Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Menonton Film Animasi untuk Anak

Di balik visualnya yang menarik, ada berbagai macam manfaat positif saat anak menonton film animasi

24 November 2020

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Menonton Film Animasi Anak
Pexels/Ketut Subiyanto

Menonton film animasi termasuk salah satu pilihan hiburan untuk anak-anak. Tak hanya visualnya yang menarik saja, namun film animasi seringkali memiliki karakter unik dan jalan ceritanya yang seru ketika ditonton oleh anak-anak. 

Sebagai orangtua, Mama hanya perlu mencari film-film animasi yang bisa memberikan pesan moral dan pembelajaran berharga untuk si Kecil. 

Bersamaan dengan pendampingan Mama di rumah, anak-anak yang menonton film animasi pun bisa mendapatkan beragam manfaat positif. Mulai dari hal-hal kecil, si Kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih positif dan berkarakter hanya dengan menonton film animasi. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat menonton film animasi untuk anak-anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Mendidik anak memiliki karakter yang lebih positif 

1. Mendidik anak memiliki karakter lebih positif 
Pexels/Anastasia Shuraeva

Mendidik anak-anak untuk memiliki karakter positif bisa dilakukan melalui berbagai cara ya, Ma. 

Terkadang orangtua pun mempunyai media tersendiri ketika ingin memberikan gambaran kepada anak-anaknya. Mama bisa menjadikan film animasi sebagai salah satu media yang cocok diberikan kepada si Kecil. 

Melalui film animasi, si Kecil bisa melihat berbagai visual gambar yang menarik sekaligus mendapatkan berbagai pesan positif dari tontonannya. Jika ada karakter animasi yang menjadi favorit anak, Mama bisa mengajaknya berdiskusi setelah film selesai. 

Anak mama bisa belajar sesuatu yang baru dari karakter favoritnya di film. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan kreativitas anak untuk menggambar 

2. Meningkatkan kreativitas anak menggambar 
Freepik/Rawpixel.com

Film animasi menjadi salah satu media yang cukup bisa membuat anak-anak merasa terkesan, apalagi kalau visualnya menarik untuk ditonton.

Jika anak mama mulai terlihat memiliki jiwa seni, maka cobalah pelan-pelan untuk mengajarkan anak menggambar terkait salah satu tokoh dari film animasi favoritnya. Karakter animasi tersebut bisa memotivasi anak untuk belajar menggambar dan meningkatkan kreativitasnya. 

Bukan tidak mungkin kalau si Kecil bisa membuat film animasi sendiri nantinya nih, Ma. 

3. Membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak 

3. Membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak 
Freepik/rawpixel.com

Animasi termasuk film yang bisa menarik perhatian anak-anak, terutama saat melihat visualnya. 

Ketika menonton sebuah film animasi, anak-anak mama dapat meningkatkan perkembangan kognitifnya secara konsisten. Hal ini dikarenakan anak yang menonton film animasi bisa belajar untuk membantu mengembangkan logika, mengingat setiap urutan cerita hingga mendapatkan pesan moral. 

Visual gambar dan audio dari setiap karakter di dalam film animasi juga membuat perkembangan kognitif anak menjadi lebih maksimal. Saat menonton film, anak mama akan melakukan memproses setiap jalan cerita dari awal hingga akhir. 

Mama pun bisa mengasah kemampuan kognitif anak dengan melakukan diskusi setelah selesai menonton film. 

4. Memperkuat imajinasi anak 

4. Memperkuat imajinasi anak 
Freepik

Tak hanya meningkatkan kreativitas anak-anak saja, namun menonton film animasi juga bisa memperkuat imajinasinya. Hadirnya berbagai karakter di dalam film tersebut membuat ide-ide baru akan muncul di dalam pikiran anak, sehingga ia pun dapat berimajinasi. 

Imajinasi yang dimiliki oleh anak-anak ketika sering menonton film animasi dapat diarahkan ke kegiatan lain, salah satunya menggambar. 

Perlu Mama ketahui bahwa imajinasi tersebut bisa membantu anak ke depannya untuk menciptakan hasil karyanya sendiri.

5. Meningkatkan imunitas anak menjadi lebih sehat 

5. Meningkatkan imunitas anak menjadi lebih sehat 
Pexels/Tatiana Syrikova

Film animasi yang ditonton oleh anak-anak tentu memiliki beragam cerita. Tak jarang, ada banyak adegan-adegan lucu yang membuat si Kecil tertawa ketika sedang menonton film animasi. 

Saat anak-anak tertawa melihat karakter lucu di film tontonannya, maka ada efek yang serupa dengan antidepresan. Hal ini bisa membuat si Kecil merasa bahagia dan mampu memperbaiki suasana hatinya. 

Kebahagiaan yang tercipta saat anak-anak menonton film animasi pun dapat dikaitkan dengan meningkatnya imunitas tubuh, sehingga lebih sehat. 

Terkait dengan manfaat menonton animasi untuk anak, Daihatsu telah meluncurkan tayangan edukasi anak berjudul Petualangan Didi dan Hatsu

Petualangan Didi dan Hatsu ini menceritakan tentang persahabatan anak-anak yang selalu menghabiskan waktu bersama. Didi merupakan seorang anak laki-laki yang ceria dan berjiwa petualang, sedangkan Hatsu merupakan anak perempuan manis asal Jepang yang bisa berbahasa Indonesia. 

Selain itu, ada juga karakter pendukung mulai dari Keano, Dayu dan Indro yang turut memberikan warna tersendiri di setiap episode.

Melalui series animasi ini, Petualangan Didi dan Hatsu bisa membentuk pola pikir yang positif khususnya pada anak-anak. Selain itu, anak mama juga dapat belajar untuk saling menghargai satu sama lain, bertoleransi pada perbedaan, menciptakan pertemanan dan komunikasi yang sehat.

Nah, itulah beberapa rangkuman terkait manfaat menonton film animasi untuk anak-anak. 

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat ya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.