15 Buah yang Mengandung Vitamin B untuk Kesehatan Anak

Yuk, penuhi asupan vitamin B si Kecil dari buah-buahan yang disukainya Ma

1 Maret 2021

15 Buah Mengandung Vitamin B Kesehatan Anak
Freepik

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, Ma. Baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak.

Memiliki segudang manfaat kesehatan serta mampu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, buah lebih banyak digemari oleh anak-anak daripada sayur. Hal ini lantaran rasa buah yang manis dan menyegarkan.

Selain rasanya yang lezat, buah juga banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil lho! Salah satu vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan adalah vitamin B.

Vitamin B merupakan sumber nutrisi yang berperan penting bagi tubuh. Sebab vitamin B berfungsi melepaskan energi yang dihasilkan karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin B juga berfungsi membantu pembentukan sel darah merah, menjaga metabolisme sel, membentuk DNA dan RNA, merawat fungsi otak, hingga merawat fungsi saraf.

Banyak sekali kan, Ma, fungsi dari vitamin B itu sendiri. Untuk itu, sebagai orangtua kita perlu memenuhi asupan vitamin B harian si Kecil. Baik dengan sayur-sayuran, maupun buah-buahan.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum buah apa saja yang mengandung vitamin B dan baik untuk dikonsumsi anak-anak. Disimak informasi mengenai buah yang mengandung vitamin b untuk anak dan berikan pada si Kecil yuk, Ma!

1. Pisang

1. Pisang
Freepik/topntp26

Meski buah ini berwarna kuning dan identik dengan kandungan vitamin C di dalamnya, ternyata pisang juga mengandung vitamin B lho, Ma!

Setiap 100 gram buah pisang mengandung tak kurang dari 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2.

Kandungan vitamin B yang ada pada pisang menjadikan buah satu ini baik dikonsumsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh si Kecil, merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

2. Jeruk

2. Jeruk
Freepik

Sama dengan pisang, jeruk mungkin lebih identik dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Namun, jeruk juga ternyata menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin B, Ma. Khususnya vitamin B6.

Kandungan vitamin B6 pada jeruk ini mampu memenuhi 5 persen dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, jeruk dipercaya mampu merawat kesehatan kulit, hingga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

3. Mangga

3. Mangga
Freepik/Topntp26

Kadar vitamin B dalam setiap 100 gram mangga bisa mencapai 0,25 mg. Itulah mengapa buah satu ini bisa Mama jadikan alternatif yang tepat untuk diberikan kepada si Kecil.

Kandungan vitamin B pada buah mangga tentunya membuat buah satu ini memiliki beragam manfaat. Mulai dari penambah energi, merawat mata, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker sejak dini.

4. Nanas

4. Nanas
Pexels/Snapwire

Memiliki rasa yang menyegarkan, nanas juga menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin B di dalamnya, Ma. Sehingga ketika anak mengonsumsinya, maka tubuhnya akan menerima asupan vitamin B hariannya dari buah tersebut.

Mengandung vitamin B1 (thiamin), buah nanas memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan daya ingat pada otak. Sangat cocok diberikan untuk si Kecil yang baru memulai pendidikan awalnya, Ma.

5. Alpukat

5. Alpukat
Pixabay/Kjokkenutstyr

Alpukat juga menjadi salah satu jenis buah yang mengandung vitamin B, terlebih vitamin B5. Hal ini karena pada setiap 100 gram buah alpukat, terkandung sekitar 1,39 mg vitamin B5.

Selain vitamin B5, buah berwarna hijau ini juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2. Manfaat vitamin B yang terkandung pada alpukat diantaranya ialah membantu proses pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, dan mengoptimalkan fungsi otak anak.

6. Blueberry

6. Blueberry
Freepik

Buah beri satu ini juga menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin B di dalamnya, Ma. Dalam setiap 340 gram blueberry, terkandungan vitamin B6 sebanyak 5 persen dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan.

Tak hanya kandungan vitamin B6, blueberry juga mengandung 0,05 mg vitamin B1, dan 0,01 mg vitamin B2 yang semua kandungannya sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi otak, merawat kulit, memperkuat tulang, menjaga fungsi sistem pencernaan, hingga meminimalisir risiko penyakit jantung sejak dini.

Editors' Picks

7. Strawberry

7. Strawberry
Freepik/jcomp

Selain blueberry, buah beri lainnya yang mengandung vitamin B ialah strawberry. Buah berwarna merah ini bisa Mama berikan pada si Kecil karena kandungan vitamin di dalamnya yang baik untuk daya tahan tubuh agar ia tak rentan terserang berbagai penyakit, Ma.

8. Apel

8. Apel
Freepik/azerbaijan_stockers

Apel juga menjadi buah yang kaya akan vitamin B, Ma. Mulai dari B1, B2, B5, dan B6, buah yang identik dengan warna kulit merah ini bermanfaat untuk membantu produksi DNA, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan produksi hormon.

