5 Manfaat Daun Miana untuk Kesehatan Anak

Daun ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di rumah, Ma!

15 Juni 2022

5 Manfaat Daun Miana Kesehatan Anak
Popmama.com/Novy Agrina

Mama mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman bernama miana. Ya, tanaman berdaun warna-warni yang indah nan menarik sehingga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. 

Namun, tidak hanya berfungsi sebagai penambah keindahan rumah. Ternyata, daun miana tersebut memiliki manfaat luar biasa untuk menyembuhkan beragam masalah kesehatan pada tubuh anak, Ma. 

Misalnya, dapat membantu turunkan demam, mengobati bisul, hingga meredakan gejala batuk.

Berikut Popmama.com merangkum manfaat daun miana untuk anak yang perlu diketahui.

1. Menurunkan demam pada anak

1. Menurunkan demam anak
Pixabay/Victoria_Borodinova

Demam termasuk gangguan kesehatan yang cukup sering dialami anak. Meskipun demam tersebut normal karena merupakan respon tubuh anak dalam melawan infeksi virus, tetapi orangtua perlu sigap dalam mengatasinya. Hal ini karena anak yang demam biasanya merasa tidak nyaman dalam beraktivitas.

Tidak harus obat-obatan, Mama mungkin bisa menggunakan ramuan alami untuk mengatasi demam. Salah satunya dengan memberikan ramuan daun miana.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Ma. Hanya perlu merebus beberapa lembar daun beserta batang daun miana dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan menyusut kira-kira hingga 2 gelas.

Setelah air rebusan dingin, arahkan anak untuk meminumnya sebanyak setengah gelas saja agar suhu tubuhnya kembali normal.  

Editors' Picks

2. Mengobati bisul si Kecil

2. Mengobati bisul si Kecil
Pixabay/Vagner-Xaruto

Bisul pada anak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri di bagian kulit. Meski awalnya hanya berupa benjolan kecil biasa, tetapi bisul dapat membesar hingga menyebabkan rasa nyeri yang menggangu kenyamanan anak. 

Apabila sudah begitu, Mama sebaiknya segera mengobati bisul agar anak dapat bergerak kembali dengan tenang. Dalam mengatasinya, Mama mungkin dapat memanfaatkan daun miana. 

Caranya, ambil 1 atau 2 lembar daun miana. Cuci daun miana hingga bersih dan keringkan. Setelah itu, panaskan daun miana secara hati-hati di atas api, tetapi jangan sampai gosong. Tempel atau kompreskan daun miana di bagian bisul saat dalam keadaan hangat. 

3. Meredakan gejala batuk

3. Meredakan gejala batuk
Pexels/Gustavo Fring

Mama mungkin menganggap batuk sebagai gangguan kesehatan yang wajar sehingga sering dibiarkan begitu saja. Dengan harapan, batuk akan sembuh sendiri. 

Padahal, batuk dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Hal ini karena batuk bisa memengaruhi pernafasan, mengubah suara, nyeri tenggorokan, hingga menganggu aktivitas makan dan minum anak mama.  

Salah satu cara alami yang mungkin dapat dicoba untuk meredakan gejala batuk pada anak, yaitu menggunakan daun miana. Mama bisa merebus beberapa helai daun miana dan memberikannya untuk diminum si Kecil. Ramuan herbal daun miana dapat bantu mengeluarkan dahak saat anak batuk. 

4. Mengatasi masalah pencernaan

4. Mengatasi masalah pencernaan
Pixabay/mohamed_hassan

Ketika anak merasakan sakit perut karena adanya masalah pada pencernaan, Mama mungkin dapat memberikan ramuan dari daun miana untuk dikonsumsi.

Caranya cukup mudah, hanya perlu beberapa lembar daun miana yang telah dicuci bersih. Kemudian, rebus dengan air hingga mendidih.

Biarkan anak meminum air rebusan daun miana tersebut dengan rutin hingga pencernaannya membaik. 

5. Meredakan mata yang merah

5. Meredakan mata merah
Pixabay/agnesliinnea

Tidak harus menggunakan obat tetes mata, anak yang mengalami mata merah dapat diatasi dengan obat tradisional, lho. Mama mungkin dapat memanfaatkan daun miana sebagai pereda mata merah akibat iritasi pada anak.

Ambillah beberapa helai daun miana dan cuci hingga bersih. Kompreskan duan miana yang masih basah tersebut di bagian mata merah. 

Itulah beberapa manfaat daun miana yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan anak. Namun, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakan daun miana karena bisa saja menimbulkan alergi, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk