Tips Konsisten Berolahraga Bagi Para Pemula untuk Hidup Sehat di 2022

Mulai dari olahraga ringan dan melakukannya dengan teman

20 Januari 2022

Tips Konsisten Berolahraga Bagi Para Pemula Hidup Sehat 2022
Freepik/Senivpetro

Berolahraga membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan pikiran dan jiwa. Kolaborasi keduanya ini bisa membuat Mama dan anak-anak menjalani hidup terbaik dengan lebih semangat dan produktif. Contohnya pada anak, mereka bisa lebih fokus dalam belajar dan mendapat banyak prestasi. 

Walaupun manfaat tersebut telah diketahui banyak orang, tapi tak sedikit yang mengabaikannya dan memilih untuk tidak berolahraga. Apakah Mama dan si Anak pun demikian? Jika 'iya', cobalah untuk mulai berolahraga agar bisa menjalani hidup lebih baik dan lebih sehat di tahun 2022. 

Namun, bagi yang tidak biasa olahraga pasti akan merasa kesulitan untuk memulai dan konsisten berolahraga. 

Untuk itu, kali ini Popmama.com akan membagikan tips konsisten berolahraga untuk hidup lebih sehat di tahun ini. Simak yuk! 

1. Mulai berolahraga dengan jangka waktu pendek

1. Mulai berolahraga jangka waktu pendek
Freepik

Berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tak harus dilakukan dalam waktu yang lama. Waktu terbaik untuk pemula memulai olahraga yakni 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit per hari.

Tertunya waktu tersebut dibagi menjadi tiga tahap, pemanasan, inti, dan pendinginan. Misalnya, anak mama ingin mencoba olahraga rutin selama 30 menit, maka pembagiannya 10 menit untuk pemanasan, 15 menit buat menu utama, dan 5 menit terakhir untuk pendinginan. Atau bisa juga masing-masih tahap dilakukan selama 10 menit.

Ketiga hal itu sangat penting untuk dilakukan. Pemanasan dilakukan sebelum olahraga karena otot-otot tubuh dalam keadaan normal cenderung dingin dan kaku. Maka jika tidak melakukan pemanasan rawan terjadi cidera. 

Sedangkan inti merupakan jenis olahraga yang dilakukan, misalnya lari, senam, bersepeda, angkat beban di tempat gym dan lain sebagainya. Terakhir pendinginan, berguna untuk meningkatkan rentang gerak otot sehingga tidak terjadi peregangan otot dan luka dalam kondisi hangat.

2. Cobalah olahraga yang ringan terlebih dahulu

2. Cobalah olahraga ringan terlebih dahulu
Freepik/artursafronovvvv

Salah satu alasan anak-anak tak ingin berolahraga karena mereka menganggapnya hal itu sangat merepotkan. Padahal ada olahraga ringan yang sangat mudah dilakukan, misalnya jalan santai dan berlari di sekitar rumah. 

Kemudian, jika anak mama tidak ingin keluar rumah, mereka bisa melakukan workout seperti melakukan push-up, leg lift, sit up, squat, dan jumping jack.

Editors' Picks

3. Lakukan bersama orang lain

3. Lakukan bersama orang lain
Freepik

Tentunya jika melakukan sesuatu sendiri akan terasa membosankan. Nah, agar lebih semangat berolahraga dan terasa menyenangkan, Mama bisa menemani anak memulai berolahraga. Misalnya dengan menemani anak berlari di sekitar rumah atau workout di dalam rumah. 

Dengan demikian, ketika anak merasa kelelahan, ia masih bisa mendapat semangat dan teman mengobrol untuk menghilangkan rasa capek. 

4. Buatlah target dan catat segala pencapaian

4. Buatlah target catat segala pencapaian
Freepik/Towfiqu999

Salah satu yang bisa jadi pemacu semangat dalam berolahraga adalah target yang harus dicapai. 

Maka, jika anak mama ingin mulai berolahraga, cobalah untuk membuat target terlebih dahulu. Misalnya, ia ingin rutin jogging, maka target minggu pertama ia harus berhasil jogging sejauh 100 meter, minggu kedua 200 meter, minggu ketiga 300 meter, dan target lainnya. 

Nah, ketika anak mama berhasil mencapai target tersebut jangan lupa untuk mencatatnya. Hal itu pasti membuatnya merasa termotivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar di hari berikutnya. Dengan demikian, si Anak jadi bisa melakukan olahraga rutin.

