Ketahui Manfaat Buah Kersen untuk Balita

Buah kersen memiliki bentuk seperti buah cer

20 November 2021

Ketahui Manfaat Buah Kersen Balita
jovee.id

Apakah Mama pernah mendengar buah kersen? buah ini memiliki bentuk seperti buah ceri. Hal ini karena buah ini mempunyai pohon yang rindang serta buahnya yang berukuran kecil. Namun, buah kersen dan buah ceri merupakan dua jenis buah yang berbeda.

Buah kersen memiliki nama latin Muntingia calabura. Jenis buah ini biasanya hanya ditemui di Asia dan Amerika Latin, sehingga membuat buah ini tidak terlalu terkenal layaknya buah ceri.

Walaupun begitu, buah ini memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh, lho! Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh banyak peneliti serta ahli gizi yang sudah menemukan lebih dulu manfaat dari buah ini.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum manfaat yang terkandung di dalam buah kersen yang perlu Mama ketahui.

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels/Marta Wave

Buah kersen ini memiliki kandungan antibiotik alami yang sangat berguna baik tubuh. Antibiotik ini akan melawan berbagai macam bakteri-bakteri jahat yang berada di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan.

Buah ini dapat mengurangi terjadinya kerusakan sel, meningkatkan daa tahan tubuh, mengurangi terjadinya berbagai risiko penyakit serta dapat mempercepat proses pemulihan.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi buah kersen juga dapat mengatasi terjadinya peradangan, pembengkakan pada sendi, serta meredakan demam. Memiliki sifat yang antibakteri dan antijamur juga membuat buah ini dapat mencegah terjadinya infeksi.

Editors' Picks

2. Menjaga saluran pencernaan

2. Menjaga saluran pencernaan
Freepik

Adanya pola hidup yang tidak sehat kerap memicu timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Masalah pencernaan yang biasanya kerap terjadi adalah perut kembung, mual, muntah, heartburn serta berbagai masalah pencernaan lainnya.

Buah kersen memilik sifat yang anti inflamasi dan anti bakteri. Inilah yang nantinya dapat membantu mengatasi masalah pada pencernaan yang terjadi pada tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 pun berhasil membuktikan bahwa adanya khasiat yang terdapat dalam buah kersen untuk mengatasi masalah pencernaan. Walaupun begitu, para peneliti pun terus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai masalah ini.

3. Dapat melawan pilek dan flu

3. Dapat melawan pilek flu
Pexels/GustavoFring

Buah kersen mengandung vitamin C yang sangat baik. Dilansir dari Natural Hub, vitamin C ini dapat membantu mempersingkat pilek serta dapat memberikan perlindungan terhadapnya.

Tinjauan yang dilakukan pada tahun 2013 menjelaskan bahwa vitamin C dapat mengurangi durasi pilek sampai 8% pada orang dewasa serta 14% pada anak-anak. Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah karsen ini maka dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Hal ini pun akan membuat tubuh dapat melawan patogen yang menyerang secara lebih efisien.

4. Memiliki antioksidan yang kuat

4. Memiliki antioksidan kuat
klikdokter.com

Oksidasi merupakan sebuah proses kimiawi untuk melepaskan radikal bebas yang berada di dalam tubuh. Adanya radikal bebas ini dapat membentuk sebuah rantai yang dianggap sebagai penyebab kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

Untuk menghindari hal ini, maka dibutuhkan antioksidan seperti yang ada pada buah kersen. Buah ini memiliki sekitar 24 senyawa flavonoid dan juga fenolik yang berbeda. 

Selain itu, oksidan yang berada dalam buah kersen ini juga dapat meredakan terjadinya peradangan.

5. Mencegah terjadinya dehidrasi

5. Mencegah terjadi dehidrasi
99.co

Buah karsen ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Adanya kandungan air yang cukup tinggi tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama anak.

Hal ini karena kandungan air yang terkandung di dalam buah ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan sebuah sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

Nah, itulah berbagai manfaat yang terdapat di dalam buah kersen dan sangat baik bagi tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.