Buah apel juga baik untuk mengatur berat badan yang ideal nih, Ma. Jika si Kecil memiliki berat badan yang melebihi batas usianya, buah satu ini bisa dijadikan alternatif untuk menjaga berat badan si Kecil yang lebih seimbang.

9. Cherry

9. Cherry
Freepik/Xb100

Buah satu ini sering kita jumpai sebagai hiasan dalam kue karena warna merahnya yang cantik sebagai hiasan. Tah hanya untuk penghias kue saja, Ma, buah satu ini ternyata juga mengandung banyak vitamin B lho!

Dalam 100 gram buah cherry mengandung 0,2 mg vitamin B5, 6 mikrogram vitamin B9, 0,04 mg vitamin B2, dan 0,03 mg vitamin B1. Meski buahnya cukup kecil, ternyata manfaatnya cukup banyak bagi kesehatan anak.

Mulai dari menjaga daya ingat, penambah energi, membantu produksi sel darah merah, hingga membantu pembentukan hormon tubuh. 

10. Semangka

10. Semangka
Unsplash/rawpixel

Dikenal dengan buah yang kaya akan serat, buah semangka ternyata juga mengandung banyak vitamin, Ma. Salah satunya vitamin B yaitu B6. Vitamin B6 yang terkandung pada semangka mampu membantu menjaga fungsi otak anak sejak dini, serta membantu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh anak.

11. Melon

11. Melon
Pixabay/PublicDomainImages

Sama seperti semangka, melon juga dikenal sebagai buah kaya akan serat. Tetapi tak hanya itu, Ma, buah berwarna hijau ini ternyata juga bisa menjadi pilihan bagi si Kecil dalam mencukupi kebutuhan vitamin B yang diperlukan.

Sebab dalam satu potong buah melon, si Kecil sudah mendapat asupan sekitar 0,02 mg vitamin B1, 0,01 vitamin B2 (riboflavin), 14 mikrogram vitamin B9, 0,5 mg vitamin B6, dan 0,07 mg vitamin B5 yang mampu menjaga fungsi otak, membantu produksi hormon dan DNA, hingga meminimalisir penyakit kanker dan jantung sejak dini.

12. Anggur

12. Anggur
Freepik/jigsawstocker

Buah satu ini ternyata menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin B tinggi, Ma. Sebab dalam setiap 100 gram anggur menyimpan 3 mikrogram vitamin B9 (asam folat), 0,1 mg vitamin B1, 0,07 mg vitamin B5, dan 0,13 mg vitamin B6.

Dengan memberikan buah anggur kepada si Kecil secara rutin, maka akan membantunya mencegah risiko penyakit kronis seperti kanker dan jantung sejak dini, merawat fungsi otak, membantu produksi hormon tubuh, dan berperan aktif dalam pembentukan DNA.

13. Peach

13. Peach
Freepik

Buah peach atau lebih dikenal dengan buah persik ini juga kaya akan vitamin B3 (niasin) yang baik untuk kesehatan tubuh anak. Memiliki daging buah berwarna kuning serta aroma yang harum, buah ini tentunya akan disukai oleh anak-anak, Ma.

Kandungan vitamin B3 dalam buah peach memiliki fungsi diantaranya menjaga saraf otak tetap bekerja dengan baik, sehingga si Kecil mampu fokus daam menyelesaikan segala sesuatu.

14. Jambu biji

14. Jambu biji
Freepik

Jambu biji memiliki sejumlah vitamin B yang terkandung di dalamnya, yang mana tiap 10 gram jambu biji meliputi meliputi 0,1 mg untuk vitamin B1, 0,06 mg untuk vitamin B2, 0,7 mg untuk vitamin B5 (asam pantotenik), dan 0,18 mg vitamin B6.

Jambu biji sangat baik diberikan pada anak untuk membantu mengoptimalkan kinerja otak, membantu produksi sel darah merah, serta memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

15. Kurma

15. Kurma
seedbodycare.com

Buah yang identik banyak tersedia di bulan Ramadan ini ternyata juga mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan nih, Ma. Pada 100 gram buah kurma, terdapat kandungan vitamin B5 sebanyak 0,8 mg, vitamin B6 0,2 mg, vitamin B2, 0,09 mg, dan vitamin B1 0,07 mg.

Sama seperti manfaat vitamin B seperti buah pada umumya, kurma juga mampu menjaga fungsi otak anak, membantu produksi hormon, memperlancar produksi sel darah merah, dan penghasil energi. Itulah mengapa ketika berbuka puasa, buah satu ini sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.

Nah, itu tadi 15 ragam buah yang mengandung vitamin b untuk anak. Dari ragam jenis buah yang sudah disebutkan, Mama bisa memberikan pada anak secara langsung, atau dikreasikan dalam bentuk jus yang menyegarkan.

Semua bisa disesuaikan dengan keinginan si Kecil agar tidak bosan dengan buah yang itu-itu saja. Hal terpenting, berikan buah dalam kadar secukupnya dan tidak berlebihan ya, Ma. Sebab segala sesuatu yang berlebihan pun tidak akan baik hasilnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.