Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Pola hidup bersih dan sehat sangat penting untuk diterapkan agar terhindar dari berbagai penyakit

11 September 2022

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Pola Hidup Bersih Sehat
Popmama.com/Angeli Valencia P

Cara orangtua terutama seorang ibu dalam mengasuh dan mendukung anak adalah satu faktor yang paling menentukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sehat bagi si Kecil.

Oleh karena itu, sebuah komunitas satu ini hadir bagi para Mama yang ingin berusaha menjaga tumbuh kembang anak. Komunitas Smart Mom Biodef dibentuk oleh Biodef dengan tujuan membantu para Mama untuk mendapatkan informasi lebih mengenai kesehatan.

Salah satunya dengan cara mengadakan diskusi antara pakar kesehatan dan orangtua melalui sebuah acara seminar bertajuk ‘Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)' yang diselenggarakan di Wonder Club, Jakarta Selatan. Diskusi ini memiliki maksud agar bisa mengedukasi keluarga Indonesia hidup sehat dan terlindungi dengan menerapkan PHBS.

“Komunitas kami memang baru didirikan beberapa bulan belakangan ini. Namun, kami sudah sering mengadakan diskusi bahkan kami juga ada diskusi melalui Whatsapp, atau kita sebut dengan Kuliah Whatsapp. Sehingga bisa menjadi forum diskusi serta bila ada informasi penting langsung bisa kami bagikan melalui Whatsapp,” ujar Kikhin Indahsari selaku Group Head of Brand Development Personal Care PT Paragon Technology and Innovation pada Sabtu (10/9/2022).

Untuk mengetahui informasi mengenai diskusi yang diadakan oleh Biodef dan Komunitas Smart Mom tentang cara optimalkan tumbuh kembang anak dengan pola asuh hidup bersih dan sehat, berikut ini Popmama.comtelah merangkumnya. Disimak ya, Ma.

1. Pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) selama pandemi

1. Penting penerapan pola hidup bersih sehat (PHBS) selama pandemi
Popmama.com/Angeli Valencia P

Saat ini banyak sekali muncul mutasi dari virus Covid-19, bahkan masyarakat dibuat khawatir sebab munculnya virus monkeypox. Virus ini pun semakin menyebar di seluruh dunia hingga membuat WHO (Badan Kesehatan Dunia) menetapkannya sebagai darurat kesehatan global. Hal ini tentu mengakibatkan Mama juga khawatir terkait kesehatan anak mama apalagi saat berkegiatan diluar rumah, contohnya saat berada di sekolah.

Dalam kesempatan diskusi kali ini, Dokter Spesialis Anak, dr. S.Tumpal Andreas mengungkapkan pola hidup bersih dan sehat ini merupakan wujud dari dedikasi terhadap pentingnya kesehatan bagi perorangan termasuk anak, keluarga, dan masyarakat.

“Kalau anak tidak hidup bersih dan sehat akan mengakibatkan anak sedikit-dikit sakit, misalnya seperti, dua minggu lagi anak batu pilek, dua minggu lagi diare. Apabila kita sebagai orantua memiliki pola hidup bersih dan sehat, maka anak akan mengerti kalau PHBS itu penting tanpa harus dipaksa,” ungkapnya. 

Maka dari itu sangat penting bagi Mama untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terhadap anak dan keluarga. Perilaku ini pun penting diterapkan pada si Kecil sejak dini untuk terhindar dari berbagai jenis virus dan kuman.

“Selain itu PBHS juga memiliki tujuan untuk menghidari virus, kuman, bakteri, dan jamur sehingga anak mampu beraktivitas dan belajar dengan baik serta sehat,” ujar dr. Tumpal Andreas.

2. Ajarkan langkah-langkah pola hidup bersih dan sehat

2. Ajarkan langkah-langkah pola hidup bersih sehat
Popmama.com/Angeli Valencia P

Untuk mengajarkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak, Mama bisa mengajak atau mencontohkan kepada anak agar melakukan beberapa kegiatan. Contoh kegiatan yang Mama ajarkan ini akan bisa dengan mudah diingat oleh anak bahkan hingga beberapa tahun ke depan apabila sering dilaksanakan. Berikut ini kegiatannya:

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Selalu sikat gigi sesudah dan sebelum makan
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Memilih jajanan yang bersih dan sehat
  • Membuang sampah pada tenpatnya
  • Berolahraga secara rutin

“Kegiatan-kegiatan tersebut bisa mengajarkan anak pola hidup bersih dan sehat sekaligus menstimulasi motorik dan sensorik pada anak,” ucap dr. Andreas.

3. Gunakan sabun antiseptik alami untuk optimalkan pola hidup bersih dan sehat

3. Gunakan sabun antiseptik alami optimalkan pola hidup bersih sehat
Popmama.com/Angeli Valencia P

Masyarakat selalu dihimbau untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Apalagi akhir-akhir ini muncul berbagai penyakit dan virus baru seperti hepatitis dan virus monkeypox di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di luar rumah adalah salah satu hal dasar untuk menerapkan PHBS. Oleh karena itu, Mama perlu mengingatkan anak mama serta keluarga agar selalu membersihkan tubuh atau mandi dengan menggunakan sabun antiseptik yang alami. Salah satunya dengan menggunakan sabun satu ini.

Biodef merupakan produk sabun antiseptik alami pertama dari Paragon Halal Technology yang mampu mendukung penerapan PHBS serta mencegah penyakit menular. Produk sabun ini dibuat dengan bahan aktif alami dari Mentha Piperita Essence yang mampu berperan sebagai antiseptik alami guna membunuh bakteri, kuman, dan virus. Sabun Biodef juga ditambah memiliki kandungan Natural Glycerin yang bekerja untuk melembabkan kulit. Sabun ini  diproses dengan teknologi booster terbaru yakni Advanced Nature Technology.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait diskusi antara Komunitas Smart Mom Biodef bersama dr. S.Tumpal Andreas. Semoga bisa menambah pengetahuan Mama supaya mempermudah Mama untuk mengajarkan anak pola hidup bersih dan sehat (PHBS) secara optimal.

Baca juga:

The Latest