Vitamin Apa Saja yang Dibutuhkan Tubuh untuk Membentuk Imun?

Bukan hanya vitamin C dan E saja, Ma

24 April 2020

Vitamin Apa Saja Dibutuhkan Tubuh Membentuk Imun
Freepik

Di saat seperti ini, memiliki imun yang kuat sangatlah penting. Begitu banyak vitamin yang harus dipenuhi untuk kebutuhan membentuk imun.  

Seringnya vitamin C disebut sebagai pendukung imun tubuh. Kemudian, vitamin E juga disebut menjadi sumber penting pembentuk ketahanan tubuh. 

Nyatanya, tak hanya kedua vitamin itu saja, tapi masih ada banyak vitamin lainnya. Menurut dr Caessar Pronocitro, Sp.A, seorang dokter anak, sistem imun kita merupakan sistem yang kompleks. Jadi dibutuhkan banyak vitamin untuk membuatnya bekerja secara maksimal. 

Vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk membentuk imun tubuh? Berikut Popmama.com akan menjabarkannya untuk Mama ketahui.

1. Ada 7 vitamin dan mineral yang harus dipenuhi

1. Ada 7 vitamin mineral harus dipenuhi
Freepik/freepik
joker with card

Dalam acara Media Talkshow Online Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik dijelaskan oleh dr Caessar mengenai vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk membentuk imun tubuh. 

"Vitamin yang harus dipenuhi setiap hari adalah vitamin A, B, C, D, E, asam lemak omega 3, selenium, seng, dan besi," ungkapnya. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan seimbang di setiap harinya. 

Editors' Picks

2. Sumber vitamin yang bisa dimasukkan dalam menu harian

2. Sumber vitamin bisa dimasukkan dalam menu harian
Shutterstock/Dima Sobko

Untuk membentuk imun tubuh, tentu butuh mencari sumber vitamin di atas. Dari mana saja?

Vitamin A bisa didapatkan dari wortel, bayam, kangkung, atau kuning telur. Vitamin B ada di ikan tuna, hati, ayam, atau pisang. Vitamin C bisa didapat dari kiwi, jambu, pepaya, stroberi, atau jeruk. 

Vitamin D bisa ditemukan di ikan kembung, ikan sarden, susu, dan tentunya, sinar matahari. Sedangkan vitamin E ditemukan di minyak jagung, kedelai, kanola, dan kelapa. 

Mama bisa menyusun menu harian untuk keluarga berdasarkan kebutuhan vitamin harian untuk nutrisi tubuh. Semua agar tubuh sehat dan tidak mudah sakit. 

3. Jumlah sayur dan buah yang dibutuhkan anak setiap hari

3. Jumlah sayur buah dibutuhkan anak setiap hari
Can Stock Photo

Bagi anak, kebutuhan nutrisi mereka harus maksimal. Oleh karena itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka. 

Menurut dr Helmin Agstina Silalahi - Medical Manager Kalbe Consumer Health, untuk memenuhinya, anak-anak harus diberikan 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. 

Oleh karena itu, memberikan makanan penuh gizi sangatlah penting bagi pertumbuhan dan kesehatan si Kecil. 

Jika kekurangan, maka mereka bisa mengalami kekurangan nutrisi yang berujung pada efek samping bagi pertumbuhannya. Mulai dari stunting, mudah sakit, sampai malnutrisi. 

4. Tips untuk anak yang sulit makan buah dan sayur

4. Tips anak sulit makan buah sayur
foodmatters.com

Tidak setiap anak memiliki lidah yang bisa menerima rasa dan tekstur sayur atau buah. Seringnya mereka menolak jika diberikan sayur. Pada akhirnya, mereka hanya makan karbo dan protein saja. 

Mama bisa menyiasati dengan banyak cara. Mulai dari membuat makanan dengan sayur yang dicincang kecil, atau membuat jus dari buah yang menarik bagi si Kecil.

Cara lainnya adalah dengan memberikan asupan multivitamin. Menurut dr Helmin, salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak adalah dengan memberikan multivitamin. 

Saat ini sudah banyak multivitamin yang beredar dan begitu mudah didapatkan. Salah satunya seperti Sakatonik ABC yang memiliki vitamin lengkap serta memiliki rasa yang manis. Tentu si Kecil akan tertarik. 

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian anak untuk membentuk imun tubuh yang maksimal. Sehat selalu, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.