinginan dan bersenang-senanglah! 

4. Bingo paskah mengasyikkan

4. Bingo paskah mengasyikkan
Instagram.com/taranowlen

Sementara agenda perburuan telur Paskah tradisional tidak mungkin dilakukan tahun ini bersama keluarga besar, Mama bisa membuat pengalaman lain yang seru. Dengan melakukan permainan Zoom Easter Bingo. 

Carilah Kartu Bingo Paskah di internet. Pilih gambar-gambar yang terkait dengan segala hal yang biasanya Mama dan keluarga besar lakukan saat paskah.

Setelah itu, cetak gambar dengan ukuran kertas kecil. Potong dan tempelkan pada telur Paskah dalam keranjang. Sembunyikan barang-barang terkait dengan gambar yang ditempel pada telur di sekitar rumah dan buka semuanya bersama-sama.

Permainan sederhana ini akan terasa seru dan melatih jiwa kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, juga bisa mendekatkan hubungan antar anggota keluarga lho, Ma. 

5. Balap telur dengan sendok

5. Balap telur sendok
Unsplash/Sophie Elvis

Mama mungkin bisa mengajak anak dan anggota keluarga lain untuk melakukan lomba saat perayaan Paskah. Siapkan beberapa telur mainan berbahan plastik dan sendok warna-warni. Arahkan para pemain untuk menggigit sendok yang telah berisi telur.

Kemudian, berikan aba-aba jalan cepat pada para pemain. Pemain tercepat mencapai garis finish dengan telur yang tetap bertahan pada sendoklah pemenangnya!

Lakukan permainan ini di area yang cukup lapang ya, Ma. Bisa di teras rumah atau taman. 

Itulah beberapa aktivitas sederhana yang dapat Mama lakukan dengan buah hati di rumah saat perayaan Paskah. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.