7 Rekomendasi Film Petualangan Anak yang Wajib Ditonton

Menghabiskan waktu bersama anak-anak dengan menonton film petualangan pasti seru ya, Ma!

17 Februari 2019

7 Rekomendasi Film Petualangan Anak Wajib Ditonton
IMDb.com/Rise of The Guardians/Brave/Moana

Anak-anak di rumah lebih suka film bergenre apa nih, Ma? Tak jarang film yang memperlihatkan sebuah petualangan bisa memberikan pengalaman baru yang tidak akan pernah dilupakan olehnya.

Film petualangan termasuk sebuah genre film yang banyak menampilkan sebuah tantangan, sehingga para tokoh di dalamnya perlu berjuang dalam menghadapi semua tantangan di hadapan mereka. Sebuah film petualangan tidak hanya memberikan banyak pesan moral, tetapi juga membuat si Anak meniru keberanian tokoh utama di dalam film saat sedang berpetualang. 

Namun, perlu diingat pendampingan setiap kali menonton film dengan genre apapun perlu dilakukan. Mama perlu menyempatkan waktu sejenak untuk menemani anak-anak menonton film petualangan favoritnya. Anggap saja ini menjadi bentuk dalam meningkatkan kualitas hubungan antara orangtua dengan si Anak. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa rekomendasi film petualangan anak, berikut rangkuman Popmama.com mengenai film-film terbaik yang bisa ditonton bersama keluarga. 

1. Moana

1. Moana
IMDb.com/Moana

Karakter dari film Disney bertambah dengan kehadiran Moana. Moana termasuk karakter perempuan di salah satu film bergenre petualangan fantasi dengan balutan musikal. 

Jika Mama menonton film ini bersama si Anak pasti akan semakin mengenal sosok Moana karena dirinya termasuk gadis yang pemberani. Sikap keberanian dari Moana bisa memberikan contoh tersendiri untuk anak-anak yang menonton petualangannya. 

Di film ini, Moana memulai petualangan berlayarnya menggunakan perahu dengan mencoba meyakinkan Maui yang seorang dewa untuk segera mengembalikan hati sang Dewi kehidupan bernama Te Fitti. 

Jika hati sang Dewi tidak dikembalikan ke tempat semula, pulaunya akan mati sehingga banyak hasil panen gagal dan banyak ikan-ikan mulai mati. 

Baca juga: Topik Diskusi Bersama Anak Setelah Nonton Film Avengers: Infinity War

2. Spirited Away

2. Spirited Away
IMDb.com/Spirited Away

Spirited Away termasuk film animasi yang dibuat oleh sutradara ternama dari Jepang bernama Hayao Miyazaki. 

Film ini bercerita mengenai seorang gadis bernama Chihiro yang berusia 10 tahun. Dirinya harus ikut dengan kedua orangtuanya saat pindah ke kota lain. Namun, Chihiro secara tidak sengaja masuk ke dunia lain berisi penyihir dan monster. 

Kedua orangtuanya berubah menjadi seekor babi raksasa yang rakus karena banyak makan. Sebagai seorang anak, Chihiro berusaha melawan ketakutan ketika bertemu dengan berbagai makhluk aneh di sekitarnya. 

Saat melawan segala ketakutan yang ada, Chihiro harus menyelamatkan orangtuanya dan keluar dari dunia dengan segala penyihir atau monster. Petualangan Chihiro memberikan segudang pesan positif untuk anak-anak yang menonton film Spirited Away seperti sebuah perjuangan, kerja keras hingga sebuah keberanian untuk menyelamatkan kedua orangtuanya. 

Baca juga: Tips Menjaga Quality Time Saat Mengajak Anak Nonton Film Bioskop

Editors' Picks

3. Brave 

3. Brave 
IMDb.com/Brave

Film ini menceritakan tentang seorang putri kerajaan bernama Merida, anak dari raja Fergus dan ratu Elinor. Merida tumbuh menjadi seorang gadis pemanah yang cukup handal dari Dunbroch, Scotlandia. 

Film Brave termasuk salah satu petualangan dari Merida yang ingin membuktikan kemampuannya sebagai seorang pahlawan. 

Merida termasuk seorang putri kerajaan yang berani menentang tradisi. Bahkan Merida berani melawan sesuatu yang sudah sangat berakar kuat di keluarganya serta para dewa. 

Pelanggaran ini membuat situasi kerajaan menjadi kacau, sehingga ada sebuah kutukan besar yang menimpa tahta kerajaan dari raja Fergus dan ratu Elinor. Namun, Merida bertekad untuk membuktikan bahwa dirinya disebut sebagai pejuang sejati yang harus membebaskan kerajaan dari segala kutukan. 

