5 Vitamin untuk Mengatasi Anak yang Susah Buang Air Besar

Vitamin yang dibutuhkan tubuh anak untuk berkerja normal

31 Juli 2021

5 Vitamin Mengatasi Anak Susah Buang Air Besar
Freepik/Kwanchaiudom

Jika anak mengalami konstipasi atau sembelit, tandanya ia sedang mengalami masalah pada sistem pencernaannya hingga menyebabkan kesulitan buang air besar. Jika Mama memperhatikan anak hanya buang air besar sebanyak tiga kali dalam seminggu, kemungkinan besar sedang mengalami sembelit.

Biasanya dalam mengatasi sembelit, Mama akan memberikan anak asupan dengan makanan yang memiliki kandungan serat.

Selain serat, juga terdapat jenis vitamin tertentu yang dapat meringankan sembelit. Namun perlu diketahui, beberapa vitamin juga dapat menyebabkan sembelit lho!

Pilih vitamin pun perlu diketahui kandungannya secara cermat agar tidak salah, Ma.

Nah kali ini Popmama.com akan membahas tentang vitamin untuk anak yang susah buang air besar. Yuk disimak ya, Ma!

1. Vitamin C

1. Vitamin C
Freepik

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat membantu anak dalam mengatasi sembelit. Ketika tubuh sudah cukup mendapat asupan vitamin C, sisa dari vitamin yang tidak terserap tubuh akan memberikan efek osmotic pada sistem saluran pencernaan anak.

Dalam hal ini Vitamin C membawa air ke dalam usus, sehingga dapat membantu melembutkan feses. Sehingga, asupan vitamin C dalam makanan atau suplemen dapat membantu meredakan sembelit.

Namun, Mama tetap harus memperhatikan asupan vitamin C agar tidak berlebih. Jika anak kelebihan Vitamin C, akan menyebabkan efek samping seperti diare, mual, dan kram perut. Kelebihan Vitamin C juga dapat menyebabkan tubuh terlalu banyak menyerap zat besi yang menyebabkan sembelit jadi lebih parah.

Dokter tidak menyarankan untuk mengonsumsi Vitamin C dalam dosis besar dalam mengatasi sembelit, namun cukup minum dalam dosis yang tepat dan tidak berlebihan.

2. Vitamin B12

2. Vitamin B12
Freepik/Valeria_aksakova

Salah satu tanda saat tubuh mengalami defisiensi Vitamin B12 adalah masalah pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, Mama dapat memberikan pada anak asupan makanan dengan Vitamin B12 sebagai tambahan untuk mengatasi sembelit.

Disarankan anak dapat mengonsumsi makanan yang kandungannya tinggi akan B12 seperti hati sapi dan ikan salmon atau tuna. Rata-rata anak-anak usia di bawah 18 tahun mendapatkan asupan vitamin sebanyak 0,4 hingga 2.4 mikrogram tergantung usianya.

Ini adalah salah satu vitamin untuk mengatasi sembelit pada anak yang efektif.

Editors' Picks

3. Vitamin B5

3. Vitamin B5
Well-beingsecrets.com

Dilansir dari situs Healthline, Vitamin B5 yang dikenal sebagai asam pantotenat dapat digunakan untuk mengatasi dan meringankan sembelit untuk anak-anak dan orang dewasa.

Namun, rekomendasi asupan Vitamin B5 juga tetap perlu dipenuhi setiap harinya. Disarankan asupan Vitamin B5 untuk anak-anak berkisar dari 1,7 hingga 5 miligram per harinya. Sedangkan untuk orang dewasa adalah 5mg per hari.

4. Vitamin B9

4. Vitamin B9
Freepik/Yuliyafurman

Asam folat atau Vitamin B9 merupakan vitamin yang juga dapat mengatasi sembelit. Asam folat bekerja dengan menstimulasi pembentukan asam pada sistem pencernaan anak sehingga dapat membantu meringankan sembelit.

Asam folat dapat membantu meningkatkan asam pada saluran pencernaan yang nantinya akan membantu memperlancar pencernaan. Vitamin B9 atau suplemen asam folat memang dianjurkan, namun lebih baik jika asam folat didapatkan dari makanan. Karena makanan yang kaya asam folat seringkali disertai serat, sehingga dapat membantu anak dalam mengatasi sembelit.

5. Vitamin B1

5. Vitamin B1
Rtl.de

Vitamin B1 atau yang disebut sebagai Thiamine juga dapat berpengaruh pada sistem saluran penceraan. Jika kadar thiamine anak rendah, menyebabkan proses pencernaan yang melambat sehingga menimbulkan efek konstipasi atau sembelit.

Kadar Thiamine juga berbeda, untuk perempuan perlu mengonsumsi thiamine sebanyak 1.1 mg sedangkan untuk laki-laki 1.2 mg perharinya.

Vitamin yang Harus Dihindari Ketika Anak Mengalami Sembelit

Vitamin Harus Dihindari Ketika Anak Mengalami Sembelit
Freepik/User9023173

Sejumlah vitamin dan mineral memang dapat membantu anak dalam mengatasi sembelit. Namun, selain itu juga terdapat beberapa vitamin dan mineral yang justru dapat membuat sembelit menjadi lebih parah, yaitu seperti kalsium dan zat besi.

Kelebihan kalsium atau zat besi akibat mengonsumsi vitamin atau suplemen mungkin terjadi dan dapat menyebabkan sembelit. Untuk itu, coba kurangi dosis kalsium dan zat besi apabila terjadi sembelit, dan kemudian naikan dosis kembali secara perlahan.

Vitamin memang dibutuhkan tubuh agar bisa bekerja dengan normal, Ketika tubuh anak tidak mendapatkan vitamin yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, berbagai kondisi kesehatan dapat menyerang anak termasuk salah satu masalah pada pencernaannya yaitu sembelit.

Itulah vitamin untuk anak yang susah buang air besar. Lakukan aktivitas yang cukup dan ajak anak tetap melakukan olahraga agar badan bugar dan pencernaan tetap sehat juga penting lho, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.