5 Manfaat Pop It Bubble, Mainan yang Sedang Viral Nih Ma!

Tak lagi bermain gelembung pada bubble wrap, yuk coba mainan pop it bubble

28 Mei 2021

5 Manfaat Pop It Bubble, Mainan Sedang Viral Nih Ma
Popmama.com/Novy Agrina

Jika Mama merupakan orang yang gemar berbelanja online, si Kecil mungkin menjadi orang yang bersemangat untuk membuka paket tersebut. Ini karena adanya bubble wrap pembungkus yang digunakan anak sebagai permainan.

Bubble wrap umumnya akan dipecahkan anak dan membuat mereka merasa senang ketika memainkannya.

Namun kini, Mama tak perlu menunggu paket sampai untuk membuatnya terhibur. Mama bisa mengajak si Kecil bermain pop it bubble yang tengah viral di media sosial, Ma.

Mainan yang tersedia dalam banyak warna dan menyerupai bubble yang ada pada bubbe wrap ini bisa dijadikan pilihan mainan edukasi juga lho, Ma.

Selain menghibur, mainan yang tengah viral ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Apa saja manfaat mainan pop it bubble untuk anak? Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan berikut ini. 

1. Menghibur

1. Menghibur
Freepik/Freepic-diller

Sudah semestinya permainan memiliki manfaat yang dapat menghibur penggunanya, sama halnya dengan permainan pop it bubble yang dimainkan oleh anak-anak. Permainan yang viral dimainkan banyak orang ini ternyata menjadi diperbincangkan lantaran cukup menghibur disela-sela kegiatan harian.

Bisa jadi ide bermain si Kecil agar tidak bosan dengan mainan yang itu-itu saja selama di rumah nih, Ma!

Editors' Picks

2. Meningkatkan perkembangan sensorik

2. Meningkatkan perkembangan sensorik
Freepik/prostooleh

Kemampuan sensorik dan motorik anak ternyata berkaitan dalam meningkatkan dan melatih kognitifnya, Ma. Termasuk pula dalam hal berkomunikasi dan bersosialisasi.

Dengan memainkan pop it, anak akan terlatih untuk meningkatkan perkembangan sensorik dan motoriknya sejak dini, yang mana permainan tersebut juga mampu melatih perkembangan otot anak.

3. Penghilang stres

3. Penghilang stres
Amazon.com

Mainan pop it bubble ini juga dikatakan sebagai salah satu mainan yang dapat dijadikan penghilang stres, Ma. Tak hanya untuk anak-anak, Mama dan Papa pun bisa ikut bermain bersama sebagai penghilang penat atau stres.

Dengan memencet gelembung-gelembung yang ada pada setiap papan silikon tersebut, anak akan merasa puas dan sedikit melupakan rasa penat yang ia rasakan karena adanya sedikit suara yang dihasilkan dari gelembung tadi.

Berbahan dasar silikon, mainan ini juga bisa dicuci dan digunakan kembali lho, Ma!

4. Meredakan kecemasan

4. Meredakan kecemasan
Freepik

Selain stres atau penat, mainan ini juga dapat mereda kecemasan atau ketakutan anak-anak mama. Tak jarang mainan ini banyak digunakan bagi anak-anak dan remaja dengan autisme, ADD dan ADHD karena sifatnya yang dapat menenangkan saat dimainkan.

"Seperti anak saya, ia masih berumur 5 tahun. Ia belum pintar menjelaskan apa yang ia rasakan, secara emosional ia belum bisa mengutarakan melalui kata-kata yang tepat," cerita Novy Eghy Agrina, Senior Editor Popmama.com yang merupakan mama dari tiga orang anak.

Lalu mainan ini sangat membantu anak tersebut dalam mengatasi kecemasan.

"Kemudian saya membelikan mainan ini, setiap kali anak saya kesal, ia sulit untuk mengeluarkan masarahnya lalu biasanya ia meremas-remas kedua tangannya tanpa henti. Saya berikan mainan ini dan ia jadi lebih tenang. Lama-lama ia bisa menceritakan apa yang ia rasakan dan apa yang membuatnya merasa kesal," ungkap Mama Eghy.

Dari situ bisa diketahui bahwa mainan ini benar-benar memberikan sebuah efek positif bagi anak yang mengalami kasus demikian.

5. Membangun bonding antar orangtua dan anak

5. Membangun bonding antar orangtua anak
Freepik/Yanalya

Membangun dan meningkatkan bonding antar orangtua dan anak menjadi hal penting yang harus dilakukan sejak usia anak dini. Ada berbagai cara yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkan bonding tersebut, salah satunya dengan bermain pop it bubble.

Sebagaimana manfaat sebelumnya untuk meredakan stres dan kecemasan, permainan ini tak hanya bisa dimainkan anak-anak, Mama dan Papa pun bisa ikut bermain bersama sehingga akan meningkatkan bonding antara Mama Papa dan juga si Kecil.

Nah, itu dia manfaat yang bisa anak rasakan ketika bermain pop it. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi ide bermain bersama si Kecil di rumah ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.