10 Ide Hadiah Ulang Tahun Anak Laki-Laki Usia 4 Tahun

Mendorong imajinasi anak agar menjadi lebih kreatif

30 September 2021

10 Ide Hadiah Ulang Tahun Anak Laki-Laki Usia 4 Tahun
Freepik/Drobotdean

Memilih kado ulang tahun untuk anak balita tentu tak boleh sembarangan. Orangtua perlu memilih hadiah yang sesuai dengan usianya dan bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangannya. 

Banyak anak usia empat tahun sedang belajar untuk menguasai lingkungan dan mempertanyakan segalanya. Inilah disebabkan karena imajinasi balita yang sedang aktif-aktifnya. Sehingga, hadiah terbaik untuk anak usia empat tahun, harus melibatkan imajinasinya agar menjadi hidup.

Saat anak meninggalkan usia tiga tahun, ia akan lebih terpesona pada permainan kreatif, mendongeng, dan eksplorasi. Itu sebabnya banyak mainan terbaik untuk anak laki-laki yang mengarah pada eksperimen warna, ukuran, bentuk benda, dan mengeksplorasi sebab dan akibat.

Hadiah apa yang cocok untuk anak laki-laki usia empat tahun? Yuk simak daftarnya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Alphabet puzzle magnetic book

1. Alphabet puzzle magnetic book
Tokopedia.com

Membaca buku alfabet sebenarnya menjadi tahap kedua setelah mengenalkan anak pada bentuk-bentuk huruf. Karena begitu balita terbiasa melafalkan huruf, maka ia akan bisa mengenalinya dengan lebih baik.

Dengan memberikan alphabet puzzle magnetic book, si Kecil juga bisa belajar mengenali kosakata dasar Bahasa Inggis tentang benda dan hewan sesuai dengan huruf depannya.

Selain itu, Mama juga tak perlu khawatir karena bukunya yang magnetis membuat huruf bisa menempel, tidak berantakan, mudah untuk dibawa kemanapun. Bagian bawah bukunya juga bisa untuk latihan menulis huruf, dilengkapi dengan spidol non-permanen.

Alphabet puzzle magnetic book ini adalah salah satu cara untuk membantu balita melafalkan huruf sambil bersenang-senang. Jika Mama tertarik untuk membelinya, alphabet puzzle magnetic book ini bisa Mama dapatkan dengan harga mulai dari Rp.59.000,-

2. Buku edukasi pop-up

2. Buku edukasi pop-up
Bukalapak.com

Buku-buku tradisional memang memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, tetapi ada sesuatu yang istimewa tentang buku pop-up, dengan ilustrasi kertas yang mengesankan yang "keluar" ke arah pembaca, atau lipatan yang dapat balita tarik atau angkat untuk menyempurnakan cerita.

Buku edukasi pop-up menjadi populer di kalangan orangtua, karena dapat memberikan pengalaman multi-indra yang hebat pada balita yang tidak bisa dilakukan oleh buku biasa. Buku pop-up melibatkan indra penglihatan, pendengaran, dan indera peraba mereka sekaligus.

Menggabungkan tiga indera ke dalam satu aktivitas, adalah cara yang tepat untuk membantu anak mengembangkan sistem sensoriknya. Ingin memberikan hadiah buku edukasi pop up untuk balita?

Mama bisa memilih buku berdasarkan cerita atau nilai yang ingin diajarkan pada anak laki-laki melalui buku edukasi ini. Buku edukasi pop up ini berkisar mulai dari harga Rp. 120.000,-.

3. Buku gambar dengan spidol yang bisa dihapus

3. Buku gambar spidol bisa dihapus
walmart.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa anak di usia empat tahun ini sedang aktif mengembangkan imajinasinya. Untuk mengoptimalkan imajinasi balita agar melatih kreativitasnya, Mama dapat membelikan anak buku gambar dengan spidol yang bisa dihapus.

Buku edukasi ini dapat melatih motorik dan juga kemampuan imaginasi si Kecil dengan mewarnai dan menggambar. Selain itu, buku mewarnai ini juga dilengkapi spidol yang aman untuk balita.

Bentuknya yang kecil mudah di bawa kemana-mana, dan Mama tak perlu lagi khawatir jika anak mencoret-coret dinding atau perabotan rumah. Dengan menggambar, juga dapat mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget.

Ingin mengasah kreativitas anak dengan buku gambar ini? Yuk berikan si Kecil buku gambar dengan spidol yang bisa dihapus dengan harga mulai dari Rp.80.100,-.

4. Puzzle magnetik karakter hewan

4. Puzzle magnetik karakter hewan
indonesian.alibaba.com

Puzzle adalah permainan yang dapat diberikan orangtua pada anak-anak. Salah satu permainan puzzle yang dapat menarik perhatian anak balita adalah magnetic puzzle karakter hewan.

Berbeda dari puzzle-puzzle pada umumnya, puzzle karakter hewan ini mengharuskan balita untuk menempelkan bagian wajah dari hewan sesuai pada posisinya. Sehingga puzzle ini cocok untuk dimainkan oleh anak usia tiga tahun ke atas.

Balita juga secara alami tertarik dengan permainan magnet. Maka dari itum Mama dapat melatih kemampuan motorik dan ketelitian balita dengan puzzel magnetik berbentuk karakter hewan ini.

Selain itu, mainan juga dapat melatih berbagai area otak anak dan membantu perkembangan otaknya dengan cepat. Jika Mama tertarik untuk memberikan kado puzzle magnetik karakter hewan pada anak, Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.75.000,-

Editors' Picks

5. LEGO atau balok susun

5. LEGO atau balok susun
Shopee.co.id

Mama tentu sudah tak asing dengan mainan LEGO, bukan? Dengan memberikan mainan LEGO, ini memungkinkan si Kecil membuat sesuatu di dalam pikirannya menjadi hidup.

Balita juga dapat melangkah lebih jauh dengan lego karena strukturnya lebih mudah bertahan dibandingkan balok bangunan biasa. Dengan mainan balok atau lego, kemungkinan imajinasi anak jadi tidak terbatas.

Anak dapat mengikuti petunjuk, atau ia bisa menjadi lebih kreatif dengan menambahkan balok atau barang lain sesuka hatinya.

Mainan LEGO ini juga mudah Mama temukan di toko online atau pun offline dengan harga yang berkisar mulai dari Rp.89.999,- untuk 500 kepingnya.

6. Magnet play toy box

6. Magnet play toy box
Tokopedia.com

Jika si Kecil sudah mulai bisa untuk mengenal huruf dan melafalkannya, tahap selanjutnya adalah belajar membaca. Belajar membaca sudah bisa dilakukan sejak dini untuk membantunya di masa taman kanak-kanak.

Agar belajar membaca bisa lebih menyenangkan dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak, Mama bisa memberikan anak magnet play toy box. Dalam kotak ini, anak akan mendapatkan huruf, angka, dan berbagai gambar hewan, buah, dan benda dalam bahasa Inggris.

Selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan menghitung, mainan ini juga dapat melatih pengenalan warna dan bentuk, melatih keterampilan menyelesaikan masalah, melatih kesabaran, mengembangkan koordinasi mata dan tangan, mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif anak.

Mama bisa mendapatkan magnet play toy box ini dengan harga mulai dari Rp.135.000,-. yang bisa Mama dapatkan secara online atau offline.

7. Mobil-mobilan konstruksi

7. Mobil-mobilan konstruksi
Tokopedia.com

Anak laki-laki tentu tak lepas dari mobil-mobilan. Mama dapat memaksimalkan perkembangan anak dengan mainan mobil-mobilan konstruksi. Tak hanya sekadar bermain mobil saja, anak juga perlu menyusun landasan mobil.

Si Kecil yang terlibat dalam permainan ini akan merangsang kreativitas dan mengasah keterampilan penting.

Seperti keterampilan motorik dan koordinasi tangan-mata, keterampilan spasial, kemampuan untuk berpikir kreatif, serta keterampilan sosial dan kemampuan bahasa jika anak meminta tolong pada orangtua untuk membantunya menyusun konstruksi ini.

Ini juga akan meningkatkan pengalaman anak bermain mobil-mobilan jadi lebih menyenangkan. Jika Mama ingin memberikan anak permainan yang satu ini, Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.193.101,- ya!

8. Pop it bubble

8. Pop it bubble
Blibli.com

Pop it bubble adalah salah satu mainan yang populer saat ini. Permainan ini pada awalnya dirancang untuk memberikan pengalaman sensorik dan sentuhan, yang memberikan anak bantuan ekstra fokus.

Mainan ini dapat membuat tangan anak tetap sibuk sambil membantu mengembangkan keterampilan motorik halus, konsentrasi, kesadaran taktil, keterampilan persepsi visual, pengetahuan warna dan ukuran.

Selain itu, Pop it bubble ini juga dapat mengurangi kecemasan dan gelisah anak, di mana ia dapat berulang kali bisa ditekan dan "diledakan" mirip dengan bubble wrap namun ini bisa di tekan beberapa kali dan tentunya lebih awet.

Ada beragam warna, bentuk, ukuran pop it bubble yang bisa Mama sesuaikan dengan favorit anak. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp.16.000,- yang bisa Mama dapatkan di toko online atau offline.

9. Puzzle magnet block

9. Puzzle magnet block
Tokopedia.com

Set mainan magnet berwarna-warni ini hadir dalam berbagai bentuk. Setiap ujung bingkainya memiliki magnet yang membantunya agar bisa menempel satu sama lain. 

Permainan magnetic tile set ini cocok untuk anak prasekolah serta anak usia lebih besar. Anak dapat membuat bentuk atau bangunan sesuai imajinasinya, mulai dari bangunan, mobil, kincir angin, atau sekadar menyambungan satu bagian dengan bagian lainnya.

Mainan ini memiliki juga tembus cahaya, sehingga bisa menghasilkan spektrum warna yang indah ketika dimainkan di jendela atau di dekat lampu.

Jika Mama tertarik untuk membeli mainan puzzle magnet block ini, Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp.259.000,- untuk 49 pcs puzzle.

10. Puzzle magnet book funny face

10. Puzzle magnet book funny face
Blibli.com

Mainan selanjutnya yang bisa menjadi inspirasi kado untuk anak laki-laki berusia empat tahun adalah puzzle magnet book funny face. Dengan permainan ini, anak bisa merangkai wajah mengikuti gambar yang telah tersedia, atau membuat karakter wajah baru yang sesuai dengan imajinasi si Kecil.

Walaupun tampak sederhana, mainan ini memiliki banyak manfaat. Seperti dapat menstimulasi otak kanan-kiri, sensorik, motorik, kognitif, komunikasi- bahasa, sosio-emosional, kemandirian, dan kreativitas dengan cara memecahkan teka-teki pola gambar yang berserakan agar menjadi gambar yang utuh

Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan daya ingat dan logika, untuk menyesuaikan bentuk hingga dirangkai menjadi satu kesatuan, yang menjadi tujuan dari permainan ini

Gambarnya yang lucu dan menyenangkan juga bisa menarik perhatian balita. Puzzle magnet book funny face ini bisa menjadi pilihan kado untuk anak, dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp.148.000,-

Nah itulah beberapa ide kado untuk anak balita laki-laki yang berusia empat tahun. Dalam memilih hadiah untuk si Kecil, penting untuk menyesuaikan usia dan manfaat yang didapatkan ya Ma! Dengan itu, anak bisa bermain dengan aman sambil mengasah keterampilannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.