Jangan Salah, Ma! Ini 5 Cara Merawat Kesehatan Telinga Anak

Jangan lupa rutin bersihkan telinga si Kecil ya

30 Juli 2020

Jangan Salah, Ma Ini 5 Cara Merawat Kesehatan Telinga Anak
Freepik

Kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara merawat kesehatan telinga dengan benar. Jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik, akan menimbulkan gangguan pada pendengaran serta telinga.

Merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan tak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun sama pentingnya. Halnini untuk mencegah berbagai masalah pada telinga, seperti infeksi telinga, gangguan pendengaran, bahkan tuli.

Selain mengganggu pendengaran, keseimbangan tubuh pun akan terganggu ketika kesehatan telinga tidak terawat.

Oleh karena itu, sebagai orangtua Mama perlu menjaga kesehatan telinga buah hati tercinta dengan baik agar pendengaean dan keseimbangan tubuhnya tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut cara efektif yang bisa Mama lakukan untuk menjaga dan merawat kebersihan telinga anak. Disimak yuk penjelasan Popmama.com berikut ini, Ma!

1. Menjaga telinganya agar tetap kering

1. Menjaga telinga agar tetap kering
Freepik/Rawpixel.com

Ketika habis mandi, tak hanya tubuhnya saja yang dikeringkan, bagian telinganya pastika juga kering dengan sempurna ya, Ma!

Sebab kondisi telinga yang basah atau terlalu lembap memungkinkan bakteri dan jamur dengan mudah berkembang biak. Tentunya ini akan memicu iritasi dan infeksi pada telinga anak.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengeringkan telinga anak dengan handuk yang bersih dan kering setiap habis mandi, atau pun berenang ya, Ma.

Editors' Picks

2. Hindari mengorek telinganya terlalu sering

2. Hindari mengorek telinga terlalu sering
Freepik/Drobotdean

Adanya kotoran telinga atau merasa gatal pada telinga sering kali membuat anak mengoreknya. Padahal, sebaiknya hal ini perlu dihindari, Ma.

Kotoran pada telinga sifatnya normal terjadi, ini dibentuk sebagai salah satu cara melindungi liang telinga dari kotoran dan debu 

Kotoran inilah kadang menimbulkan rasa gatal atau tersumbat, sehingga anak sering kali megoreknha dengan tangan atau menggunakan cotton bud. 

Perlu diwaspadai, kebiasaan ini bisa jadi akan melukai telinga dan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam.

Telinga sendiri punya cara alami membersihkan kotorannya, tetapi jika mengganggu anak Mama, sebaiknya kunjungi dokter THT untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan telinga dengan aman.

3. Hindari suara yang terlalu keras

3. Hindari suara terlalu keras
Freepik/gelpi

Menonton televisi atau video game pada gawai sering kali membuat anak asyik sendiri, tak jarang sampai terlalu membesarkan volume dari televisi atau gawainya.

Ada baiknya Mama mebatasinya untuk tidak terlalu memasang suara terlalu keras, beri waktu telinganya untuk istirahat dari suara-suara keras yang akan mengganggu pendengarannya.

Jika sedang dalam perjalanan yang cukup bisinh, seperti menggunakan pesawat terbang, Mama bisa memberikan anak earplug atau sumbat telinga agar terhindar dari gangguan pendengaran.

4. Bersihkan telinga dengan benar

4. Bersihkan telinga benar
Maxpixel.net

Sebelum memulai bersihkan telinga anak, lerlu diketahui bahwa telinga terdiri dari tiga bagian utami yaitu bagian dalam, tengah, dan luar.

Ketiga bagian ini memiliki fungsinya masing-masing, Ma. Jadi, saat membersihkan telinga ada baiknya dilakukan pada bagian luar atau daun telinganya saja.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran berlebih.

Jadi, pembersihan pada telinga cukup Mama lakukan padan bagian daun telinganya saja ya, Ma.

5. Rutin periksa kebersihan telinga

5. Rutin periksa kebersihan telinga
Freepik/Wavebreakmedia

Tak hanya pemeriksaan gigi saja yang dilakukan secara rutin, Ma. Pemeriksaan telinga ke dokter THT pun perlu dilakukan secara rutin agar kondisi telinga tetep sehat dan mendeteksi apabila terdapat gangguan pada telinganya.

Melalui pemeriksaan rutin ke dokter, tanda atau gejala penyakit telinga pada anak dapat diketahui sejak dini dan dapat mendapatkan penanganan dengan cepat.

Nah, itu dia cara yang bisa Mama lakukan untuk menjaga dan merawat kebersihan telinga buah hati tercinta. Pastikan untuk selalu merawatnya dengan baik dan benar ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.