Baca juga: 8 Film Animasi Terbaik dari Studio Ghibli Buat Si Anak

4. Rise of The Guardians

4. Rise of The Guardians
IMDb.com/Rise of The Guardians

Film Rise of The Guardians diangkat dari sebuah buku karangan William Joyce berjudul The Guardians of Childhood. 

Pitch the Bogeyman dikenal sebagai roh jahat, dirinya berusaha mencoba menguasai dunia dengan berbagai rencana jahat. Sebagai sosok yang ingin berniat tidak baik, Pitch the Bogeyman ingin menciptakan rasa takut pada anak-anak di seluruh dunia. 

Untuk menghentikan rencana jahat dari Pitch the Bogeyman, para penjaga abadi yang dikenal sebagai pahlawan dari berbagai kisah anak-anak mencoba untuk bersatu. Para penjaga abadi itu terdiri dari Jack Frost, Easter Bunny, Tooth Fairy, Sandman dan Santa Claus. 

Keempat para penjaga abadi ini harus bersatu untuk demi melindungi harapan, kepercayaan dan imajinasi anak-anak di seluruh dunia. Petualangan mereka pun dimulai untuk melawan Pitch the Bogeyman!

Baca juga: 7 Nilai Plus Anak Suka Menonton Film Horor untuk Kesehatan

5. Up

5. Up
IMDb.com/Up

Film Up termasuk salah satu film animasi produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney Picture. 

Film ini menceritakan anak pramuka bernama Russel yang ikut berpetualang bersama seorang kakek bernama Mr. Fredricksen. Keduanya berusaha menjelajahi Paradise Falls dengan rumah terbang. 

Petualangan dari Mr. Fredricksen ini seolah ingi memenuhi janji pada almarhum istrinya. Janji inilah yang membuat dirinya berusaha menerbangkan balon warna-warni ke Paradise Falls. Sebelumnya saat berpetualang, Mr. Fredricksen tidak sadar bahwa ada seorang bocah berusia 8 tahun yang mengikutinya. 

Kondisi inilah yang memaksa Mr. Fredricksen harus berpetualang bersama Russel.

Baca juga: 7 Film Keluarga Tahun 90-an Yang Bisa Ditonton Bersama Anak Kecil

7. My Neighbor Totoro

7. My Neighbor Totoro
IMDb.com/My Neighbor Totoro

Film My Neighbor Totoro diproduksi pada tahun 1988. Latar film ini bertempat di negara Jepang pada masa Perang Dunia ke-2.

Petualangan di film ini diperlihatkan ketika kakak adik bernama Satsuki dan Mei harus mengikuti sang Papa yang harus pindah ke sebuah perkampungan. 

Saat mereka pindah ke rumah baru, Mei dan Satsuki secara tidak sengaja bertemu dengan makhluk yang belum pernah dilihat mereka. Selain itu, Mei bertemu makhluk bernama Totoro dengan ukuran yang lebih besar. 

Setelah Mei, Satsuki pun bertemu dengan Totoro ketika menjemput sang Papa di halte bus. Jika Mama perhatikan secara detail dan mengikuti ceritanya, Totoro disebut-sebut sebagai penjaga hutan.  

Melalui film ini, Mama bisa mengajarkan mengenai keberanian sebuah kasih sayang antar anggota keluarga hingga persahabatan.

Baca juga: 10 Film Pendek yang Bisa Membuat Anak Mama Jadi Pemberani

7. The Christmas Chronicles

7. The Christmas Chronicles
Pinterest.com/Netflix

Setelah tak sengaja menabrakkan kereta salju Sinterklas, kakak beradik ini rela terjaga semalaman demi menyelamatkan Natal bersama Sinterlas yang jenius dan lugas. 

Kaka beradik yang diperankan oleh Darby Camp dan Judah Lewis seolah memberikan pengalaman berpetualang bersama Santa Claus. Keduanya berusaha menolong Santa Claus agar seluruh anak di dunia tetap bisa merayakan Natal bersama hadiah-hadiah yang diinginkannya. 

The Christmas Chronicles termasuk salah satu film keluarga bergenre action adventure. Di film ini, Santa Claus diperankan oleh Kurt Russell. Film original produksi Netflix ini sudah tayang pada 22 November 2018 lalu. 

Cocok sekali ditonton bersama ana-anak di rumah saat perayaan Natal tiba. 

Itulah beberapa film petualangan pilihan dari Popmama.com yang wajib ditonton bersama anak-anak di rumah. Dari ketujuh pilihan di atas, film mana yang ingin segera ditonton?

Baca juga: Film Bertema Natal yang Wajib Ditonton Bersama Keluarga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.