5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Anak Introvert

Introvert adalah seorang yang mandiri dan pendengar yang baik

25 Maret 2020

5 Kelebihan Ha Dimiliki Anak Introvert
aolcdn.com

Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Namun umumnya, kepribadian dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ekstrovert dan introvert.

Ekstrovert adalah mereka yang menyukai keramaian dan senang berinteraksi dengan orang lain. Dalam kelompok, seorang ekstrovert akan sangat mudah dikenali karena mereka tidak takut menonjolkan diri.

Berbeda dengan introvert. Orang dengan kepribadian ini lebih nyaman menyendiri. Mereka pun tidak banyak bicara dan lebih suka menganalisis sekitar ketika berada dalam kelompok.

Nah, kecenderungan kepribadian sudah mulai terlihat sejak anak-anak lho, Ma. Coba perhatikan anak Mama. Apakah ia seorang ekstrovert atau introvert?

Yang mana pun tidak masalah. Kedua kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Paling penting adalah memahami kelebihan dan kelemahan tersebut agar Mama bisa membimbing anak sesuai dengan kepribadiannya.

Sebagai langkah awal, kenali kelebihan-kelebihan yang hanya dimiliki anak introvert yuk, Ma. Berikut, Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama:

1. Seseorang yang mandiri

1. Seseorang mandiri
bookriot.com

Seperti yang telah disebutkan, seorang introvert lebih suka menyendiri. Mereka pun lebih memilih untuk mengerjakan segala sesuatunya sendiri.

Oleh karena itu, jangan heran jika anak Mama sudah berani pergi ke toilet sendiri ataupun lebih memilih bermain sendirian ya, Ma. Hal tersebut bukan berarti anak Mama pemalu ataupun tidak bisa berinteraksi dengan orang lain.

Hanya saja, memang sudah kepribadiannya untuk menjadi sesorang yang mandiri.

2. Pandai menganalisis situasi

2. Pandai menganalisis situasi
momlifetoday.com

Diam bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Ketika seorang introvert sedang berdiam diri, sebenarnya mereka senang menganalisis sekitarnya lho, Ma, seperti menganalisis cara temannya berbicara, kendaraan yang bergerak di jalanan, dan lain-lain.

Jika dibimbing dengan baik, tentu kelebihan ini akan menjadi kekuatan bagi anak. Seperti yang Mama ketahui, ada banyak profesi yang membutuhkan kemampuan analisis.

Kemampuan menganalisis situasi ini juga akan membantu anak untuk mengambil keputusan-keputusan yang tepat saat ia dewasa nanti.

Editors' Picks

3. Memiliki empati yang tinggi terhadap sekitar

3. Memiliki empati tinggi terhadap sekitar
pets4homes.co.uk

Apakah anak Mama mudah menangis ataupun bersedih ketika ada kejadian tidak menyenangkan yang terjadi di sekitarnya?

Hal tersebut bukan karena anak Mama cengeng. Seorang introvert memang memiliki empati yang tinggi terhadap sekitar sehingga ia sangat mudah merasakan perasaan orang lain di sekitarnya.

Nah, adalah tugas Mama untuk membimbing anak agar ia dapat mengendalikan empatinya tersebut.

4. Seorang pendengar yang baik

4. Seorang pendengar baik
babycentre.co.uk

Sesekali, cobalah perhatikan anak Mama ketika berinteraksi dengan teman-temannya.

Jika ia adalah seorang introvert, kemungkinan besar anak Mama akan banyak diam dan mendengarkan teman-temannya berbicara.

Nah, inilah salah satu kelebihan yang dimiliki anak introvert. Mereka adalah pendengar yang sangat baik.

Dengan kelebihan ini (ditambah empati yang ia miliki), seorang introvert pun lebih mudah memahami situasi lawan bicaranya.

5. Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan

5. Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan
youngparents.com.sg

Siapa bilang seorang introvert tidak bisa menjadi seorang pemimpin? Bahkan sebaliknya, seorang introvert memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang baik.

Pasalnya, seorang introvert mampu berpikir jernih dan tidak terburu-buru ketika mengambil keputusan.

Mereka akan mempertimbangkan hal-hal detail dan menganalisis baik-buruk maupun untung-rugi dari keputusan tersebut.

Bahkan, ada banyak pemimpin dunia yang memiliki kepribadian introvert lho, Ma, seperti Bill Gates, Abraham Lincoln, dan Mahatma Gandhi.

Itulah kelebihan-kelebihan yang hanya dimiliki oleh anak introvert. Apakah anak Mama memiliki salah satu atau semua kelebihan tersebut? Jika iya, bimbing anak agar ia bisa memaksimalkan kelebihan tersebut yuk!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.