Bergizi, Ini 10 Buah yang Mengandung Vitamin E untuk Anak

Vitamin E bagus untuk meningkatkan imun dan menjaga kesehatan kulit, Ma

8 Januari 2021

Bergizi, Ini 10 Buah Mengandung Vitamin E Anak
Pixabay/dilawarali

Biasanya, vitamin E lebih dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Padahal, jauh lebih dari itu, vitamin E kaya akan manfaat bagi tubuh. Salah satunya sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh.

Tak hanya bagus untuk orang dewasa, kebutuhan vitamin E yang cukup dapat membantu proses tumbuh kembang anak-anak. Hal ini karena vitamin E dapat membantu proses perkembangan otak, menjaga kesehatan reproduksi, dan darah. 

Dikutip dari MayoClinic, selain dari suplemen, vitamin E dapat ditemukan dari makanan. Misalnya, buah-buahan yang segar dan alami sehingga lebih aman dikonsumsi dalam jangka panjang. 

Terlebih bagi anak-anak yang dianjurkan untuk tidak bergantung pada suplemen yang mungkin dibuat dengan campuran bahan kimia. Memenuhi kebutuhan vitamin E dari buah-buahan juga dapat melatih si Kecil untuk terbiasa mengonsumsi buah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com berikan daftar buah yang mengandung vitamin E untuk anak

1. Pepaya

1. Pepaya
Pixabay/varintorn

Pepaya merupakan buah tropis yang mengandung cukup vitamin E. Mama pun dapat memilihnya sebagai buah-buahan untuk memenuhi asupan vitamin E si Kecil. Tak hanya itu, pepaya diperkaya dengan folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, vitamin B, alfa dan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, kalsium, kalium, vitamin K, hingga likopen. 

Beragam kandungan nutrisinya membuat pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari fungsinya sebagai antioksidan pencegah penyakit karena dapat memperkuat sistem imun, meningkatkan kesehatan kulit juga rambut, menjaga kesehatan cerna serta kesehatan tulang, hingga mencegah peradangan dalam tubuh dan mencegah asma. 

2. Mangga

2. Mangga
Pixabay/LoggaWiggler

Buah yang dikenal memiliki cita rasa sedikit asam dan manis ini termasuk ke dalam makanan sumber vitamin E. Mangga rendah kalori, tetapi padat nutrisi sehingga baik dikonsumsi karena memiliki manfaat kesehatan, Ma. 

Buah mangga mengandung folat, vitamin A, vitamin B6, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, dan magnesium. Selain itu, mangga mengandung sejumlah kecil fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium hingga zat besi. 

Mangga juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mencegah peradangan, dan membantu penyerapan zat besi sehingga bagus dalam proses perbaikan pada tubuh.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari konsumsi mangga, yaitu dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan sistem penglihatan, kesehatan kulit, dan rambut, Ma. 

3. Alpukat

3. Alpukat
Pixabay/stevepb

Buah-buahan lain yang mengandung cukup vitamin E, yaitu alpukat. Buah yang biasanya berwarna hijau kekuningan ini dapat menjadi pilihan Mama dalam memenuhi kebutuhan vitamin E anak-anak. 

Selain itu, alpukat termasuk golongan makanan rendah kalori sehingga bagus dikonsumsi untuk menjaga berat badan tetap ideal. Vitamin E dalam alpukat dapat menjaga kesehatan mata anak mama dan mencegah penyakit kolesterol. 

Alpukat pun diperkaya dengan vitamin C yang cukup baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Alpukat juga memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi daripada buah pisang. Potasium ini berperan penting dalam kinerja organ-organ di dalam tubuh. 

4. Jambu biji

4. Jambu biji
Pixabay/HuyNgan

Siapa sangka bahwa jambu biji merupakan sumber vitamin E yang baik untuk dikonsumsi. Namun, orangtua sebaiknya berhati-hati dalam memberikan jambu biji pada anak.

Hal ini karena seperti namanya, jambu biji memiliki biji yang cukup banyak sehingga cenderung sulit dikonsumsi. Bahkan, bisa saja menyebabkan tersedak, Ma. Jadi, pisahkan bagian biji dari daging buahnya sebelum diberikan pada anak-anak. 

