Bisa dengan Gadget Juga, 5 Cara Mempererat Bonding dengan Anak

Semua akan beda efeknya jika Mama hadir dengan sepenuhnya

22 Desember 2020

Bisa Gadget Juga, 5 Cara Mempererat Bonding Anak
Freepik/Shurkin_son

Dengan adanya kesibukan sebagai orang dewasa, Mama jadi tidak bisa selalu menemani anak. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempererat bonding bersama mereka. 

Meski ada di rumah, Mama tak selalu bisa menemani anak bermain atau belajar. Ada WFH yang harus dijalani setiap hari, belum lagi tugas rumah tangga yang kerap menunda waktu berkualitas bersama anak. 

Padahal, membentuk bonding yang kuat bersama anak sangatlah penting untuk membentuk karakter anak yang kuat, mandiri, dan lebih positif. 

Dirangkum Popmama.com, inilah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan ikatan dengan anak. 

1. Menemani anak mandi

1. Menemani anak mandi
Freepik

Banyak yang tidak sadar bahwa sesi mandi juga waktu yang sangat baik untuk membentuk bonding dengan anak. 

"Bonding terjadi saat ibunya terlibat, seperti menyentuh saat mandi, bercanda sambil membantunya mandi," ujar Psikolog Roslina Verauli, M. Psi., Psi,. dalam acara virtual Cussons Kids Indonesia "The Power of Playing Game: Bonding Time with Kids" pada Senin (21/12/2020) lalu.

Hadir dengan sepenuhnya pada anak, bercanda, dan memperbanyak sentuhan bisa meningkatkan hubungan dengan si Kecil. Dengan begitu, kebutuhan kasih sayangnya akan terpenuhi. 

Hal sederhana seperti mandi, jika dilakukan dengan sepenuh hati bisa jadi cara membentuk ikatan yang sederhana namun sangat kuat. 

Editors' Picks

2. Makan bersama

2. Makan bersama
Freepik/pch.vector

Selain bisa membuat si Kecil lebih lahap, makan bersama orangtuanya merupakan waktu yang berharga bagi anak. 

Tentu akan berbeda rasanya saat ia makan sendiri dan makan bersama Mamanya. 

"Daripada membiarkan anak duduk makan sendiri dengan menonton gadget, lebih baik makan bersama," lanjut Vera.  

3. Main game bersama si Kecil

3. Main game bersama si Kecil
Dok. PZ Cussons

Banyak permainan yang bisa dilakukan bersama anak, salah satunya main game.

"Game di ponsel menjadi jembatan untuk orangtua dan anak agar bisa membentuk bonding yang kuat," ujar Riza Rahman, Head of Marketing Asia of PZ Cussons Indonesia dalam acara yang sama. 

Untuk itu, PZ Cussons meluncurkan Cussons Kids Play yang dirancang untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas si Kecil. Sekaligus meningkatkan keeratan dan kehangatan antara anak dan orangtua. 

Aplikasi dengan 2 tema yaitu Amazing Race dan Rainbow Castle ini dikatakan sebagai game yang berbeda dengan yang lainnya. Karena, game ini dirancang untuk bisa dimainkan untuk anak dan orangtua. 

"Kami bekerjasama dengan lembaga psikologi dan developer game profesional untuk membentuk game ini," lanjut Riza. 

Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store. Untuk memulainya, Mama harus membeli produk Cussons Kids dan men-scan kemasan depan produk dan pilih game Amazing Race thru Times with Hotweels atau Rainbow Castle

Mama bisa mengajak si Kecil mengumpulkan skor dengan menyelesaikan sejumlah tahapan permainan dan kesempatan menangkan hadiah menarik setiap bulannya. 

Kompetisi ini dimulai pada 1 Januari 2021 sampai 31 Mei 2021. Nantinya, akan ada 10 pemenang utama yang dipilih berdasarkan skor tertinggi. 

4. Membacakan cerita

4. Membacakan cerita
Pexels/andreapiacquadio

Membacakan cerita sebelum tidur bisa jadi cara terbaik membentuk bonding dengan anak. Ia akan menutup hari dengan kenangan hangat bersama orangtuanya. 

Mama bisa meminta si Kecil memilih buku favoritnya dan bacakan dengan sepenuh hati. Bisa kembangkan dengan cerita yang dibuat oleh Mama dan buah hati. 

Setiap malam, bisa tambahkan cerita atau mengubah sendiri cerita yang dibuat bersama. Pasti tambah seru!

5. Mengobrol dengan anak 

5. Mengobrol anak 
Freepik/Somemeans

Ingat lagi, kapankah terakhir Mama mengobrol sepenuh hati dengan si Kecil?

Padahal kegiatan ini bisa menguatkan hubungan Mama dan si kecil. Selain itu, ia juga bisa belajar terbuka dengan orang yang disayangnya. 

"Pastikan untuk hadir sepenuhnya saat bersama anak dan lihat sendiri perbedaannya," tutur Vera. 

Saat kebutuhan cinta kasih anak terpenuhi dengan baik, maka ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih tenang dan mudah berteman dengan orang lain. 

Jadi, jangan tunda untuk melakukan kegiatan-kegiatan di atas, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.