5 Cara Tepat Atasi Kulit Anak yang Belang Setelah Berenang

Kulit si Kecil belang akibat terlalu lama berenang?

4 Februari 2019

5 Cara Tepat Atasi Kulit Anak Belang Setelah Berenang
Freepik/Yanadjana

Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan, terlebih lagi kalau Mama sekeluarga memang hobi berenang. Selain menyehatkan, berenang juga bisa menjadi aktivitas bermain air.

Namanya anak-anak, mereka pasti sangat gembira berada di kolam renang ataupun pantai. Saking asyiknya sampai lupa waktu, akibatnya kulit tubuh menjadi belang atau gosong karena terpapar sinar matahari.

Kalau sudah begitu orangtua jadi sangat menyayangkan hal tersebut. Tenang, Ma. Berikut Popmama.com berikan ulasan mengenai tips mengatasi masalah kulit belang atau gosong setelah berenang dengan cara tepat. Langsung cek yuk!

1. Pakai sunblock sebelum berenang

1. Pakai sunblock sebelum berenang
Freepik/Yanadjana

Sebelum mengenakan pakaian renang, sebaiknya Mama memakaikan krim tabir surya pada seluruh bagian tubuh si Kecil seperti telinga, leher, punggung tangan dan punggung kaki.

Hal ini dilakukan untuk menghindari efek buruk sinar matahari saat mereka berenang.

Pilihlah sunblcok dengan kandungan SPF yang khusus untuk aktivitas outdoor.

Penggunaan sunblock SPF 50+ kulit lebih terlindungi secara maksimal. Dengan begitu kulit mereka dapat terlindungi dari sengatan sinar ultraviolet dan kulit belang atau gosong pun dapat diminimalisir. 

2. Setelah berenang langsung mandi

2. Setelah berenang langsung mandi
Freepik/Rawpixel.com

Nah, setelah berjam-jam berada di kolam maka sebaiknya tidak menunda membersihkan tubuh si Kecil.

Jangan biarkan badannya kering dari air atau melakukan aktivitas lain setelah ia selesai berenang, ya. 

Sebab air kolam mengandung kaporit maupun air laut yang mengandung garam sangat tidak baik bagi kulit. Bilas tubuh dan rambut mereka dengan air pancuran dan memakai sampo, conditioner dan sabun agar residu klorin tidak mengendap di rambut maupun kulitnya.

Editors' Picks

3. Gunakan lotion

3. Gunakan lotion
Freepik/Lifeforstock

Langkah selanjutnya setelah Mama membersihkan tubuh si Kecil, ada baiknya mengaplikasikan lotion khusus anak-anak.

Dengan mengoleskan pelembap ke wajah maupun seluruh badan setelah berenang, maka kulit mereka tidak kering akibat air kaporit di kolam renang.

Pilihlah produk yang mampu melembapkan sekaligus merawat kulit anak yang cenderung jadi kering setelah aktivitas berenang.

Oleh sebab itu, penting untuk Mama memakaikan pelembap yang memiliki kandungan seperti kandungan vitamin E, canola oil, chamomile atau ekstrak jojoba yang diformulasikan sebagai antioksidan untuk menjaga kelembapan serta kelembutan kulit anak.

Apabila kulit mereka tampak gosong, lakukan secara rutin setiap hari agar warna kulit kembali seperti semula.

4. Minum air putih

4. Minum air putih
Freepik

Sudah barang tentu air putih sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. Sementara saat kulit anak belang atau gosong sehabis berenang, maka solusi yang tepat adalah meminum air putih.

Di mana air putih cukup baik dalam membantu menjaga kulit mereka tetap kenyal dan sehat.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup secara teratur, manfaatnya bisa menjadikan kulit si Kecil lebih lembap dan mengembalikan kondisi kulit yang bermasalah akibat terkena paparan sinar matahari.

Selain itu juga air diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan menyiram racun dari dalam tubuhnya.

5. Konsumsi Jus stroberi

5. Konsumsi Jus stroberi
Pexels/Pixabay

Kaporit yang ada di kolam renang maupun garam pada air laut bisa menyebabkan kulit anak jadi dehidrasi sehingga menjadi kering dan kusam.

Sebaiknya beri mereka segelas minuman segar seperti jus stroberi yang kaya akan vitamin C.

Dengan meminum jus stroberi maka kulitnya akan lebih lembap. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi, flavonoid, dan asam elagic dapat berperan dalam mencerahkan kulit, mencegah kulit keriput dan melindungi kulit dari sinar UV.

Sementara kandungan provitamin 1, vitamin B1 dan vitamin B2 mampu membantu dalam menghaluskan kulit sehabis berenang.

Untuk menghindari teriknya sinar matahari, berenang di sore hari akan lebih baik dan terasa sejuk. Pastikan juga anak-anak melakukan pemanasan dahulu agar otot tidak kram.

Baca juga

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;