Cari Tahu Gaya Parenting yang Mama Terapkan ke Anak Sesuai Zodiak

Apakah sudah sesuai dengan yang Mama lakukan biasanya?

15 Juli 2021

Cari Tahu Gaya Parenting Mama Terapkan ke Anak Sesuai Zodiak
Freepik/Prostooleh

Menjadi orangtua adalah salah satu hadiah yang luar biasa. Rasakan saja saat pertama kali melihat anak mama lahir, pasti Mama tersenyum dan menangis haru.

Namun pada saat yang bersamaan, Mama pun diberi tantangan untuk mengasuh dan membesarkan si Kecil.

Setiap orang pasti memiliki gaya pola asuh masing-masing. Namun, ternyata pola asuh dapat bergantung dengan waktu Mama dilahirkan lho, alias sesuai dengan zodiak. Setiap zodiak memiliki karakteristik dan gaya pengasuhan yang berbeda-beda. 

Untuk itu, berikut ini Popmama.com telah merangkum gaya pengasuhan berdasarkan 12 zodiak. Simak yuk, apakah gaya parenting yang Mama terapkan ke anak sudah sesuai dengan zodiak mama?

1. Aries (21 Maret-19 April): Menanamkan ambisi pada anak

1. Aries (21 Maret-19 April) Menanamkan ambisi anak
Freepik/Gpointstudio

Mama dengan zodiak Aries cenderung berambisi terhadap si Anak. Mama mungkin memiliki bayak rencana baik yang harus dilakukan olehnya. Hal tersebut demi kesuksesan di masa depan. 

Namun, perlu diingat, walaupun Mama sudah merencanakan hal baik untuk anak, Mama juga perlu memberinya kebebasan untuk memilih masa depannya. 

Hal lain yang tak kalah penting yakni tak hanya berambisi dan menuntut ini itu pada anak, Mama pun harus mencontohkan perilaku yang Mama ingin lihat dari anak. 

Misalnya, Mama ingin sang anak rajin belajar tidak terlalu banyak bermain gadget. Maka, Mama pun harus melakukan hal yang sama, jangan terlalu sering menggunakan gadget dan kerjakan pekerjaan Mama. Jika ternyata tugas dan tanggung jawab Mama sudah selesai, Mama dapat menemani anak untuk belajar dan bermain permainan fisik. 

2. Taurus (20 April-20 Mei): Menanamkan kepercayaan diri pada anak 

2. Taurus (20 April-20 Mei) Menanamkan kepercayaan diri anak 
Freepik/Jcomp

Mama dengan zodiak Taurus penuh cinta dan kasih sayang terhadap anak-anak. 

Mama pun akan memberi anak-anak semua keamanan dan kebahagiaan yang mereka inginkan dari Mama. Hal-hal tersebut membuat anak akan belajar untuk menghargai diri mereka sendiri dan membela hal-hal yang mereka rasa benar. 

Hal tersebut memunculkan rasa percaya diri pada anak. 
 

3. Gemini (21 Mei-20 Juni): Ingin anak memiliki kemampuan sosialisasi

3. Gemini (21 Mei-20 Juni) Ingin anak memiliki kemampuan sosialisasi
Freepik/Master1305

Mama dengan zodiak Gemini hebat dalam berbicara, memberi nasihat dan bersosialisasi. Keterampilan tersebut membuat mama ingin menurunkannya ke pada anak. 

Maka dari itu, hal tersebut dapat mama salurkan dengan terus berinteraksi dengan anak. Mengajak ia mengobrol, bertukar cerita, memberinya nasihat dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, anak akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dan menjadi sosok yang mudah bersosialisasi seperti Mama. 

Untuk melatihnya berbicara dengan orang lain, Mama dapat mengajak anak bertemu dengan temannya dan biarkan mereka membangun obrolannya sendiri. Atau bisa juga bertemu dan bercengkerama dengan teman Mama agar pemikiran anak lebih terbuka dan nantinya bisa berbaur dengan orang-orang dari kalangan manapun 

4. Cancer (21 Juni- 21 Juli): Akan meluangkan banyak waktu untuk anak

4. Cancer (21 Juni- 21 Juli) Akan meluangkan banyak waktu anak
Freepik/Rawpixel-com

Mama yang memiliki zodiak Cancer pandai membantu anak mengelola ledakan emosinya. Hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan banyak waktu berkualitas untuk anak. 

Mama Cancerian biasanya menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan segala keluhan dan kesedihan sang anak. Ia pun akan menemani dan membimbing anak kapan saja bahkan di saat tersulit sekalipun.

5. Leo (22 Juli-22 Agustus): Memberikan segala kebebasan untuk anak

5. Leo (22 Juli-22 Agustus) Memberikan segala kebebasan anak
Freepik/Jcomp

Mama dengan zodiak Leo akan membebaskan anak dan menikmati kehidupan sepenuhnya dengan anak-anak. Hal tersebut merupakan cara Mama menyalurkan rasa kasih sayang kepada anak. Bahkan, demi membahagiakan anak, Mama rela menuruti semua kemauan anak.

Namun, ada kalanya Mama tidak menuruti segala keinginan anak. Sebab, jika selalu menuruti keinginan anak, ada beberapa dampak negatif yang akan muncul seperti menjadi lebih temperamen, kurang memiliki daya saing, cenderung malas dan manja dan lain sebagainya.

