Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa sebagai bentuk memohon dan meminta perlindangan, serta ucapan rasa syukur

17 November 2020

Doa Sebelum Tidur Sesudah Bangun Tidur Beserta Artinya
Unsplash/Annie Spratt

Dalam ajaran agama Islam, seluruh aktivitas hendaknya dilakukan dengan berdoa. Doa merupakan wujud dari memohon dan meminta kepada Allah SWT agar aktivitas yang akan dilakukan mendapat kemudahan.

Selain itu, doa juga sebagai bentuk ibadah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu perlu orangtua ajarkan pada anak-anak sejak dini. Salah satu doa yang mudah untuk diajarkan, yaitu doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. 

Berikut Popmama.com jelaskan bacaan doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur beserta dengan arti dan manfaatnya.

Editors' Picks

1. Bacaan doa sebelum tidur dan artinya

1. Bacaan doa sebelum tidur artinya
Unsplash/Annie Spratt

Berikut bacaan doa sebelum tidur beserta artinya yang dapat Mama dan Papa ajarkan pada si Kecil.

Bismillahirrahmanirrahim.
Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Selain membaca doa, terdapat juga beberapa sunnah sesuai ajaran Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur, di antaranya:

  • berwudhu sebelum tidur,
  • membaca ayat kursi,
  • membersihkan tempat tidur, 
  • meniup telapak tangan dan mengusapkannya ke anggota tubuh, dan
  • memosisikan tubuh ke bagian kanan saat tidur.

2. Bacaan doa sesudah bangun tidur dan artinya

2. Bacaan doa sesudah bangun tidur artinya
Unsplash/Kyle Nieber

Muhammad bin'Abdullah bin Hafash At-Tusturi menceritakan kepada kami, Ya'qud bin Hamid bin Kasib menceritakan kepada kami, Syufan bin 'Uyainah menceritakan kepada Ibnu'Ajla (Muhammad) dari Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah R.A. dari Nabi SAW. Beliau bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadaku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya.”

Jadi, sudah sepatutnya kita memanjatkan doa ketika sesudah bangun tidur. Adapun bacaan doa sesudah bangun tidur dan artinya:

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Tidak hanya berdoa, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk melakukan adab-adab sesudah bangun tidur, yaitu:

  • duduk dan mengusap wajah,
  • membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran,
  • mencuci tangan,
  • membersihkan hidung,
  • bersiwak atau menggosok gigi, dan
  • berwudhu. 

3. Keutamaan berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur

3. Keutamaan berdoa sebelum tidur sesudah bangun tidur
Unsplash/Collov Home Design

Anjuran untuk berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan, berikut di antaranya:

  • Manfaat berdoa sebelum tidur

Ketika tidur, manusia membutuhkan pertolongan dan pengamanan dari Allah SWT agar terhindar dari mimpi buruk dan tetap bisa bangun keesokan harinya. Maka, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita berbagai doa dan dzikir sebelum tidur untuk mendapatkan keamanan sepanjang terlelap. 

Selain itu, membaca doa sebelum tidur dapat menjadi benteng bagi manusia untuk terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.

Hal ini diterangkan dalam hadist yang berasal dari Jabir bin Abdullah, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan syetan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” 

  • Manfaat berdoa sesudah bangun tidur

Saat bangun tidur, hendaknya kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk membuka mata dan menjalankan aktivitas harian dengan baik. 

Berdoa sesudah bangun tidur juga melatih diri untuk selalu mengingat Allah SWT. Bahwasanya kita sebagai manusia bisa saja tidak dibangunkan kembali dari tidur.

Selain itu, membaca doa sesudah bangun tidur juga bernilai ibadah dan akan mendapatakan pahala. Jadi, sudah sepatutnya untuk senantiasa diamalkan. 

Itulah bacaan doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur beserta arti serta keutamaannya. Yuk, ajarkan si Kecil untuk selalu berdoa ketika hendak tidur dan setelah bangun! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.