TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Nama Buah dari Huruf L, Sebagian Jarang Diketahui

Beberapa buah berawalan huruf L memiliki kemiripan dengan buah lainnya

22 Juli 2022

10 Nama Buah dari Huruf L, Sebagian Jarang Diketahui
Pexels/Paveldanilyuk

Di dunia ini ada berbagai macam jenis buah. Buah-buat tersebut kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh si kecil. Setiap buah memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh, yang tentunya baik untuk kesehatan.

Saking banyaknya jenis buah yang ada, terkadang anak-anak sulit untuk membedakan buah-buah tersebut. Buah dapat dibedakan melalui warna, ukuran, dan abjad pertama dari buah itu sendiri.

Jika si kecil sudah bisa membedakan buah yang berawalan huruf A, yuk sekarang ajak si kecil untuk berkenalan dengan nama-nama buah yang berawalan huruf L.

Untuk menambah wawasan si kecil tentang nama-nama  buah, berikut Popmama.com berikan informasi mengenai nama buah dari huruf L. Yuk simak, sebagian jarang diketahui nih!

1. Lemon

1. Lemon
Pexels/lukas

Buah kuning asam yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga anak. Buah lemon berbentuk oval dengan warna kuning cerah. Lemon masih satu famili dengan tanaman jeruk, yang dikenal dengan citrun.

Walaupun rasanya asam, buah lemon kaya akan manfaat yang baik bagi anak. Buah lemon mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Selain itu, buah lemon juga mampu mendetoks tubuh dari racun-racun yang  ada di dalam tubuh.

2. Leci

2. Leci
Pexels/pixabay

Leci merupakan buah manis yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis. Buah leci memiliki kulit berwarna merah serta daging buah berwarna putih dengan rasa manis yang banyak disukai anak-anak.

Leci kerap dijadikan sebagai buah kalengan atau diolah menjadi berbagai macam minuman yang menyegarkan. Buah leci mengandung, vitamin C, vitamin B yang sangat baik bagi tubuh si kecil.

3. Labu

3. Labu
Pexels/markstebnicki

Beberapa orang berpendapat bahwa labu adalah sayur, namun pada dasarnya labu merupakan buah yang masuk dalam famili Squash (labu-labuan) dan famili Cucurbita (timun-timunan).

Labu yang sering dijumpai ada dua jenis, labu Siam yang biasa diolah menjadi sayur atau labu kuning yang kerap diolah menjadi minuman segar. Labu kuning kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh si keci, serta membantu dalam meningkatkan energi.

4. Limau

4. Limau
i.pinimg.com

Limau atau jeruk limau, merupakan salah satu jenis jeruk yang kerap dimanfaatkan masyarakat sebagai penyedap makanan.

Jeruk limau hampir mirip dengan jeruk purut dan jeruk nipis. Ketiganya sama-sama berbentuk bulat dan berwarna hijau.

Jeruk limau mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan. Jeruk ini kerap dijadikan sebagai perasaan sambal.

Editors' Picks

5. Lontar

5. Lontar
Freepik

Beberapa anak mungkin asing dengan buah yang satu ini. Buah lontar atau yang memiliki nama latin borrassus flabellifer, merupakan buah yang kerap tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Daging buah lontar berwarna putih dengan tekstur lembut, mirip seperti kolang-kaling. Buah lontar tinggi air, rendah lemak, serta kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

6. Lobi-lobi

6. Lobi-lobi
Pinterest/ecrater

Lobi-lobi merupakan buah merah kecil yang menyerupai buah ceri. Buah ini hanya dapat ditemukan dan tumbuh di wilayah beriklim tropis. Buah lobi-lobi memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Di beberapa daerah di Indonesia, lobi-lobi mempunyai nama tersendiri. Walau berukuran kecil, lobi-lobi kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan, misalnya untuk mengontrol gula darah, mengatasi diare, bahkan mampu memperbaiki mood

7. Loquat

7. Loquat
houstonchronicle.com

Buah loquat atau yang dikenal juga dengan buah biwa, merupakan buah berwarna kuning berbentuk bulat yang berasal dari China.

Buah loquat memiliki rasa manis dengan sedikit asam. Semakin matang buahnya maka akan semakin manis.

Buah loquat mampu menjaga metabolisme tubuh, serta mampu mencegah peradangan. Buah ini juga kaya akan vitamin serta antioksidan.

8. Langsat

8. Langsat
imgur.com

Beberapa anak mungkin sulit membedakan antara buah duku dengan buah Langsat.

Buah langsat memiliki rasa asam-asam manis, lebih asam daripada duku. Selain itu, buahnya juga bergetah tinggi dan kulitnya tipis.

Buah Langsat merupakan buah khas Maluku dan banyak tumbuh di wilayah tersebut. Buah Langsat bermanfaat untuk menjaga berat badan, mengontrol kadar kolesterol, serta menjaga kesehatan kulit.

9. Longan

9. Longan
Pinterest/ecrater

Dalam bahasa China, longan artinya mata naga. Buah longan memiliki daging buah berwarna putih bening serta biji hitam di dalamnya. Buah longan memiliki rupa yang mirip seperti duku.

Buah asal Asia Tenggara ini memiliki nama ilmiah dimocarpus longan. Buah longan mengandung kalsium, zat besi, fosfor, niacin, protein, serta vitamin A, B, dan C yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil. 

10. Limus

10. Limus
Pinterest/khasiatsehat

Buah Limus disebut juga dengan buah bacang. Buah ini memiliki rasa asam serta aroma yang kuat, layaknya buah mangga. Bahkan buah limus juga memiliki daging buah berwarna kuning serta kulit warna hijau, yang persis dengan mangga.

Buah Limus mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat dari buah ini, yaitu dapat mencegah anemia serta dapat menjaga kekebalan tubuh.

Nah, itu dia  nama-nama buah dari huruf L. Dari sepuluh buah di atas, buah mana yang jadi favorit Mama dan si kecil?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk