Wajib Ditonton, Ini 20 Film Kartun Anak yang Mendidik

Si Kecil menyukai film favorit seperti apa nih, Ma?

14 April 2024

Wajib Ditonton, Ini 20 Film Kartun Anak Mendidik
Freepik

Mendidik anak-anak memiliki karakter positif bisa dilakukan melalui berbagai cara ya, Ma. Terkadang orangtua pun memiliki media tersendiri dalam memberikan gambaran berperilaku yang baik agar bisa diterapkan oleh anaknya.

Film menjadi salah satu media yang cukup bisa diberikan. Melalui film, si Kecil bisa melihat berbagai visual gambar yang menarik sekaligus mendapatkan berbagai pesan positif dari tontonannya.

Jika Mama ingin mengetahui jenis film kartun anak yang mendidik, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya.

Yuk Ma, luangkan waktu untuk menonton bersama si Kecil

1. Zootopia

1. Zootopia
IMDb.com/Zootopia

Zootopia termasuk film kartun anak-anak yang menceritakan mengenai seekor kelinci bernama Judy Hoppps yang masuk akademi kepolisian di Zootopia Police Department (ZPD). 

Berbeda dengan teman-temannya Judy seperti seekor badan dan macan yang cocok untuk masuk akademi kepolisian, Judy dianggap lemah karena bertubuh mungkin. Judy pun selalu hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir. 

Selain lucu, Zootopia yang ditonton oleh anak-anak memberikan pesan mendidik seperti berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain dan selalu percaya dengan kemampuan sendiri. 

2. The Good Dinosaur

2. The Good Dinosaur
IMDb.com/The Good Dinosaur

Film The Good Dinosaur menceritakan tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus. Dinoasurus bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya lebih berani. 

Namun, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanannya karena ada anak manusia yang ikut membantu. Beberapa pesan moral yang terdapat di film The Good Dinosaur, seperti: 

  • Belajar mengelola rasa takut.
  • Memberikan gambaran mengenai sahabat sejati.
  • Menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak.  
  • Memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya. 
  • Sabar menanti karena semua akan indah pada waktunya. 
  • Membantu anak-anak menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain.

3. Inside Out

3. Inside Out
IMDb.com/Inside Out

Inside Out termasuk salah satu film yang cukup digemari anak-anak karena memiliki cerita menarik. Film ini menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Gadis kecil berusia 11 tahun ini menghadapi kegelisahan karena dirinya harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti kepindahan kerja dari sang Ayah. 

Saat pindah bersama ayahnya, Riley perlu menyesuaikan diri dengan suasana baru. Mulai dari lingkungan rumah baru, sekolah baru hingga teman-teman barunya. Kondisi inilah yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya seperti bahagia, sedih, marah, takut hingga perasaan jijik bercampur menjadi satu. 

Kelima perasaan ini digambarkan hidup dan memiliki markas yang berpusat pada pikiran Riley. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Inside Out, seperti: 

  • Memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak. 
  • Memberikan arahan dalam mengelola emosi yang baik agar tetap terkendali.
  • Belajar menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

4. How To Train Your Dragon

4. How To Train Your Dragon
IMDb.com/How To Train Your Dragon

Mama sudah mengajak nonton film How To Train Your Dragon bersama si Kecil belum nih? Film ini berceritakan mengenai kisah seorang remaja bernama Hiccup yang memiliki calon penerus tahta kepemimpinan. 

Dalam kepemimpinaannya, Hiccup cukup dilema karena dirinya bersahabatan dengan seekor naga bernama Toothless. Padahal penduduk yang dipimpinnya sangat membenci naga dan selalu berkeinginan dalam berperang dengan naga. 

Dilema yang terjadi pada Hiccup untuk selalu memercayai kata hatinya dan mencari cara yang tepat untuk memenangkan hati para penduduk.Beberapa pesan moral yang terdapat di film How To Train Your Dragon, seperti: 

  • Belajar untuk mendengarkan kata hati sendiri.
  • Selalu membutuhkan kehadiran orang lain yang bisa dipercaya untuk bertukar pikiran. 
  • Berusaha untuk berjuang dan berani dalam mengejar mimpi. 

5. Upin & Ipin

5. Upin & Ipin
Youtube/Upin&Ipin

Upin & Ipin adalah salah satu serial kartun yang cocok untuk ditonton bersama anak-anak. Dalam serial ini, Upin dan Ipin, bersama dengan teman-temannya, menghadapi berbagai petualangan yang penuh dengan nilai-nilai moral dan pembelajaran tentang kebaikan, persahabatan, dan nilai-nilai agama.

Dengan cerita yang lucu dan menyenangkan, serta pesan-pesan positif yang disampaikan, Upin & Ipin adalah pilihan film kartun anak yang mendidik.

6. Nusa dan Rara

6. Nusa Rara
Youtube.com/Little Giantz

Nussa dan Rara adalah dua karakter utama dalam serial animasi edukasi anak-anak Indonesia yang berjudul "Nussa". Nussa adalah seorang anak laki-laki berusia 9 tahun yang ceria dan ingin tahu. Dia selalu ingin belajar hal-hal baru dan membantu orang lain.

Rara adalah adik perempuan Nussa yang berusia 7 tahun. Dia adalah anak yang manis dan penyayang. Dia selalu ingin bermain dengan Nussa dan belajar darinya.

Serial "Nussa" mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai moral dan agama Islam dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Mama juga tidak perlu khawatir karena cerita-ceritanya selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. 

7. Coco

7. Coco
IMDb.com/Coco

Coco termasuk film animasi yang identik sebagai hiburan keluarga apalagi diperankan oleh anak-anak. Film ini menceritakan tentang seseorang anak laki-laki bernama Miguel, dirinya digambarkan sebagai anak yang mencintai musik.

Namun, sayangnya Miguel tumbuh di keluarga yang sangat membenci musik dan percaya bahwa musik adalah sebuah kutukan. Dalam film ini, Miguel berjuang mempertahankan mimpinya hingga berpetualangan ke dunia orang yang sudah mati. 

Coco bukan hanya film animasi yang menggambarkan kelucuan atau keceriaan saja, namun tersimpan pesan moral tersembunyi. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Coco, seperti: 

  • Mengingatkan mengenai kejujuran pada anak.
  • Belajar menghibur diri sendiri dan orang lain untuk menghilangkan suasana duka.
  • Semakin memperkenalkan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga.
  • Mengajarkan untuk meraih mimpi dan cita-cita. Setiap mimpi layak untuk diperjuangkan. 

8. Kung Fu Panda

8. Kung Fu Panda
IMDb.com/Kung Fu Panda

Kung Fu Panda termasuk salah satu film yang menggemaskan. Dibalik kelucuan dari Po, dirinya memiliki kekuatan yang luar biasa. Po digambarkan tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, namun memiliki impian serta kemauan untuk bekerja keras agar bisa menjadi sosok yang luar biasa. 

Saat menonton film Kung Fu Panda beraama si Kecil, Mama dapat memberikan pembelajaran mengenai mimpi dan cita-cita. Saat anak mama sudah memiliki cita-cita atau impian tertentu, maka teruslah dikejar. Usahakan tidak menghiraukan pandangan orang lain mengenai hidup serta cita-cita tersebut karena semuanya ada di tanganmu. 

9. Finding Nemo

9. Finding Nemo
Pixar Animation Studio

Finding Nemo adalah film kartun anak yang mendidik dengan genre komedi-drama.  Film ini bercerita tentang Marlin, seekor ikan badut yang terlalu protektif terhadap anaknya, Nemo. Suatu hari, Nemo diculik oleh seorang dokter gigi dan Marlin pun berpetualang ke seluruh Great Barrier Reef untuk menemukannya. Dalam perjalanan tersebut, Marlin dibantu oleh Dory, ikan blue tang yang pelupa.

Finding Nemo bukan hanya film animasi yang menghibur, tetapi juga mengandung banyak manfaat untuk anak-anak, di antaranya:

  • Mengajarkan tentang pentingnya keluarga dan kasih sayang
  • Meningkatkan rasa empati dan kepedulian
  • Mengajarkan tentang pentingnya persahabatan

Editors' Pick

10. Turning Red

10. Turning Red
Youtube/JoBlo Animated Videos

Turning Red adalah film animasi yang bercerita tentang Meilin "Mei" Lee,  seorang siswi berusia 13 tahun yang tengah menjalani masa pubertas.

Namun, pubertas Mei tidaklah biasa. Setiap kali dia merasa terlalu bersemangat atau stres, Mei akan "poof" berubah menjadi panda merah raksasa. Hal ini disebabkan oleh kutukan turun-temurun dalam keluarganya, di mana para perempuan muda akan berubah menjadi panda merah.

Turning Red bukan hanya film animasi yang menghibur dan penuh warna, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi anak-anak, di antaranya:

  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Mendorong penerimaan diri
  • Mempelajari tentang pubertas dengan cara yang ringan dan menyenangkan

12. Toy Story

12. Toy Story
IMDb/Toy Story3

Film kartun anak yang mendidik selanjutnya adalah Toy Story,  serial film animasi dari Amerika Serikat yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios untuk Walt Disney Pictures. Ceritanya berfokus pada petualangan para mainan milik Andy, seorang anak laki-laki.

