TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Sawi Hijau bagi Kesehatan Anak, Dapat Mencegah Radang

Yuk Ma sajikan olahan sawi hijau yang bergizi tinggi bagi anak

5 Oktober 2022

7 Manfaat Sawi Hijau bagi Kesehatan Anak, Dapat Mencegah Radang
Pinterst.com/Greatist

Sayur-mayur menjadi sumber makanan yang bagus bagi kesehatan, terutama kesehatan si Kecil. Terdapat berbagai macam sayuran yang mengandung nutrisi yang bisa membantu tumbuh kembang anak, salah satunya adalah sawi hijau.

Sawi hijau adalah tanaman dalam keluarga Brassicaceae atau  juga dikenal sebagai keluarga kubis. Sawi hijau merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah tumbuh dan biasa diolah menjadi makanan lezat.

Rasa sawi hijau sangat segar dengan tekstur renyah dan halus. Mengonsumsi sawi hijau secara teratur akan memperluas asupan nutrisi bagi anak Mama.

Berikut ini Popmama.com berikan beberapa informasi mengenai manfaat sawi hijau bagi kesehatan anak. Yuk, disimak Ma!

1. Mencegah radang pada anak

1. Mencegah radang anak
Pinterest.com/PurePNG

Sawi hijau adalah sumber vitamin K yang sangat baik untuk anak mama. Vitamin K bertindak sebagai pengatur langsung sistem respons inflamasi anak.

Mengonsumsi sawi secara teratur oleh si Kecil dapat mencegah terjadinya peradangan kronis yang tidak diinginkan. Selain itu juga dapat mengurangi risiko anak terkena penyakit kronis lainnya.

2. Memelihara kesehatan tulang

2. Memelihara kesehatan tulang
Pinterest.com/PurePNG

Pada masa tumbuh kembang, tentu saja seorang anak membutuhkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi agar mempunyai tulang yang sehat, sehingga aktivitas sehari-hari anak bisa berjalan dengan lancar.

Kandungan vitamin K dan zat besi dalam sawi hijau ternyata juga mampu bertindak untuk mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan kalsium dalam tubuh.

Editors' Picks

3. Detoksifikasi hati dan darah

3. Detoksifikasi hati darah
Pinterest/PurePNG

Hati dan darah anak membutuhkan detoksifikasi untuk menetralkan racun lingkungan dan makanan yang ditelan setiap hari. Sawi hijau sangat bagus untuk membersihkan hati si Kecil dan mengeluarkan racun lingkungan dari aliran darahnya.

Kandungan antioksidan pada sawi hijau dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui proses buang air besar. Turunan klorofil dalam sayur ini pun bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang berada dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat dan terbebas dari paparan racun.

4. Bantu turunkan kolesterol

4. Bantu turunkan kolesterol
thespruceeats.com

Kadar kolesterol tinggi juga bisa terjadi pada tubuh anak. Oleh karena itu, untuk mencegah dan menurunkan kada kolesterol pada anak, Mama bisa mencoba mengajak anak mama untuk mengonsumsi sawi hijau.

Sayuran sawi hijau yang telah dimasak memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengikatan empedu dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anak. Antioksidan dalam sawi hijau mempunyai khasiat untuk menstabilkan kadar kolesterol.

5. Membangun imun dan kekebalan tubuh

5. Membangun imun kekebalan tubuh
healthifyme.com

Mengonsumsi sawi hijau yang sudah dikukus adalah cara yang bagus untuk membantu merawat tubuh anak.

Vitamin C dalam sawi hijau diketahui memiliki banyak manfaat yakni bisa memperlambat dan mencegah kerusakan sel, menjaga kesehatan jaringan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan anak, membangun kolagen, dan membantu menjaga pembuluh darah.

Kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu tubuh anak mama tetap sehat supaya mampu melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan kesehatan mata

6. Meningkatkan kesehatan mata
highmowingseeds.com

Sayuran sawi hijau adalah sayur yang kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A bisa mencegah anak mengalami penyakit akibat kekurangan vitamin A seperti mata gatal, borok mata, dan mata kering.

Satu cangkir sawi mengandung 177 persen kebutuhan vitamin A harian yang direkomendasikan untuk tubuh.

7. Memelihara kesehatan otak

7. Memelihara kesehatan otak
smallfootprintfamily.com

Beberapa kandungan dalam sawi hijau, seperti potasium, folat, serta berbagai antioksidan diketahui memberikan manfaat neurologis pada otak anak.

Folat telah dikenal mampu mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif. Sementara kalium membantu meningkatkan aliran darah ke otak secara teratur sehingga bisa membantu anak lebih bisa konsentrasi dan aktivitas saraf otak tidak terganggu.

Nah itulah beberapa manfaat sawi hijau bagi kesehatan anak yang bisa Mama dan anak mama dapatkan apabila mengonsumsi sawi hijau dalam jumlah yang cukup. Semoga informasi ini berguna untuk Mama dalam menyiapkan menu makanan sehat sehari-hari untuk si Kecil ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk