Tren! Aplikasi Monkey Stories, Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Ingin anak meningkatkan kemampuan pelafalan dan kosa kata Bahasa Inggris, simak caranya Ma!

13 Januari 2021

Tren Aplikasi Monkey Stories, Cara Belajar Bahasa Inggris Anak
Freepik/Anchaleeyates

Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa universal sehingga penting bagi anak untuk mempelajarinya. Selain memudahkan anak untuk berkomunikasi dengan orang yang berbahasa asing, Bahasa Inggris juga digunakan ketika anak ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Keterampilan berbahasa juga baik untuk menambah kecerdasan anak. Dalam pergaulan pun Bahasa Inggris juga sering dipakai lho, Ma.

Agar dapat mengikuti pelajaran Bahasa Inggris dengan baik, banyak orangtua saat ini yang mulai memperkenalkan Bahasa Inggris dari kehidupan sehari-hari anak, seperti dari film kartun, lagu-lagu, buku cerita dan aplikasi gadget.

Salah satu aplikasi bernama Monkey Stories menjadi tren selama masa pandemi ini karena bisa mengajarkan anak Bahasa Inggris sekaligus aksen Amerika pada anak-anak tanpa harus pergi ke luar negeri untuk mempelajarinya.

Kali ini Popmama.com akan membahas lebih lanjut apa itu aplikasi Monkey Stories sebagai cara belajar Bahasa Inggris untuk anak yang sedang tren saat ini. Yuk, simak informasinya!

1. Aplikasi Monkey Stories membantu anak yang tidak berada dalam lingkungan berbahasa Inggris

1. Aplikasi Monkey Stories membantu anak tidak berada dalam lingkungan berbahasa Inggris
Popmama.com/Jemima Karyssa

Apa itu Monkey Stories? Aplikasi Monkey Stories adalah satu aplikasi lengkap yang mengajarkan anak untuk menedengar, bicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris dan diperuntukan bagi anak 2-10 tahun.

Salah satu keterbatasan anak-anak di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris saat mempelajari bahasa ini adalah kurangnya lingkungan yang menggunakan standar berbahasa Inggris. 

Akibatnya, anak-anak sering menghadapi masalah seperti: salah pengucapan, lambat mendengar dan reflek berbicara yang kurang tepat, dan lain-lain.

Sedangkan kursus dengan guru penutur asli bahasa Inggris banyak tidak dipilih karena biaya yang tinggi, terutama untuk keluarga dengan banyak anak.

Metode pembelajaran yang disediakan oleh 'Monkey Stories' menangani sebagian besar masalah ini. Semua audio di aplikasi direkam oleh penutur asli dan dinilai oleh pakar bahasa Amerika Serikat yang terkemuka. 

Biaya belajar dengan aplikasi ini dikenal lebih terjangkau untuk sebagian besar keluarga. Anak dapat belajar secara fleksibel kapanpun, dimanapun, pada perangkat yang berbeda seperti ponsel, komputer atau tablet.

Editors' Picks

2. Membantu anak melatih pelafalan dan pelatihan aksesn Amerika pada anak

2. Membantu anak melatih pelafalan pelatihan aksesn Amerika anak
Freepik/Yaoinlove

Aplikasi Monkey Stories yang dikembangkan oleh Early Start Co.,LTD merupakan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang paling banyak diunduh karena dianggap telah membuat perubahan besar pada kebiasaan belajar anak usia 2-10 tahun di Indonesia dan Thailand.

Dengan cara menciptakan lingkungan harian yang berfokus pada bahasa Inggris standar. Selain itu, modul Monkey Phonics dari aplikasi Monkey Stories juga membantu anak-anak melatih pelafalan Bahasa Inggris sejak usia dini.

Aplikasi ini pun menjadi ramai setelah memberikan manfaat pada anak, seperti memberikan pelatihan aksen Amerika kepada anak tanpa pergi ke luar negeri, serta memberikan anak berbagai macam konten dari ribuan cerita, yang diperbarui secara gratis setiap minggu dan seterusnya.

Selain itu, aplikasi dengan 1 juta pengguna di seluruh dunia ini menciptakan tren yang mendorong anak untuk belajar Bahasa Inggris di rumah yang juga didampingi orangtua selama pandemi Covid-19. 

3. Menerapkan metode Phonics yang membantu anak membaca kata-kata baru dalam Bahasa Inggris

3. Menerapkan metode Phonics membantu anak membaca kata-kata baru dalam Bahasa Inggris
Freepik/Escapejaja

Aplikasi ini menerapkan metode Phonics yang populer di banyak negara maju di dunia seperti Amerika Serikat dan Kanada, sehingga Monkey Phonics adalah modul pembelajaran ejaan Bahasa Inggris standar pertama yang berbentuk aplikasi seluler untuk anak di seluruh dunia. 

Dalam waktu singkat, modul Monkey Phonics membantu anak untuk dapat membaca kata-kata baru dalam bahasa Inggris, meskipun mereka belum pernah diajarkan kata-kata tersebut. 

Selain Monkey Phonics, aplikasi Monkey Stories memiliki 3 program lain: Stories, Lessons & Audiobooks, yang dikembangkan oleh para ahli dari Amerika untuk membantu anakmengembangkan 4 keterampilan bahasa Inggris secara komprehensif, termasuk mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. 

Setiap pelajaran dari program dirancang dengan grafik dan suara yang jelas, serta permainan edukatif interaktif yang memungkinkan anak bisa belajar sambil bermain. 

Selain itu aplikasi ini juga memiliki koleksi lebih dari 1.000 cerita, 300 pelajaran & 200 buku audio yang dikategorikan berdasarkan kelas untuk mengakomodasi semua tingkat bahasa Inggris anak, serta memberikan pelajaran gratis baru diunggah setiap minggu.

4. Beberapa review orangtua dari anak yang menggunakan aplikasi Monkey Stories

4. Beberapa review orangtua dari anak menggunakan aplikasi Monkey Stories
Freepik/Yaoinlove

Menurut review dari salah satu orangtua dari anak yang menggunakan aplikasi ini mengatakan anaknya mengalami peningkatan pelafalan.

"Bahkan guru anak saya terkejut karena peningkatan pelafalannya. Setelah dua bulan dia dapat berbicara kalimat yang lebih panjang dan menjadi lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris secara keseluruhan. Saya merasa sangat terjamin," ujar Dessy, orangtua yang tinggal di Bangkok, Thailand.

Selain itu review lainnya mengatakan, anak-anak jadi memperoleh pengetahuan paling baru dan menarik. Fitur inilah yang masih belum banyak digunakan di aplikasi lain. 

"Setiap minggu anak-anak saya sangat menantikan cerita baru di Monkey Stories. Sejak pertama kali menggunakan aplikasi, anak-anak saya telah belajar bahasa Inggris dengan lebih rajin dari sebelumnya," ujar Ali, orangtua yang tinggal di Pulau Jawa, Indonesia.

Aplikasi Monkey Stories merupakan aplikasi yang bisa Mama unduh secara gratis di Play Store (Android) serta App Store (iOS), dengan fitur-fitur berbayar yang bisa Mama beli sesuai kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris anak selama di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.