6 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak

Agar waktu buang air besar tak jadi ketakutan mereka lagi, Ma

3 Juni 2019

6 Cara Mengatasi Sembelit Anak
todaysparent.com

Salah satu penyakit yang sering dialami anak-anak adalah sembelit. Sedari mereka mulai makan, sembelit bisa saja mengintai kapanpun. 

Sembelit sering membuat orangtua kuatir lantaran kotoran yang tidak dikeluarkan berhari-hari bisa membahayakan tubuh.

Namun, ada waktunya Mama tak perlu kuatir, ada juga waktunya sudah harus kuatir saat si Kecil sembelit.

Jika ia tidak buang air besar sedikitnya 3 kali seminggu, jika kotorannya sering terlalu besar, keras dan sulit keluar, dan jika kotorannya terlalu kecil seperti kotoran kambing atau kotoran kelinci. Jika dari ketiga tanda dialami si Kecil, maka Mama harus kuatir. 

Sebelum pergi ke dokter, ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan sembelit si Kecil. Ini dia caranya:

1. Memperbanyak makan serat

1. Memperbanyak makan serat
Pixabay/Ikon

Satu anjuran yang paling banyak diberikan saat anak sembelit adalah memperbanyak serat. Karena biasanya, anak kecil yang sulit makan sayur dan buah cenderung lebih mudah sembelit. 

Beberapa pilihan buah yang mengandung banyak serat adalah melon, plum, jeruk, pir, mangga, dan peach.

Sedangkan sayur yang sarat serat antara lain brokoli, bayam, dan ubi, Jika sulit menyuruh mereka makan buah dan sayur, maka bisa coba berikan roti whole grain yang juga kaya serat.

2.  Perbanyak minum air

2.  Perbanyak minum air
Freepik

Salah satu musuh besar sembelit adalah tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air, maka makanan akan sulit dicerna dan tak bisa tersebar maksimal ke tempat yang seharusnya. 

Begitu juga yang terjadi di usus besar. Makanan yang tersisa di sana akan lebih sulit diolah tanpa asupan air yang cukup. Jika si Kecil sembelit, buatlah mereka banyak minum ya, Ma. 

3. Berikan posisi nyaman saat di toilet

3. Berikan posisi nyaman saat toilet
Freepik

Duduk di toilet orang dewasa mungkin membuat sebagian anak merasa tidak nyaman. Alhasil mereka kesulitan buang air besar. Kotoran yang menumpuk memaksa minta dikeluarkan namun ia tidak bisa menemukan posisi yang pas dan nyaman untuk buang air besar. 

Jika perlu, berikan bantuan di toiletnya. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menambah dudukan kecil di toilet dan memberikan tangga kecil yang bisa dipijaknya saat buang air kecil.

Editors' Picks

4. Hindari pemaksaan ke toilet

4. Hindari pemaksaan ke toilet
bundoo.com

Saat toilet training, seringnya orangtua merasa panik saat si Kecil menunjukkan tanda-tanda ingin buang air besar. Mungkin sebenarnya mereka belum siap, namun sudah terlanjur didudukkan di toilet dan dipaksa. 

Hal-hal seperti ini yang membuat mereka merasa tertekan dan malas untuk buang air besar. Alhasil mereka menahan sakit perut ingin buang air besar dan berujung sembelit. 

Ubahlah cara mengajak ke toilet dengan lebih menyenangkan.

Menurut National Institute for Health and Care Excellence di Inggris, menjadikan proses buang air hal yang menyenangkan dan tanpa tekanan membuat mereka mudah menyadari sistem kebiasaan tersebut.

5. Pijat perut si Kecil

5. Pijat perut si Kecil
Freepik/Peoplecreations

Pijat perut jadi salah satu hal ampuh melawan sembelit, terutama bagi anak yang masih di bawah 3 tahun. Mereka masih mudah diajak bernegoisasi dan cenderung suka sentuhan Mama. Jadi sesi memijat bisa jadi favorit mereka. 

Mama bisa memijat perut si Kecil dengan menggunakan jempol atau 3 jari (telunjuk, jari tengah dan jari manis) dan memijat dengan arah memutar ke bawah. DImulai dari pusar, melingkar ke atas dan menurun ke bawah, sambil ditekan pelan ya, Ma.

6. Ajak mereka banyak bergerak

6. Ajak mereka banyak bergerak
Freepik/Pharmkwan_sj

Cara terakhir dan mungkin paling menyenangkan bagi anak-anak adalah mengajaknya banyak bergerak. Anak-anak balita memang terbiasa banyak gerak. Inilah salah satu hal yang membuat mereka mudah buang air kecil.

Namun ada kalanya mereka terlalu asyik diam terutama saat terlalu sering nonton televisi. Nah inilah masalah utamanya. Pergerakan yang kurang bisa membuat sembelit. 

Tak ada salahnya mematikan televisi dan mengajak mereka bergerak dan bermain di luar sampai mereka berkeringat. Jangan kaget ya, Ma jika setelah itu mereka minta buang ai rbesar. 

Seluruh cara tentu bisa dicoba, namun pastikan untuk melakukannya tanpa paksaan agar mereka tidak makin stress dan makin sulit buang air besar.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!