Agar lebih menantang dan melatih anak untuk bekerja keras, Mama dapat mewujudkan keinginannya dengan memintanya membantu mama. Misalnya, merapikan tempat tidurnya sendiri, merapikan mainannya atau hal lainnya. 

Dengan begitu, ada usaha yang dilakukan oleh anak untuk mencapai apa yang diinginkan. 

Editors' Picks

6. Virgo (23 Agustus-22 September): Menginginkan anak yang perfeksionis

6. Virgo (23 Agustus-22 September) Menginginkan anak perfeksionis
Freepik/peoplecreations

Mama dengan zodiak Virgo biasanya adalah seseorang yang perfeksionis. Maka dari itu, ia menginginkan sang anak memiliki jiwa perfeksionis seperti dirinya.

Namun, dibalik keinginan tersebut, Mama merupakan sosok yang penuh cinta dan kasih sayang tanpa pamrih untuk anak-anak. Selain itu, Mama pun kerap menghargai pendapat mereka. 

Tindakan-tindakan Mama tersebut membuat anak-anak belajar. Mereka belajar cara melakukan tugas sehari-hari & manajemen waktu.

Tetap semangat memberikan contoh pada anak ya, Ma!

7. Libra (23 September-22 Oktober): Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak 

7. Libra (23 September-22 Oktober) Memberikan pendidikan terbaik anak 
Freepik/prostooleh

Mama membiarkan anak-anak melakukan semua yang mereka inginkan dan membelikan semua jenis mainan yang mereka mau. Disamping itu, Mama ingin memberi anak-anak pendidikan terbaik.

Dalam mengasuh anak, Mama dengan zodiak Libra ini merupakan sosok yang sangat lembut dan lunak terhadap anak-anak. 

8. Scorpio (23 Oktober-21 November): Ingin menjadikan anak sosok yang mandiri

8. Scorpio (23 Oktober-21 November) Ingin menjadikan anak sosok mandiri
Pexels/Cotton Bro

Mama dengan zodiak Scorpio mendidik anak menjadi sosok yang mandiri. Dengan begitu, Mama membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri sehingga nantinya anak menjadi seseorang yang percaya diri dan kuat. 

Walau demikian, terkadang anak membutuhkan bantuan orangtua dalam menyelesaikan masalahnya. Jadi, coba sesekali Mama tanya kepadanya, apakah memiliki kesulitan? Apa yang sekiranya dapat Mama bantu? atau pertanyaan lainnya.

9. Sagitarius (22 November-20 Desember): Ingin anak memiliki jiwa petualang

9. Sagitarius (22 November-20 Desember) Ingin anak memiliki jiwa petualang
Pexels/Josh Willink

Mama ingin anak mewarisi jiwa petualang Mama. Maka, tak jarang Mama mengajak anak melakukan berbagai macam perjalanan. Hal tersebut guna membuat anak melihat tentang alam dan keadaan di luar.

Selain itu, Mamam pun menganggap sebuah perjalanan dapat menjadi pembelajaran untuk anak. Sebab, dengan mengajak anak berpetualang ke luar maka mereka cenderung berpikir lebih out of the box karena memiliki lebih banyak pengetahuan luar daripada anak-anak lain.

10. Capricorn (20 Desember-19 Januari): Menjadikan anak seorang yang berkualiitas 

10. Capricorn (20 Desember-19 Januari) Menjadikan anak seorang berkualiitas 
Freepik/creativeart

Dalam mendidik anak, Mama lebih memberi mereka contoh praktis. Mama juga tak akan memberi segala hal untuk anak secara cuma-cuma. Hal tersebut Mama lakukan karena ingin anak-anak belajar dan berlatih agar menjadi seseorang yang berkualitas dengan memahami nilai-nilai kehidupan yang lebih tinggi.

11. Aquarius (20 Januari-17 Februari): Menjadikan anak sebagai teman 

11. Aquarius (20 Januari-17 Februari) Menjadikan anak sebagai teman 
Freepik/Master1305

Mama akan menjadi teman berbagi yang baik untuk anak-anak. Mama mungkin akan bercerita tentang kisah masa kecil Mama ataupun masa remaja, tetapi mungkin Mama tidak mengungkapkan banyak.

Hal tersebut Mama lakukan agar anak pun berbagi tentang dirinya kepada Mama.

12. Pisces (18 Februari-19 Maret): Sangat peduli dengan anak 

12. Pisces (18 Februari-19 Maret) Sangat peduli anak 
Freepik/Pch.vector

Mama dengan zodiak Pisces sangat peduli dengan anak-anaknya. Mama dapat memahami perasaan anak bahkan sebelum anak bercerita. Selain itu, rasa kepedulian Mama pun tercurahkan dengan cara mengurus segala kebutuhan anak.

Dengan kepedulian yang tercurahkan, Mama harapkan anak-anak menunjukkan kemampuan kreatifitasnya semaksimal mungkin. 

Gaya parenting tersebut tidak salah, lho!

Namun, tak alangkah baiknya jika Mama mengajak anak untuk bersama-sama memenuhi kebutuhannya. Misalnya, anak ingin menggambar. Ajak anak untuk menyiapkan peralatan lukis, sekaligus ajak anak untuk membersihkan peralatan melukis bersama saat sudah selesai.

Nah, itulah pola asuh atau gaya parenting berdasarkan zodiak mama. Apakah sama seperti yang Mama lakukan saat ini? Bagaimana pun parenting yang Mama lakukan pasti itu terbaik untuk anak. Semoga Mama tetap menjadi sosok hebat untuk anak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.