Mainan-mainan ini hidup saat Andy tidak ada dan mereka memiliki dunia dan hierarki sosial mereka sendiri. Tokoh utama dalam serial ini adalah Woody, boneka koboi yang ceria dan pemberani, serta Buzz Lightyear, action figure astronot yang modern dan percaya diri. Toy Story punya banyak pesan untuk anak-anak, dikemas dalam cerita yang seru dan penuh humor, seperti : 

  • Menghargai persahabatan
  • Belajar untuk bertanggung jawab
  • Mengajarkan menerima perubahan dalam hidup

12. Moana

12. Moana
Disney News

Moana, film kartun anak yang mendidik produksi Disney tahun 2016, bercerita tentang Moana, seorang putri pemberani dari desa di Polynesia. Moana merasa terpanggil oleh laut untuk berlayar menyelamatkan pulaunya dari kegelapan yang disebabkan oleh dewa Maui.

Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga sarat dengan pesan positif yang bermanfaat bagi anak-anak, di antaranya:

  • Mengejar Mimpi dengan Keberanian
  • Kasih Sayang Keluarga
  • Persahabatan yang Saling Mendukung

13. Big Hero 6

13. Big Hero 6
Disney Plus

Big Hero 6 adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film ini mengikuti petualangan Hiro Hamada, seorang remaja jenius di bidang robotika, yang bersama dengan robotnya yang dibuat oleh kakaknya, Baymax, dan sekelompok teman yang memiliki keahlian khusus, membentuk tim "Big Hero 6".

Setelah mengalami peristiwa tragis yang merenggut nyawa kakaknya, Hiro bersama Baymax dan teman-temannya, Go Go Tomago, Wasabi, Honey Lemon, dan Fred, bersatu untuk mengungkap misteri di balik kematian Tadashi dan melindungi kota San Fransokyo dari ancaman seorang penjahat bernama Yokai.

Big Hero 6 memang cocok sebagai film kartun anak yang mendidik. Meskipun ada adegan aksi dan perkelahian, film ini memiliki pesan positif yang bisa dipelajari anak-anak. Berikut beberapa nilai positif yang bisa didapat:

  • Persahabatan dan kerja sama
  • Pentingnya memanfaatkan kecerdasan untuk kebaikan
  • Tidak menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalah

14. Luca

14. Luca
Disney

Luca mengikuti petualangan seorang anak laki-laki muda bernama Luca Paguro, yang tinggal di sebuah kota kecil di pesisir Italia. Dirinya adalah makhluk laut yang dapat berubah menjadi manusia saat berada di daratan.

Bersama dengan temannya, Alberto Scorfano, yang juga makhluk laut seperti dia, mereka menjelajahi dunia manusia dan bermimpi untuk memiliki petualangan di luar kota kecil mereka. Luca adalah film animasi yang cocok untuk anak-anak dan menawarkan pesan pendidikan yang positif. Berikut beberapa alasan kenapa Luca bisa menjadi film mendidik untuk anak:

  • Menerima diri sendiri dan menghargai perbedaan
  • Persahabatan yang kuat
  • Melangkah keluar dari zona nyaman

15. Frozen

15. Frozen
Disney Movie

Frozen berkisah tentang petualangan dua saudara perempuan, Putri Anna dan Putri Elsa dari Arendelle. Elsa memiliki kekuatan sihir yang memungkinkannya mengendalikan es dan salju, tetapi kekuatan ini menyebabkan kecelakaan yang memisahkan dirinya dari Anna.

Setelah bertahun-tahun bersembunyi, Elsa memutuskan untuk menghadiri penobatan sebagai ratu, tetapi kekuatannya tidak terkendali, memaksa dia untuk meninggalkan kerajaan dalam keadaan es yang terkunci. Anna, bersama dengan pria gunung es Kristoff, reindir Sven, dan boneka salju hidup bernama Olaf, berangkat untuk menemukan Elsa dan mengakhiri musim dingin yang abadi. 

Frozen bisa menjadi film yang mendidik untuk anak-anak, meskipun pesan yang disampaikan mungkin sedikit lebih kompleks dibanding film animasi lainnya. Mari kita lihat beberapa nilai positif yang bisa dipetik anak-anak:

  • Kekuatan cinta kasih, terutama kasih sayang antar saudara
  • Pesan tentang tanggung jawab
  • Keberanian dan menerima diri sendiri

16. Mulan

16. Mulan
Disney Plus

Mulan adalah sebuah film kartun anak yang mendidik dan dirilis pada tahun 1998. Film ini diinspirasi oleh legenda Tiongkok tentang seorang wanita muda yang menyamar sebagai pria untuk menggantikan ayahnya dalam tentara dan melawan invasi Hun.

Dalam film ini, kita mengikuti perjalanan Mulan, seorang gadis yang ingin membuktikan dirinya sebagai seorang pejuang yang tangguh dan memenuhi kewajiban keluarganya. Dia menyamar sebagai seorang pria bernama "Ping" untuk bergabung dengan tentara dan melawan invasi Hun yang dipimpin oleh Shan Yu. Selama perjalanannya, Mulan berteman dengan Mushu, seekor naga kecil yang bertindak sebagai penolongnya, dan juga berteman dengan rekan-rekannya di dalam tentara.

Manfaat edukasi film Mulan untuk anak-anak:

  • Belajar tentang keberanian
  • Hormat dan nilai-nilai keluarga
  • Tidak mementingkan diri sendiri dan pengorbanan

17. Brave

17. Brave
bustle.com

Brave menceritakan kisah seorang putri pemberani bernama Merida. Merida adalah seorang gadis yang memiliki kepribadian yang kuat dan keinginan untuk menentukan nasibnya sendiri, yang berlawanan dengan harapan-harapan tradisional orangtuanya.

Konflik timbul ketika ibu Merida, Ratu Elinor, berusaha menjodohkannya dengan pangeran dari suku-suku terkemuka yang datang bersamaan dengan putaran panahan untuk menentukan suaminya. Dalam usahanya untuk melarikan diri dari perjodohan ini, Merida meminta bantuan kepada penyihir lokal dan tidak sengaja melepaskan kutukan yang mengarah pada petualangan yang mengubah hidupnya.

Berikut beberapa hal yang membuat Brave menjadi film edukasi yang bagus untuk anak:

  • Menentang stereotip gender
  • Belajar dari kesalahan
  • Pentingnya keluarga

18. Ratatouille

18. Ratatouille
IMDb/Ratatouille

"Ratatouille" adalah film kartun yang menceritakan tentang seekor tikus bernama Remy yang bermimpi menjadi seorang koki terkenal. Ketika dirinya berada di Paris, Remy bertemu dengan seorang pemuda tidak berpengalaman bernama Linguini yang bekerja sebagai karyawan di restoran terkenal. Dengan bantuan Linguini, Remy memulai perjalanan untuk meraih mimpinya, menghadapi berbagai rintangan di sepanjang jalan.

Berikut beberapa hal yang membuat Ratatouille menjadi film kartun anak yang mendidik: 

  •  Keberanian menghadapi tantangan
  •  Berusaha untuk mengejar mimpi
  •  Pentingnya persahabatan dan kerja sama 

19. Trolls

19. Trolls
IMDb/Trolls Holiday

Film ini mengikuti kisah tentang makhluk-makhluk kecil berambut warna-warni yang bernama Trolls, yang hidup di dunia yang penuh warna dan penuh kebahagiaan.

Pada dasarnya, ceritanya berpusat pada dua karakter utama, yaitu Poppy, seorang Troll yang optimis dan penuh semangat, dan Branch, seorang Troll yang cenderung pesimis dan lebih suka menyendiri. Ketika Troll-troll mereka diserang oleh makhluk-makhluk pemakan Troll bernama Bergens, Poppy dan Branch melakukan perjalanan untuk menyelamatkan teman-teman mereka.

Film "Trolls" dapat memberikan sejumlah manfaat edukatif bagi anak-anak:

  • Pesan tentang persahabatan
  • Belajar tentang keberanian diri
  • Belajar menerima diri sendiri

20. Cars

20. Cars
IMDb.com/Cars

Film Cars yang menceritakan berbagai karakter mobil cukup disenangi oleh anak-anak. Dalam dalam film ini akan menceritakan mengenai persahabatan serta perselisihan antar karakter mobil-mobil. 

Jika diperhatikan, ada adegan yang cukup menyentuh yaitu saat McQueen berusaha mengerem dan menghampiri The King lalu mendorongnya hingga ke garis finish. Padahal di kesempatan tersebut McQueen bisa saja tidak perlu membantu The King, sehingga dirinya bisa berkesempatan untuk menjadi juara. 

Dalam film ini memberikan pembelajaran bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Perlu disadari bahwa ada hal yang lebih berharga daripada sekadar kemenangan. 

Sama seperti film animasi lainnya, film Cars memiliki pesan moral tersendiri. Salah satunya untuk tidak selalu bergantung dengan orang lain. Berusahalah yakin dengan kemampuan diri sendiri. 

Selain itu anak mama akan belajar kalau saat memiliki keinginan atau impian luar biasa, ada baiknya selalu berjuang untuk mendapatkannya.

Itulah beberapa film kartun yang mendidik dan memberikan berbagai pembelajaran baru kepada anak-anak. Semoga hanya dengan menonton film, anak mama bisa terus memiliki perilaku positif sesuai harapan. 

Baca juga: 

The Latest