Tips Bijak Dampingi Anak dalam Bermain Gadget

Penting untuk Mama memperkenalkan teknologi kepada anak sejak dini

28 September 2021

Tips Bijak Dampingi Anak dalam Bermain Gadget
Freepik/pch.vector

Saat ini, kita hidup di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Aktivitas yang kita lakukan sehari-harinya tidak bisa dipisahkan dari teknologi, contohnya adalah gadget.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Mama harus mulai mengenalkan teknologi pada anak sejak dini. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kebanyakan aktivitas dilakukan serba online, termasuk aktivitas pembelajaran anak. 

Di sisi lain, orangtua harus benar-benar bijak dalam mengenalkan gadget pada anak. Banyak sekali hal-hal negatif dari gadget dan internet yang dapat diserap oleh anak, apalagi jika tidak dalam pengawasan orangtua.

Solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah dengan memilih gadget dengan fitur-fitur yang ramah bagi anak.

Selain itu, Mama juga harus mengawasi penggunaan gadget pada anak untuk menghindari anak melihat konten negatif yang ada di internet. Kali ini Popmama.com telah merangkum informasi terkait tips bijak mendapingi anak bermain gadget. Langsung saja disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Berikan gadget yang ramah bagi anak

1. Berikan gadget ramah bagi anak
Dok. Huawei

Dalam memperkenalkan gadget pada anak, Mama perlu memerhatikan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Ada baiknya Mama memberikan gadget yang aman dan dapat mendukung aktivitas anak untuk bermain sambil belajar.

Pada tanggal 23 September 2021, Huawei Consumer Business Group akan meluncurkan Huawei MatePad T8 Kids sebagai gadget yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak. Tablet ini memiliki banyak fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain anak dengan tetap dibawah pengawasan orangtua.

"Tablet ini memiliki fitur parental control dan aplikasi yang menarik untuk mengembangkan minat anak. Selain itu, tablet ini dapat memberikan pengalaman bermain sambil belajar dengan tetap memprioritaskan kesehatan mata anak," ujar Edy Supartono, Training Director of Huawei CBG Indonesia dalam acara media roundtable Huawei MatePad T8 Kids Edition, pada Jumat, 17 September 2021.

2. Fitur kontrol orangtua

2. Fitur kontrol orangtua
Dok. Huawei

Saat memberikan gadget pada anak, orangtua sering kali khawatir jika anak membuka aplikasi yang kurang baik. Oleh karena itu, sebaiknya berikan gadget yang memiliki fitur app management dan content management yang tentunya akan sangat membantu orangtua dalam memilah konten yang baik untuk anak. 

Selain itu, fitur time management juga dibutuhkan sebagai solusi jika Mama khawatir anak akan bermain gadget terlalu lama. Mama dapat mengendalikan waktu pemakaian sehingga anak tidak bermain gadget dengan berlebihan.

Selain mengontrol anak dalam hal waktu pemakaian gadget, Mama juga perlu memastikan anak menggunakan gadget dengan benar. Hal ini karena gadget memiliki sinar biru yang dapat merusak mata. Oleh karena itu, penting untuk mengajari anak posisi yang tepat saat bermain gadget.

Berikan gadget yang memiliki fitur proteksi mata seperti blue light filter, posture alerts dan e-book mode agar anak terhindar dari kerusakan mata akibat penggunaan gadget yang salah.

Selain proteksi mata, ada baiknya Mama juga memberikan gadget yang memiliki fitur safe charging untuk menghindari risiko terkait dengan tegangan listrik. Pastikan juga gadget memiliki material yang kuat dan aman bagi anak agar tahan lama.

3. Aplikasi yang mendukung kreativitas dan kegiatan belajar anak

3. Aplikasi mendukung kreativitas kegiatan belajar anak
Dok. Huawei

Penting bagi Mama untuk memberikan gadget yang menyajikan aplikasi-aplikasi yang ramah untuk anak, misalnya aplikasi yang dapat mendukung kegiatan belajar anak seperti cerita edukatif, permainan sains, dan aplikasi lain yang membuat kegiatan belajar anak menjadi lebih menyenangkan.

Dengan memilih gadget yang tepat, semangat belajar anak dapat meningkat karena belajar dibuat seperti permainan yang menyenangkan. Selain itu, anak juga jadi tidak tertinggal perkembangan teknologi dan informasi yang saat ini telah berkembang pesat.

Nah itu dia informasi seputar tips bijak mendampingi anak bermain gadget. Mama dapat menjadikan informasi ini sebagai referensi untuk memperkenalkan gadget pada anak. Jangan biarkan anak tertinggal perkembangan teknologi, dan tetap awasi penggunaan gadget agar anak aman dari dampak negatifnya ya, Ma!


Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.