Tak hanya mengandung vitamin E, jambu biji diperkaya dengan vitamin C yang dapat berguna sebagai antioksidan. Jadi, baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imunitas, Ma. 

Jambu biji juga kaya akan serat yang bagus untuk menjaga saluran pencernaan, menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh, mencegah anemia, hingga dapat mengatasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Editors' Picks

5. Labu

5. Labu
Pixabay/suju

Labu merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin E. Meskipun tidak dalam kadar yang tinggi, labu tetap bisa menjadi pilihan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin E pada anak-anak. 

Beragam nutrisi juga terkandung dalam labu. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B, hingga beberapa mineral, seperti kalsium dan magnesium. Hal ini membuat labu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Apabila dikonsumsi, labu dapat meningkatkan sistem imunitas, menjaga kesehatan mata, jantung, dan kulit, serta mampu menjaga berat badan tetap ideal karena memiliki kadar kalori yang rendah.  

6. Peach

6. Peach
Pexels/Karolina Grabowska

Bagi sebagian orang, buah peach mungkin tidak terlalu dikenal sebagai makanan yang sering dikonsumsi. Namun, buah ini memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Jadi, baik untuk kesehatan tubuh.  

Peach juga mengandung vitamin C yang baik sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan, vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, serta kaya serat sehingga dapat melindungi sistem pencernaan. 

Tak hanya itu, peach dapat menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan normal dan cukup bagus untuk kesehatan jantung, Ma. 

7. Tomat

7. Tomat
Pixabay/Anelka

Buah yang dapat dinikmati menjadi jus, salad, atau dicampurkan bersama sayur-sayuran ini mengandung cukup vitamin E di dalamnya. Tomat juga diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C.

Kandungan vitamin dalam tomat tersebut sangat berperan bagi sistem kekebalan tubuh. Apalagi, tomat diperkaya dengan likopen yang dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga tubuh mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit. 

Tomat bagus dikonsumsi, terlebih bagi anak-anak karena dapat menjaga hidrasi tubuh. Hal ini karena tomat mengandung kadar air yang cukup tinggi, Ma. 

8. Aprikot

8. Aprikot
Pixabay/stevepb

Buah berbentuk bulat dan berwarna oranye kekuningan ini termasuk sumber vitamin E yang bagus. Hampir mirip dengan buah peach, tetapi aprikot memiliki tekstur yang lebih keras. 

Aprikot diperkaya dengan betakaroten, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk meningkatkan kesehatan sistem penglihatan sehingga terhindar dari risiko kerusakan. 

Selain itu, aprikot merupakan buah yang kaya akan antioksidan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Gabungan vitamin E dan Cnya dapat melindungi kulit tetap sehat, serta menjaga kesehatan usus karena aprikot diperkaya dengan serat. 

9. Blackberry dan Raspberry

9. Blackberry Raspberry
Pixabay/PhotoMIX-Company

Baik blackberry maupun raspberry, keduanya merupakan jenis buah beri yang mengandung vitamin E. Blackberry dan raspberry juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya menjaga kesehatan jantung, kesehatan saluran cerna, dan kesehatan sistem penglihatan. 

Menariknya lagi, buah beri-berian ini bagus untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Jadi, sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, Ma. 

10. Kiwi

10. Kiwi
Pixabay/pixel2013

Buah berikutnya yang dapat membantu Mama dalam memenuhi asupan nutrisi vitamin E anak, yaitu kiwi. Kiwi bahkan memiliki kandungan vitamin E yang lebih tinggi dibanding buah-buahan lain.

Selain itu, kiwi diperkaya dengan vitamin C yang lebih banyak daripada apel atau pun jeruk, Ma. Vitamin E dan vitamin C dalam buah kiwi bagus bagi sistem kekebalan tubuh serta dapat menjaga kesehatan kulit. 

Apabila dikonsumsi, kiwi juga memiliki beragam manfaat lain. Mulai dari menjaga kesehatan jantung dan ginjal, serta membantu tekanan darah tetap normal. Bahkan, kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Itulah 10 buah yang mengandung vitamin E untuk anak, Ma. Mama dapat memilih serta memvariasikannya dalam memenuhi kebutuhan vitamin E si Kecil. Semoga bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.