5 Pesan Positif dari Popi dan Mama, Dengar Nasihat Mama Hari Ini Yuk!

Tingkatkan keimanan dan pengetahuan anak tentang agama dengan melihat keseharian Popi dan Mama

17 April 2022

5 Pesan Positif dari Popi Mama, Dengar Nasihat Mama Hari Ini Yuk
Youtube.com/POPMAMA

Di kala bulan Ramadan, Mama bisa mengajak anak-anak untuk melakukan berbagai aktivitas positif agar waktu berpuasa tak terasa lama dan membosankan. Contohnya menonton film animasi anak. 

Selain menghibur, film animasi anak-anak memiliki banyak pesan positif yang bisa diambil dan dipelajari oleh anak-anak.

Jika Mama dan anak tidak terlalu suka menonton animasi yang terlalu panjang, Popmama.com hadir dengan menyajikan video "Nasihat Mama Hari Ini" melalui akun YouTube Official POPMAMA. 

Dengan durasi 2 menit 58 detik, Mama dan anak-anak bisa mendapat banyak pesan positif dari Popi dan mamanya. Penasaran dengan isi pesannya? 

Simak beberapa informasi berikut ini, yuk! Semoga pembelajaran dan pesan positif dalam video Popi dan Mama bisa diterapkan oleh si Kecil ya.

1. Mengajarkan dan melatih kesabaran anak

1. Mengajarkan melatih kesabaran anak
Freepik/yanalya

Pesan positif pertama yang bisa Mama dan si Kecil dapatkan yakni tentang belajar bersabar. Dalam video "Nasihat Mama Hari Ini", Popi terlihat sangat hebat, ia sudah berhasil menjalankan puasa Ramadan satu hari penuh.

Namun, Popi masih sering tidak sabar untuk makan dan minum nih, Ma. Buktinya, saat siang tiba ia suka masuk ke dapur. Ia ingin cepat-cepat berbuka puasa. Padahal, waktu menuju azan Maghrib masih beberapa jam lagi.

"Emmm, buka puasanya masih lama," keluh Popi.

"Masih beberapa jam lagi kok, sabar dulu ya sayang," ucap Mama menenangkan sang buah hati. 

Dari perilaku Popi, Mama bisa mengajak anak-anak untuk lebih bersabar jika menginginkan sesuatu. Sebab, tidak semua hal yang diinginkan bisa dilakukan dan didapat saat itu juga. 

Perilaku sabar ini sangat penting diajarkan pada anak sedini mungkin untuk membentuk karakter baik pada si Anak. Jika karakter ini tak ditanamkan sejak dini, bisa jadi anak mama akan tumbuh sebagai seseorang yang selalu menuntut dan mudah marah. 

Untuk itu, jangan lupa ajarkan anak sabar ya, Ma!

Editors' Picks

2. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak

2. Meningkatkan keimanan ketakwaan anak
Popmama.com/Novy Agrina

Keimanan dan ketakwaan dalam diri anak juga perlu ditanamkan sejak dini. Supaya ia mengenal dan mempercayai adanya Allah SWT. Mama bisa mengajarkan iman dan takwa melalui video ini. 

Di dalam video, Popi terlihat menjalankan ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT yakni puasa Ramadan. Perilaku ini mencerminkan bahwa Popi adalah anak yang beriman dan bertakwa, ia yakin terhadap keberadaan Allah SWT dan menjalankan segala hal yang diperintahkan oleh Allah.

"Jika sudah semangat ibadahnya, rajin puasanya, rajin salatnya, pasti nanti Allah berikan rezeki untuk kita," tutur Mama pada Popi.

3. Belajar menghindari perbuatan yang tidak terpuji

3. Belajar menghindari perbuatan tidak terpuji
Popmama.com/Novy Agrina

Dalam video animasi ini, mama Popi tak pernah berhenti menanamkan ilmu-ilmu agama untuk buah hatinya. Buktinya, bukan hanya mengajak anak berpuasa, Mama juga mengajarkan Popi untuk menahan hawa nafsu dari perbuatan buruk yang dilarang oleh Allah SWT.

"Selama menjalankan puasa, setiap orang berlatih untuk menjaga kualitas puasanya dengan berhati-hati. Jadi perbuatan yang dapat menghilangkan pahala puasa harus kita hindari," pesan Mama pada Popi.

4. Mengajarkan anak mengisi waktu luang dengan hal-hal positif

4. Mengajarkan anak mengisi waktu luang hal-hal positif
Freepik/jcomp

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Di mana Allah memberikan pahala yang berlipat ganda untuk seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah dan perintah-Nya. 

Maka dari itu, selain mengingatkan Popi untuk menjauhi perbuatan buruk, Mama juga mengajak Popi untuk melakukan perbuatan baik di sela-sela waktu luang. Dengan melakukan perbuatan baik, maka tak ada lagi waktu untuk kita berbuat maksiat. 

"Kamu perlu tahu, selama bulan Ramadan, biasanya umat Islam semakin betah beramal ibadah," ucap Mama pada Popi. 

5. Mengajarkan anak tidak menunda pekerjaan

Tak sedikit manusia yang suka menanti-nanti pekerjaan, baik itu urusan dunia maupun urusan akhirat. Maka dari itu, melalui animasi ini, kita diingatkan kembali agar tak menunda pekerjaan. 

Dalam video, terlihat Popi yang menunda-nunda salat Zuhur walaupun sudah disuruh oleh sang Mama. Perilaku ini tidak baik, Ma.  Mama bisa mengajarkan dan memberitahu si Kecil jika perbuatan Popi itu tidak boleh dicontoh. 

"Kurangi mengulur waktu, gunakan waktu kamu untuk hal yang baik. Yuk biasakan salat diawal waktu!" pesan Mama untuk Popi

Nah itulah beberapa pelajaran yang bisa diambil dari video "Nasihat Mama Hari Ini". Semoga semua semua perilaku di atas dapat diterapkan semua oleh anak mama dan membuatnya tumbuh menjadi seseorang yang baik dan positif. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk