Doa Masuk Kamar Mandi dan Doa Keluar Kamar Mandi Beserta Artinya

Mulai ajarkan si Kecil doa-doa berikut agar dirinya ingat hingga dewasa

29 Juli 2021

Doa Masuk Kamar Mandi Doa Keluar Kamar Mandi Beserta Artinya
Pexels/Max Vakhtbovych

Doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi sebaiknya diamalkan oleh umat muslim setiap hari. Untuk itu penting untuk mengajarkan kepada anak sejak dini. Selain itu sebelum dan sesudah keluar kamar mandi pun ada adabnya dalam Islam.

Dalam Islam, terdapat banyak kumpulan doa yang dapat diamalkan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan melakukan hal tersebut, bukan hanya mendapatkan pahala, kebaikan-kebaikan lainnya juga pasti dapat Mama rasakan.

Kalau doa sebelum makan, tentu Mama sudah ajarkan anak mama sejak kecil. Biasanya di usia 5 tahun, anak sudah sangat hafal.

Namun, bagaimana dengan doa masuk dan keluar kamar mandi?

Doa yang satu ini juga nggak boleh diabaikan, Ma. Terutama, karena Mama pastinya keluar-masuk ruangan tersebut setiap waktu, kan? Tidak menutup kemungkinan si Kecil.

Maka dari itu, kali ini Popmama.com akan membahas tentang doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi beserta artinya. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Editors' Picks

1. Bacaan doa masuk kamar mandi dan artinya

1. Bacaan doa masuk kamar mandi artinya
Freepik/Mrsiraphol

Sejatinya, jin dan setan bermukim di tempat-tempat yang kotor seperti toilet dan kamar mandi. Dalam hal ini, Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk membacakan zikir sebelum masuk ke kamar mandi.

Sesuai dengan hadis riwayat Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375, berikut bacaan doa masuk kamar mandi beserta artinya:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

“Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.”

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

2. Bacaan doa keluar kamar mandi dan artinya

2. Bacaan doa keluar kamar mandi artinya
Freepik/lifeforstock

Setelah selesai menggunakan kamar mandi, ada juga doa keluar kamar mandi yang menyertai ya, Ma. Bacaan yang perlu diucapkan pun cukup singkat, yakni:

غُفْرَانَكَ

“Ghufronaka.”

Artinya: “Ya Allah, aku mengharap ampunan-Mu.”

Mungkin anak akan bertanya, mengapa sih ketika keluar dari kamar mandi juga ada zikir yang perlu dilafalkan? Nah, Mama bisa memberikan penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah.

Jadi ketika di dalam kamar mandi, Mama telah dipermudahkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan kotoran yang berbahaya jika tidak dibuang dari tubuh.

Nah, ini menjadi sebuah pengingat kepada manusia untuk memohon kepada Allah agar dosa-dosa yang pernah diperbuat diampuni semudah kotoran yang dibuang tadi.

3. Jangan lupa ajarkan si Kecil tentang adab di kamar mandi ya, Ma!

3. Jangan lupa ajarkan si Kecil tentang adab kamar mandi ya, Ma
Freepik/freepik

Di samping doa-doa tadi, penting bagi Mama untuk juga mengajarkan si Kecil tentang adab-adab ketika sedang di dalam kamar mandi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mendahulukan Kaki Kiri ketika Masuk dan Kaki Kanan ketika Keluar Kamar Mandi

Beritahu si Kecil untuk selalu mendahulukan kaki kiri saat masuk dan kaki kanan saat keluar kamar mandi. Hal ini sesuai dengan sunah Rasulullah di mana ia selalu mendahulukan tubuh bagian kanan untuk hal-hal yang baik dan tubuh bagian kiri untuk yang kurang baik.

2. Tidak Membawa Barang yang Bertuliskan Nama Allah

Toilet dan kamar mandi merupakan tempat yang kotor. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk tidak membawa barang apapun yang bertuliskan nama Allah yang suci, seperti cincin ataupun Alquran.

3. Tidak Menghadap Kiblat saat di Kamar Mandi

Tentu terkesan tidak etis apabila sedang buang air kecil atau besar, tubuh menghadap ke arah tempat yang dituju sewaktu sembahyang. Maka dari itu, beritahu si Kecil untuk menghadap ke utara atau selatan ketika berada di dalam kamar mandi.

4. Tidak Boleh Berbicara ketika di Kamar Mandi

Ngobrol, berkata-kata, ataupun bernyanyi di dalam kamar mandi adalah perbuatan yang kurang terpuji. Syaikh Ali Basam menjelaskan bahwa perbuatan tersebut tidak mencerminkan sikap malu lho, Ma.

Bahkan, Rasulullah juga pernah tidak mengucapkan salam karena dirinya sedang buang hajat.

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.

Itulah doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi beserta artinya. Ajarkan pula adabnya pada anak. Segala sesuatu yang baik sebaiknya diajarkan ke anak sedari dini. Hal ini supaya dirinya tetap mengingat pelajaran tersebut bahkan sampai ia dewasa.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.