5. Gunakan pakaian olahraga yang nyaman agar semangat berolahraga

5. Gunakan pakaian olahraga nyaman agar semangat berolahraga
Freepik

Mengenakan pakaian olahraga pun menjadi salah satu pembangkit semangat tersendiri pada anak agar bisa rajin berolahraga. Sebab, dengan menggunakan pakaian olahraga yang nyaman, anak mama akan bebas bergerak aktif. 

Maka dari itu, berilah anak mama pakaian yang nyaman untuk bergerak dan mudah menyerap keringat agar aktivitas olahraganya tak terganggu. 

6. Lihat dan rasakan perubahan pada diri sendiri

6. Lihat rasakan perubahan diri sendiri
Freepik/master1305

Hal yang membuat anak-anak lebih rajin berolahraga yakni ketika ia bisa merasakan sendiri manfaat olahraga untuk tubuhnya. Apakah ia merasa lebih sehat, tidur lebih nyenyak, berat badan menurun, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, cobalah untuk melihat dan merasakan perubahannya setiap minggu setelah melakukan olahraga. Jadikan manfaat yang dirasakan sebagai motivasi agar rutin berolahraga. 

7. Beri hadiah dengan mengonsumsi makanan sehat

7. Beri hadiah mengonsumsi makanan sehat
girlgonegourmet.com

Salah satu yang membuat anak semangat melakukan hal positif adalah imbalan berupa hadiah, betul tidak, Ma? 

Untuk itu, berilah anak mama hadiah berupa makanan sehat dan menyegarkan setelah ia berhasil membuang rasa malas untuk berolahraga. 

Misalnya, memberi anak olahan aneka buah dan yogurt greenfields yang dibuat dari susu sapi segar. 

“Susu sapi segar adalah salah satu sumber gizi terbaik untuk keluarga, orang dewasa maupun anak-anak, karena mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein untuk membangun otot, dan vitamin yang dapat memaksimalkan perkembangan kognitif dan memperkuat daya tahan tubuh. Susu sapi segar juga merupakan satu-satunya sumber vitamin D yang alami," kata Emilia Achmadi, MS., RDN , ahli nutrisi, dalam siaran pers Selasa, (19/1/2022). 

Berikut ini ada beberapa resep buah dan yogurt yang bisa mama sajikan untuk anak: 

Healthy fruit & yogurt popsicles

Bahan:

  • Selai buah
  • Greenfields Original Yogurt
  • Madu

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk berukuran sedang, aduk bersama yogurt dan madu hingga tercampur.
  2. Tambahkan selai buah ke dalam yogurt dan aduk perlahan hingga selai merata di seluruh yogurt.
  3. Sendok atau tuangkan yogurt dengan hati-hati ke dalam cetakan es loli.
  4. Tambahkan stik es krim ke dalam cetakan dan pindahkan es loli ke dalam freezer. Bekukan es loli selama 4-6 jam, atau sampai beku.

Strawberry banana protein blast

Bahan:

  • 1 pisang
  • 1 cangkir Greenfields Full Cream Milk
  • ½ cangkir stroberi cincang
  • ½ cangkir Greenfields Original Yogurt
  • 1 sdm selai kacang

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan blender hingga halus.
  2. Tuangkan smoothie ke dalam gelas atau shaker.

Two-Tone Ricotta Smoothies

Bahan Smoothie Kuning:

  • 1/4 cangkir Greenfields
  • Ricotta Cheese
  • 250 ml Greenfields Full
  • Cream Milk
  • 15 ml madu
  • 1 pisang
  • 1 mangga

Bahan Smoothie Pink:

  • 1/4 cangkir Greenfields
  • Ricotta Cheese
  • 250 ml Greenfields Low
  • Fat milk
  • 15 ml madu
  • 1½ cangkir berry

Cara Membuat:

  1. Blender semua bahan secara terpisah
  2. Tuang smoothie merah muda ke dalam 1/3 gelas saji. Tambahkan smoothie kuning perlahan-lahan condongkan gelas sedikit sehingga smoothie kuning masuk dan angkat smoothie merah muda. Hias sesuai selera.
  3. Siap dihidangkan

Nah itulah beberapa tips agar anak mama dapat bisa memulai olahraga rutin. Selamat mencoba, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk