7 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Kesehatan Anak

Dapat membantu anak menjadi lebih rileks dan tidur nyenyak lho, Ma!

24 November 2020

7 Manfaat Mandi Garam Epsom Kesehatan Anak
Popmama.com/Novy Agrina
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Gaya hidup sehat untuk anak kini bisa dilakukan dengan segala cara, salah satunya dengan memandikannya menggunakan garam epsom.

Garam epsom adalah garam anorganik yang mengandung magnesium, sulfur dan oksigen yang telah digunakan selama lebih dari 400 tahun, sejak seorang petani di Inggris menemukan “air pahit” di sumurnya berkhasiat penyembuhan pada ruam kulit dan luka.

Garam epsom memiliki tingkat kandungan Magnesium yang baik, sehingga penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Jenis garam ini umumnya digunakan untuk mandi detoks, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk anak-anak.

Mama bisa memberikan mandi detoks dengan garam epsom ini satu minggu sekali untuk melindungi anak dari penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Penasaran dengan manfaat garam epsom lainnya?

Kali ini Popmama.com akan menjelaskan 7 manfaat mandi garam epsom untuk anak-anak!

1. Mengatasi gejala flu anak dengan cepat dan efektif

1. Mengatasi gejala flu anak cepat efektif
Freepik/Tashahorse1984

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, anak bisa saja terserang flu, yang disertai dengan bersin dan sesak. Mandi garam epsom adalah cara paling efektif untuk membuat anak merasa lebih baik dan rileks saat sakit.

Saat muncul gejala pertama flu pada anak, Mama bisa langsung memberikannya mandi garam epsom. Caranya pun mudah, yaitu hanyalah 1/2 cangkir garam Epsom, dan 2 sendok makan soda kue (Opsional. Untuk membantu mendorong pembuangan racun dan menjernihkan air tanpa filter).

Jika berat badan anak lebih dari 30kg, gunakan 1 cangkir garam epsom.

2. Membantu anak menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak

2. Membantu anak menjadi lebih rileks tidur lebih nyenyak
Freepik/aksenova_sveta

Selain itu manfaat garam epsom lainnya adalah membantu anak menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, kandungan magnesium dapat membantu anak meredakan stres.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan stres.

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Mama bisa memberikan anak 1 jam berendam dengan garam epsom dan air hangat. Mama juga bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender dan peppermint agar anak menjadi lebih rileks.

Editors' Picks

3. Mengatur sistem saraf dan membantu anak mencegah stres

3. Mengatur sistem saraf membantu anak mencegah stres
Freepik/Cookie-studio

Masih berhubungan dengan tidur lebih nyenyak, seperti yang disebutkan sebelumnya magnesium dapat membantu anak meredakan stres. Magnesium ini merupakan mineral yang mengatur sistem saraf dan dapat membantu mencegah stres, kecemasan, kegugupan, kegelisahan dan mudah tersinggung.

Tahukah Mama bagaimana mengatasi anak bisa tiba-tiba menjadi moody dan mudah tersinggung setelah hari yang melelahkan? Caranya dengan mandi garam epsom untuk menenangkan mereka. Selain untuk anak, magnesium dalam garam epsom juga bagus untuk mengatasi kecemasan pada orang dewasa.

4. Membersihkan tubuh dan membuang racun yang mengendap dalam tubuh

4. Membersihkan tubuh membuang racun mengendap dalam tubuh
Freepik

Mandi detoks dengan garam epsom juga dapat membersihkan tubuh anak serta membuang racun-racun yang terpapar pada anak setiap harinya. Hal ini tentu saja dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat.

Jika Mama memberikan vaksin pada anak, ini menjadi cara efektif untuk membuang bahan-bahan tidak baik yang tertumpuk dalam vaksin, dan racun pun akan terus mengendap dalam tubuh anak jika terus menerus dibiarkan.

5. Melembutkan kulit yang kasar dan membantu melepaskan sel kulit mati

5. Melembutkan kulit kasar membantu melepaskan sel kulit mati
Freepik/User16285795

Si Kecil terkadang mengalami berbagai masalah kulit. Menurut Medical News Today, memandikan anak dengan garam epsom dapat membantu melembutkan kulit yang kasar, kering, serta membantu melepaskan sel-sel kulit mati.

Dengan mandi berendam selama 20 menit, kulit anak bisa menjadi lebih lembut, memperkuat pelindung kulit agar tertap terhidrasi, serta mengurangi peradangan. Mandi detoks dengan garam epsom juga dapat menenangkan kulit anak yang terkena kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis.

6. Membantu mengurangi nyeri pada otot setelah bermain seharian

6. Membantu mengurangi nyeri otot setelah bermain seharian
Freepik/Senivpetro

Garam epsom juga dapat membantu mengurangi nyeri otot dan kram setelah anak bermain seharian. Manfaat ini didapatkan dari magnesium yang bisa membantu tubuh menyerap gula dan asam laktat. Selain itu, magnesium juga bisa mengatasi nyeri sendi yang diakibatkan oleh proses peradangan sendi.

Efek mengurangi nyeri otot ini juga dapat terjadi atau bermanfaat bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya. Caranya dengan 12 menit berendam dengan tambahan garam epsom.

7. Meningkatkan konsentrasi dan lebih fokus

7. Meningkatkan konsentrasi lebih fokus
Freepik/jcomp

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya, garam epsom juga dapat membantu anak menjadi lebih konsentrasi dan lebih fokus.

Tingkat magnesium yang tepat akan mengatur fungsi otak anak. Beberapa ahli percaya bahwa anak dengan ADHD mungkin mengalami kekurangan magnesium ringan.

Dalam satu studi pendahuluan, 75 anak yang kekurangan magnesium dengan ADHD, mereka yang menerima suplemen magnesium menunjukkan peningkatan perilaku dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima suplemen.

Magnesium dalam mandi garam epsom dapat membantu anak merasa lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan bahkan berprestasi lebih baik di sekolah.

Risiko efek samping dari mandi garam epsom terbilang rendah.

Tubuh tidak akan menyerap banyak magnesium melalui kulit. Mandi garam epsom juga relatif aman untuk anak-anak, tetapi Mama harus ekstra hati-hati ya saat anak mandi detoks, hal ini untuk mencegah agar anak tidak meminum air garam tersebut.

Itulah manfaat mandi garam epsom untuk anak. Bagi anak yang memiliki masalah kulit dan sering rewel di malam hari karena kelelahan bermain, tentu ini sangat membantu lho Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.