Tingkatkan Bonding Mama dan Anak, Ini 5 Manfaat Yoga Bersama di Rumah

Bisa dijadikan waktu bonding bersama anak di rumah

19 Februari 2021

Tingkatkan Bonding Mama Anak, Ini 5 Manfaat Yoga Bersama Rumah
Freepik

Yoga merupakan penggabungan aktivitas tubuh dan olah pikiran yang fokus pada kekuatan tubuh bagian tertentu serta melatih pernapasan dan fleksibilitas tubuh.

Olahraga ringan yang menenangkan ini diketahui telah memiliki segudang manfaat yang baik untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Tak hanya dirasakan orang dewasa, anak-anak pun turut merasakan, Ma.

Jika Mama mengikutsertakan anak untuk yoga bersama, itu akan membantu merelaksasi tubuhnya sehingga ia bisa beristirahat lebih tenang di malam hari. Selain itu, pola makan anak pun akan terjaga dengan baik.

Selain manfaat yang sudah disebutkan, ada manfaat lain yang bisa Mama jadikan alasan untuk mengajak anak melakukan yoga bersama anak. Ada beberapa alasan terbaik yang bermanfaat bagi Mama dan anak ketika yoga bersama.

Berikut Popmama.com mengulas manfaat yoga bersama anak yang bisa dilakukan di rumah.

1. Meningkatkan bonding dengan anak

1. Meningkatkan bonding anak
Freepik/jcomp

Meski banyaknya kegiatan atau pekerjaan yang orangtua miliki, menyempatkan waktu untuk bonding dengan anak adalah hal yang harus tetap dilakukan.

Manfaat yoga bersama anak salah satunya adalah untuk meningkatkan bonding orangtua dengan anaknya. Lakukanlah selagi sempat, Ma.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kedekatan dengan anak, salah satunya dengan olahraga bersama melalui yoga.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh Mama dan anak, yoga juga mampu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak lho!

Editors' Picks

2. Membangun kepercayaan diri

2. Membangun kepercayaan diri
Freepik/Cookie-studio

Sebagai orangtua, tentu kita menginginkan anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi untuk keberhasilannya kelak. Untuk itu Mama perlu membangun kepercayaan diri anak sejak usia dini.

Melakukan yoga bersama anak menjadi salah satu cara terbaik yang bisa membantu Mama dalam membangun rasa percaya diri anak.

Hal ini karena gerakan yoga yang mampu mengajarkan mereka untuk bersabar, bertahan, dan berusaha.

Ketiga aspek tersebut membuat anak nantinya dapat menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam hal apapun. Terlebih ketika anak baru memasuki usia sekolah, percaya diri adalah hal yang sangat dibutuhkan.

3. Menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus

3. Menenangkan pikiran meningkatkan fokus
Freepik/prostooleh

Sudah menjadi alasan kuat mengapa yoga menjadi salah satu olahraga yang mampu menenangkan pikiran. Tak hanya untuk Mama, anak pun bisa merasakan demikian, Ma.

Tak hanya menenangkan pikiran, setiap gerakan yoga juga mendorong anak untuk menetralkan pikirannya agar tetap fokus. Saat fokus anak meningkat, tentunya ini akan membantunya untuk berkonesntrasi dalam menyelesaikan apapun termasuk tugas sekolahnya.

4. Membantu mengurangi stres

4. Membantu mengurangi stres
Freepik/bristekjegor

Jika orangtua berpikiran anak-anak minim dari stres, nyatanya tidak demikian, Ma. Terlebih di tengah pandemi yang mengharuskan anak di rumah saja, justru membuat mereka menjadi lebih mudah stres.

Untuk memanfaatkan waktu selama di rumah saja, Mama bisa lho mengajak anak melakukan yoga bersama. Yoga menjadi olahraga paling aman yang bisa Mama lakukan bersama anak untuk mengurangi stres.

Hal ini lantaran setiap gerakan yoga akan membuat anak lebih fokus untuk melatih pernapasannya. Sehingga dapat mengurangi kadar stres yang ada pada tubuhnya.

5. Olaharaga aman dan terbaik untuk anak

5. Olaharaga aman terbaik anak
Freepik

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba untuk membuat tubuh tetap sehat. Namun banyak pula olahraga yang belum ramah anak dan berbahaya jika dibiarkan melakukannya sendiri.

Yoga menjadi salah satu olahraga yang paling aman dan tepat untuk kesehatan tubuh anak. Mama bisa mengajarkan anak berbagai gerakan mudah yang dapat membantu menyehatkan tubuhnya serta berbagai kesehatan mental lainnya.

Itu tadi manfaat yoga bersama anak yang bisa Mama lakukan di rumah. Yuk, isi waktu luang Mama dan anak agar lebih sehat dan menyenangkan dengan yoga bersama.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.