TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pesan Syekh Ali Jaber: Baca Doa Ini Usai Salat agar Masuk Surga

Ajarkan anak untuk rutin melakukan ini dengan meluangkan sedikit waktu untuk mengejar surga

19 Maret 2022

Pesan Syekh Ali Jaber Baca Doa Ini Usai Salat agar Masuk Surga
Unsplash/rumanamin

Agar dipermudah segala urusan dan mendapat ridho Allah SWT, umat muslim lebih disarankan untuk berdoa melakukan sesuatu dan setelah melaksanakan salat.

Usai salat sangat dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi. Karena, membaca Ayat Kursi merupakan salah satu amalan dengan manfaat yang begitu dahsyat bagi yang mengamalkannya secara rutin.

Membaca Ayat Kursi perlu dibarengi dengan berzikir guna mempermudah segala urusan dunia dan akhirat.

Menurut Syekh Ali Jaber, membaca Ayat Kursi setelah salat akan ada jaminan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT dengan mengamalkan Alquran, bahkan pahalanya dihitung berlipat ganda.

"Ini kalamullah (perkataan Allah SWT) bukan kalam manusia. Satu-satunya amalan yang dapat dihitung dari per huruf adalah Alquran.
Semua ibadah tidak dihitung dari huruf, tetapi dari amal. Akan tetapi, Alquran setiap satu huruf ditemukan 10. Jangan lupa. sampai tertinggal baca ayat kursi setiap salat fardhu Rasulullah SAW 'Siapa yang membaca Ayat Kursi habis salat dijamin masuk surga.'” kata Syekh Ali Jaber.

Berikut Popmama.com  rangkum bacaan Ayat Kursi setelah solat agar masuk surga dan ketahui keutamaannya. Yuk, pada anak mama!

Editors' Picks

1. Bacaan Ayat Kursi, tulisan arab dan latin

1. Bacaan Ayat Kursi, tulisan arab latin
Pixabay/15329403

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat dalam Alquran yang mengandung banyak keutamaan. Bacaan Ayat Kursi terdapat pada juz ketiga, surat Al Baqarah ayat ke-255.

Berikut adalah bacaan Ayat Kursi beserta artinya.

الله لآ اله الا هو الحي القيوم ە لا تأخذه سنة ولا نوم له ما فى السموت وما فى الارض من ذا الذي يشفع عنده الا باذنه يعلم ما بين ايديهم وما خلفهم ولا يحيطون بشيء من علمه الا بما شاء وسع كرسيه السموت والارض ولا يوده حفظهما وهو اللِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta khuzuhu sinatuw wa la na um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi 'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai' im min ilmihi illa bima sya, wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ardh, wa la ya'uduhu hifzuhuma, wa huwal-aliyyul-azim.

2. Terjemahan Ayat Kursi

Arti Ayat Kursi:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak ada dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang membayangkan-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa menjaga keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

3. Keutamaan Ayat Kursi

3. Keutamaan Ayat Kursi
iqra.id

Selain jaminan masuk surga dan pahala berlipat ganda, Ayat Kursi mengandung banyak keistimewaan dan keutamaan. Berikut adalah keutamaan Ayat Kursi yang sayang dilewatkan bersama umat muslim.

1. Ayat kursi merupakan doa mustajabah. Artinya, barang siapa yang membaca ayat ini kemudian berdoa, maka doanya akan dikabulkan Allah SWT.

Sebagaimana yang tercantun dalam hadis berikut yang artinya:

“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibacakan dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat. Yaitu surat Al Baqarah, surat Al Imran, dan Surat Thaha.” (HR.Ibnu Majah)

2. Bagi yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali sehari, Allah SWT akan membukakan pintu hikmah, derajatnya, dan dimudahkan rezekinya, baik di dunia maupun akhirat. Selain itu, Allah SWT akan menjaga orang-orang tersebut dari segala bencana yang akan menimpanya pada hari itu.

3. Umat muslim akan diberkahi, dijauhkan dari kesulitan, disingkirkan dari bencana, dan reaksi dengan cepat apabila membaca dan mengamalkan Ayat Kursi. Hal tersebut sesuai dengan hadist HR. Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghozali yang artinya:

“Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, mendatangkan bencana dan menemukan lebih cepat daripada ayat kursi.” (HR.Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Gozhali)

4. Ayat Kursi merupakan surat yang paling unggul, paling tinggi, dan sebagai penghulu ayat-ayat Alquran. Dengan demikian, barang siapa yang membaca Ayat Kursi, Allah SWT akan menjaganya dari gangguan setan.

5. Allah SWT akan mempermudah segala hajat atau keinginan agar dipermudah segala urusannya. Selain itu, umat muslim yang membaca Ayat Kursi dan mengamalkannya akan memperoleh kemenangan serta membuka pintu kemudahan.

6. Jika dalam kesulitan, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi umat muslim yang membaca Ayat Kursi. Tidak hanya itu, umat muslim juga akan dilindungi dan dibebaskan dari segala hal yang tidak diinginkan. 

Hal tersebut sudah tertera jelas dalam hadist berikut.

"Apabila engkau pergi mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi hari, Allah SWT akan menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR.Bukhori).

7. Bagi umat muslim yang membaca dan mengamalkan Ayat Kursi, Allah SWT akan memudahkan sakaratul mautnya dan akan ada sesuatu yang diinginkan, seperti yang tidak ada menjadi ada.

8. Sebagai ayat yang paling agung dan mengandung izmul azham, Allah SWT akan mengabulkan segala doa dalam memenuhi kebutuhan hidup atau hajat bagi umat yang membaca Ayat Kursi dan mengamalkannya.

9. Umat muslim yang mengamalkan Ayat Kursi, semua akan dihapus oleh Allah SWT. Selain itu, Allah SWT juga akan mengutus para malaikat untuk mencatat segala kebaikan umatnya.

10. Umat muslim yang rutin membaca dan mengamalkan Ayat Kursi setelah salat fardhu akan mendapatkan pahala mati syahid. Tertulis dalam hadist HR. Hakim yang artinya:

"Barang siapa membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, maka yang akan nyawanya sendiri adalah bagaikan orang yang membaca bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid." (HR.Hakim)

11. Karena membaca dan mengamalkan Ayat Kursi, Allah SWT akan memudahkan umat muslim mendapat jodoh yang baik dan saleh bagi mereka yang belum menikah. 

12. Allah SWT akan menghapus semua kekafiran bagi umat muslim yang rutin membaca dan mengamalkan Ayat Kursi.

Itu dia pesan dari Syekh Ali Jaber. Jangan lupa untuk baca Ayat Kursi usai salat agar masuk surga ya, Ma. Ajarkan pula hal ini kepada anak mama. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk