9 Cara Membuat Anak Miliki Tubuh Fit Sejak Kecil

Ma, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bantu anak miliki tubuh yang fit

26 Januari 2022

9 Cara Membuat Anak Miliki Tubuh Fit Sejak Kecil
Pexels/Alex Green

Orangtua mana yang tidak senang ketika anaknya memiliki tubuh yang sehat. Berbagai cara pastinya dilakukan oleh para orangtua agar anak dapat tumbuh dengan baik dan miliki tubuh fit sejak kecil.

Orangtua memiliki pengaruh yang besar lho, Ma untuk membantu anak agar tubuhnya tetap fit. Terkadang di usia tertentu, anak suka bermain dan mengonsumsi sesuatu berlebihan tanpa tahu bagaimana dampaknya nanti.

Di sinilah peran orangtua diperlukan untuk bisa mengontrol dan membiasakan kegiatan ataupun kebiasaan untuk menjaga tubuh anak agar tetap fit.

belajar membiasakan dan mengenalkan pada anak apa yang harus mereka lakukan dan apa yang perlu dikonsumsi untuk kebutuhan tubuhnya. 

Mama tidak perlu bingung, ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara membuat anak agar memiliki tubuh fit sejak kecil.

Langsung simak saja yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini. 

1. Berilah anak beragam makanan 

1. Berilah anak beragam makanan 
Pexels/Anna Shvets

Tubuh yang fit berawal dari jenis makanan apa yang dimakan, karena dari makanan itulah anak bisa mendapat nutrisi yang baik. 

Seperti orang dewasa yang sudah memiliki makanan favorit, anakpun begitu, Ma. Namun bukan berarti Mama memberikan semua jenis makanan yang disuka, pilihlah makanan yang baik. 

Memberikan beragam makanan tujuannya memungkinkan anak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan anak. Misalnya saja beragam jenis sayuran hijau untuk diberikan pada anak. 

Mama bisa mengenalkan makanan beragam tersebut saat jadwal makan anak, sehingga anak bisa mengenalnya sebagai kebutuhan pokok untuk nutrisi tubuhnya. 

2. Berikan anak air dan susu yang cukup 

2. Berikan anak air susu cukup 
Pexels/samer daboul

Tidak sedikit anak yang menyukai susu ya, Ma. Apalagi jika susu yang mereka minum memiliki beragam rasa favoritnya. Tidak hanya susu, anakpun harus tetap terjaga cairannya tubuhnya dengan minum air yang cukup. 

Dengan kebutuhan air dan susu yang cukup, bukan tidak mungkin anak miliki tubuh yang fit sejak kecil.

Dilansir dari laman kidshealth.org, anak-anak membutuhkan kalsium untuk membangun tulang yang kuat, dan susu merupakan sumber mineral untuk itu. 

Anak dengan usia 4-8 tahun setidaknya memerlukan dua gelas susu setiap harinya, sedangkan untuk anak usia 9 tahun ke atas mereka membutuhkan tiga gelas susu setiap harinya. 

3. Perhatikan kebiasaan makan anak

3. Perhatikan kebiasaan makan anak
Pexels/Alex Green

Ma, kadang anak suka sekali ngemil tanpa henti, atau makan yang berlebihan. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri ketika anak gemar makan, maka orangtua akan senang.

Ketika anak memiliki kebiasaan seperti ini, Mama perlu memerhatikannya. Makan terlalu banyak dapat membuat anak merasa tidak nyaman serta dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Sehingga orangtua perlu untuk memberi jeda pada anak ketika mereka tidak bisa berhenti makan dan mengemil. Hal ini juga untuk menjauhkan anak dari ancaman diabetes dini.

Editors' Picks

4. Membatasi anak menggunakan gadget

4. Membatasi anak menggunakan gadget
Pexels/Amina Filkins

Saat ini zaman sudah digital, tidak sedikit anak yang dibolehkan orangtuanya menggunakan gadget. Tanpa sadar, penggunaan gadget yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan anak. 

Anak yang dibiarkan menghabiskan waktu berlama-lama menatap layar gadget akan mengikis waktu anak untuk hal-hal aktif lainnya. Akhirnya anak terlalu nyaman hingga malas untuk gerak. 

Mama perlu mengambil tindakan jika ingin si Kecil miliki tubuh fit dengan kegiatan-kegiatan aktif lainnya. 

Biasakan anak untuk tidak lebih dari 2 jam sehari menghabiskan waktu bermain gadget. Tentunya ini di luar dari kegiatan sekolah anak jika menggunakan komputer dan lain-lain. 

5. Ajak anak melakukan aktivitas fisik

5. Ajak anak melakukan aktivitas fisik
Pexels/Yulianto Poitier

Anak akan mencontoh kegiatan yang dilakukan orangtuanya. Mereka akan meniru hal-hal kecil yang mereka lihat. Nah, ini bisa menjadi kesempatan Mama untuk mengenalkan kegiatan positif pada mereka. 

Selain makanan sehat, aktivitas fisik bersama keluarga juga penting untuk anak, Ma. Mama bisa ajak si Kecil untuk lari-lari kecil di halaman rumah atau kompleks rumah. 

Kenalkan olahraga sederhana yang bisa membuat badan anak gerak. Namun jangan dipaksa, jika mereka sudah lelah, Mama boleh berhenti dan melanjutkannya lain kali. 

6. Berikan imunisasi pada anak

6. Berikan imunisasi anak
Pexels/CDC

Biasanya, anak akan takut jika dibawa ke dokter untuk memeriksakan kesehatan mereka. Tapi, hal ini justru harus dikenalkan pada anak supaya mereka bisa mengerti kesehatan tubuhnya yang harus dijaga. 

Rutin memeriksakan anak ke dokter dianggap penting supaya Mama bisa mengetahui lebih dini jika ada penyakit tertentu ataupun vitamin yang dibutuhkan anak. 

Mama bisa berikan imunisasi dan vaksin pada anak agar mereka terlindungi dari berbagai virus ataupun bakteri yang dapat menyerang tubuh kapan saja. 

Pastikan sejak kecil anak sudah mendapatkan imunisasi dasar yang sudah dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

7. Biasakan anak tidur tepat waktu

7. Biasakan anak tidur tepat waktu
Pexels/Cottonbro

Tidur menjadi salah satu hal penting untuk menjaga badan manusia agar tetap fit, karena saat tidur, maka tubuh akan beristirahat. Anak-anak yang kurang tidur, biasanya akan lebih rentan terhadap kuman dan juga virus. 

Ajarkan anak untuk tidur tepat waktu agar tubuh mereka tetap fit. Jika anak sudah dikenalkan pola tidur yang baik sejak dini, maka mereka akan terbiasa. Hal ini bisa dimulai dari orangtua yang mencontohkannya. 

8. Jangan biarkan anak stres

8. Jangan biarkan anak stres
Pexels/Pixabay

Tubuh yang fit ada kaitannya dengan kesehatan emosional. Walaupun anak masih kecil, sebagai orangtua juga perlu lho, Ma untuk memahami emosional mereka. 

Kesehatan emosional yang buruk akan berdampak pada tubuh serta melemahkan sistem kekebalan tubuh. Anak nantinya bisa saja terkena flu atau penyakit lainnya karena tubuhnya sedang rentan. 

Apa yang bisa Mama lakukan? Pahami dan kenali bagaimana perasaannya. Bila perlu rajinlah bertanya saat mereka terlihat diam ataupun murung.

Beri si Kecil ruang untuk dapat menyampaikan ataupun merasakan emosi mereka. Ketika orangtua bertanya, anak akan merasakan keberadaan orangtua yang bisa menjadi sandaran bagi mereka. 

9. Ajarkan anak untuk rajin mencuci tangan

9. Ajarkan anak rajin mencuci tangan
Pexels/Olya Kobruseva

Kita tahu bahwa mencuci tangan merupakan cara sederhana untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit. Mama bisa ajarkan anak untuk terbiasa mencuci tangan mereka sejak dini. 

Misalnya saja beritahu pada anak untuk selalu cuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan. Karena tidak dapat dipungkiri dari tanganlah kuman dapat berkembang.

Selain untuk menjaga kesehatannya sendiri, anak juga akan belajar untuk tidak menyebarkan penyakit ke orang lain melalui rajin bercuci tangan. 

Demikianlah cara membuat anak memiliki tubuh fit sejak kecil yang bisa Mama lakukan. Semoga informasi ini dapat membantu Mama dan si Kecil ya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk