Penting Untuk Beritahu ke Anak Agar Dijaga, 5 Bagian Tubuh Paling Kuat

Seberapa kuat organ-organ tubuh tersebut, ya?

28 Juni 2020

Penting Beritahu ke Anak Agar Dijaga, 5 Bagian Tubuh Paling Kuat
Freepik/teksomolika

Semua organ tubuh manusia memiliki fungsi dan kapasitasnya masing-masing. Tanpa adanya organ tubuh yang sehat, kehidupan seseorang pun nantinya akan terganggu. Baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak.

Namun tahukah Mama, bahwa sistem tubuh manusia memiliki sistem komplek yang berjalan secara otomatis sesuai dengan kinerja dari masing-masing organ tersebut?

Fakta menyebutkan bahwa terdapat beberapa organ tubuh manusia yang dianggap sebagai organ tubuh terkuat. Kira-kira organ tubuh bagian mana dan apa saja ya fungs setiap organ terkuat itu?

Untuk mengetahuinya, berikut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber agar Mama dapat menjelaskan pada si Kecil perihal organ tubuh terkuat yang penting untuk dijaga. Yuk, disimak Ma!

1. Jantung yang bekerja layaknya baterai

1. Jantung bekerja layak baterai
Pexels/Kaboompicscom

Menjadi salah satu organ vital dalam tubuh manusia, jantung akan terus berdetak untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki fungsi secara keseluruhan sebagai sirkulasi jantung, dimana setiap detakan jantung akan terjadi keluar masuknya aliran darah.

Cleveland Clinic dalam lamannya mencatat bahwa jantung memiliki sistem kelistrikan yang memungkinkan jantung dapat bekerja dengan normal. Layaknya baterai, detak jantung bekerja akibat dari impuls listrik yang berjalan dan bekerja di jalur khusus menuju jantung manusia. Itu sebabnya jantung dapat terus berdetak sampa seumur hidup manusia.

Nah, impuls listrik itulah yang dapat menghidupkan jantung untuk tetap bekerja memompa darah disetiap tubuh kita, Ma. Salah satu penghasil impuls listrik pada tubuh manusia adalah simpul sinoatrial (SA node) yang berada pada kanan atas jantung. Sel-sel tersebut bekerja sama dengan jantung supaya seumur hidupnya dapat terus memompa darah dalam tubuh manusia.

Jika baterai plutonium buatan manusia yang dianggap sebagai baterai paling canggih itu hanya mampu bekerja 30-40 tahun. Jantung yang merupakan baterai alami bisa bertahan di tubuh manusia hingga lebih dari 80 tahun lho! Jadi tak bisa dipungkiri jika jantung dan perangkatnya merupakan salah satu organ tubuh terkuat manusia.

Editors' Picks

2. Sepasang ginjal kecil yang mampu menyaring 200 liter cairan tubuh

2. Sepasang ginjal kecil mampu menyaring 200 liter cairan tubuh
restaurantbusinessonline.com

Dilansir dari Kidney, dalam 24 jam sepasang ginjal yang berukuran kecil akan bekerja untuk menyaring cairan tubuh sebanyak 200 liter dan akan membuang 2 liter sisanya dalam bentuk urin.

Tentu tidak mudah menyaring cairan sebanyak itu kan, Ma? Hebatnya lagi, ginjal sehat akan menyaring cairan dan darah manusia dengan sempurna! Namun jika proses penyaringan tidak berjalan dengan baik, bisa dipastikan bahwa ada yang salah dengan fungsi ginjal tersebut.

Bisa dibayangkan nggak, Ma jika tubuh kita tidak memiliki ginjal? Mungkin seumur hidup kita harus menjalani cuci darah dan akan ada banyak limbah serta racun yang berputar dalam tubuh orang tersebut. Jadi tak kaget jika kekuatan sepasang ginjal inilah yang membuat darah kita selalu bersih setiap harinya.

3. Lambung dapat menghasilkan asam yang korosif

3. Lambung dapat menghasilkan asam korosif
Freepik/prostooleh

Lambung yang memiliki bentuk seperti kantong terletak di bawah rongga tubuh manusia. Fungsinya ialah untuk mencerna dan menghancurkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Prairie Naturals, lambung dapat menghasilkan asam yang cukup kuat untuk menghancurkan makanan. Asam ini adalah senyawa yang terdiri atas asam klorida, natrium klorida, dan kalium klorida.

Tahukah Mama bahwa asam tersebut mampu menghancurkan makanan padat sebanyak 3 liter hingga berubah lunak yang disebut chyme. Dengan kekuatan penghancur seperti ini, lambung menjadi salah satu organ terkuat melebihi kekuatan gigi.

Jika si Kecil akan sedikit susah menggunakan giginya untuk menghancurkan makanan. Namun, asam lambungnya dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. Tak hanya itu, asam lambung juga dapat menghancurkan bakteri dan virus yang merugikan bagi tubuh, tentunya pada batasan dan kondisi tertentu.

Namun hal uniknya adalah, lambung atau perut kita tidak akan rusak akibat asam tersebut. Mengapa demikian ya? Sebab permukaan lambung akan otomatis memperbarui dirinya sendiri dengan menghasilkan senyawa alkali bikarbonat. Senyawa ini akan menetralkan dan mengurangi dampak dari asam lambung tersebut. Jadi beritahu si Kecil untuk menjaganya ya, Ma!

4. Tulang manusia dengan kekuatan melebihi baja

4. Tulang manusia kekuatan melebihi baja
clarkpodiatry.com

Sudah tak asing lagi jika tulang disebut sebagai organ terkuat dalam tubuh manusia. Sebab tulang memiliki tanggung jawab dalam melindungi organ-organ tubuh lunak yang ada dalam tubuh manusia.

Tetapi seberapa kuat sih tulang kita? Live Science mencatat bahwa tulang manusia memiliki kekuatan yang melebih baja, Ma! Bisa dibayangkan dong sekuat apa?

Menurut penelitian dan studi, satu inci kubik tulang dapat menanggung beban seberat 8.600 kilogram. Kekuatan ini empat kali lebih kuat dibandingkan dengan baja atau beton. Tentu tidak semua tulang manusia dapat bekerja seperti itu. Hanya bagian terkuatnya saja yang mampu, yakni tulang femur.

Tulang femur atau paha adalah tulang terkuat dan terbesar yang ada pada tubuh manusia. Pada kasus-kasus kecelakaan fatal, biasanya memang tulang terlebih dahulu yang terkena dampaknya. Hal ini memang sejalan dengan tugas utama tulang yaitu melindungi seluruh organ lunak dalam tubuh manusia.

5. Kulit menjaga dari paparan sinar matahari

5. Kulit menjaga dari paparan sinar matahari
Freepik/yanadjana

Dilansir dari laman National Geographic, kulit adalah organ tubuh terbesar yang ada pada tubuh manusia. Ukuran kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat sekitar 3,6 kilogram. Ternyata besar sekali ya, Ma!

Organ terbesar ini tentu memiliki fungsi bagi tubuh manusia. Tanpa kulit, maka cairan di dalam tubuh akan menguap dan manusia akan mati.

Kulit juga merupakan organ yang sangat kuat karena dapat melindungi tubuh dari paparan polusi, sinar matahari, hingga radiasi dalam jumlah tertentu.

Tak hanya itu saja, kulit juga berfungsi sebagai mantel kedap air bagi tubuh manusia dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Meskipun kulit begitu kuat, namun kulit cukup lentur dan dapat digunakan untuk bergerak bebas.

Selain organ tubuh terbesar, fungsinya pun nggak kalah besar bagi kehidupan ya.

Nah, itu dia 5 organ terkuat dan terpenting pada tubuh manusia yang wajib dijaga baik-baik. 

Meski kelima organ yang sudah disebutkan menjadi organ terkuat, namun semua organ lainnya juga tak kalah kuat dan pentingnya lho, bagi tubuh kita. 

Semoga dapat menambah wawasan untuk semua Mama dalam mengajarkan pada si Kecil untuk tetap menjaga seluruh organ tubuhnya sejak dini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.