Buah-Buahan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Anak

Imunitas yang baik membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit

16 September 2020

Buah-Buahan Dapat Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Anak
Pexels/Naomi Shi

Sistem imunitas merupakan hal penting bagi tubuh. Dengan adanya sistem imun, tubuh dapat melawan bakteri, virus, serta zat-zat membahayakan yang menyebabkan penyakit. 

Maka, penting untuk menjaga imun tetap dalam keadaan baik sehingga tubuh tetap sehat. Terutama pada anak-anak yang masih cukup rentan karena imunnya belum sebaik orang dewasa. 

Untuk itu, Mama dan Papa perlu membantu agar imun si Kecil lebih kuat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imun.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan. Selain kaya nutrisi sehingga mampu meningkatkan imun, buah terdiri dari banyak warna dan rasa. Jadi, akan lebih disukai oleh anak-anak. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan rekomendasi buah untuk menigkatkan imun tubuh anak.

1. Apel

1. Apel
Pexels/Tom Swinnen

Apel mengandung pektin, serat makanan yang dapat larut dalam air dan merangsang bakteri baik untuk hidup pada tubuh anak. Secara bersamaan, pektin juga melawan bakteri jahat yang mungkin mencoba tumbuh dalam tubuh. 

Melansir laman fru2go, apel mengandung mineral yang disebut dengan boron. Boron termasuk dalam mineral yang dapat membantu tulang dan gigi anak tetap kuat dan sehat.

Selain itu, apel juga kaya vitamin C, konsumsi 1 buah apel dapat memenuhi seperempat kebutuhan vitamin C anak-anak, Ma. 

Nutrisi yang diberikan apel dapat membantu anak tetap kuat dan sehat saat bermain dan belajar. Jadi, apel adalah buah yang penting untuk dikonsumsi karena dapat membantu pertumbuhan si Kecil. 

Editors' Picks

2. Buah beri

2. Buah beri
Pexels/Susanne Jetzeler

Beri-berian merupakan buah yang bagus untuk meningkatkan sistem imun. Beberapa yang termasuk dalam buah beri, yaitu ceri, bluberi, dan stroberi. 

Semakin gelap warna beri, semakin banyak kandungan nutrisinya, Ma. Buah beri mengandung antioksidan yang tingkat tinggi sehingga membantu tubuh anak tetap sehat dan kuat.

Buah beri juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah risiko kanker. Selain itu, buah beri bermanfaat untuk perkembangan otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah beri dapat membantu meningkatkan fungsi memori. Hal ini karena buah beri adalah sumber lemak omega-3 yang kaya.

3. Jeruk

3. Jeruk
Pexels/Pixabay

Mama bisa membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh anak dengan memberikan buah jeruk. Hal ini karena jeruk diperkaya dengan vitamin C. 

Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih sehingga dapat melawan infeksi pada tubuh, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, membantu menghasilkan kolagen, dan mengurangi peradangan. 

Dengan mengonsumsi buah jeruk yang kaya vitamin C dengan rutin, kesehatan tubuh si Kecil pun dapat terjaga dan terhindar dari penyakit, Ma.  

4. Mangga

4. Mangga
Pexels/Pixabay

Cita rasa manis dalam mangga yang disukai anak-anak dapat menjadi salah satu buah untuk meningkatkan sistem imun. Hal ini karena mangga memiliki banyak sifat antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Mangga juga diperkaya dengan vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan kalium yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, mangga termasuk ke dalam buah yang mengandung banyak serat sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan. 

Mengonsumsi mangga dengan rutin juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan kolesterol. 

5. Pir

5. Pir
Pexels/Mali Maeder

Buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan zat besi yang dapat melawan zat-zat jahat penyebab penyakit dalam tubuh. Pir juga diperkaya dengan antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Selain itu, pir mengandung GI rendah. Jadi, karbohidrat dalam pir dapat dicerna secara perlahan sehingga dapat menjadi sumber energi yang lebih lama.

Itulah 5 pilihan buah untuk meningkatkan tubuh anak yang dapat Mama berikan pada si Kecil. Selain mengonsumsi buah, imbangi dengan olahraga teratur ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.