Niat dan Doa Salat Dhuha untuk Diajarkan pada Anak

Selain salat wajib, salat sunah juga bisa Mama ajarkan pada anak sejak dini

11 September 2020

Niat Doa Salat Dhuha Diajarkan Anak
Freepik/rawpixel.com

Sebagai umat Muslim, menjalankan ibadah seperti salat, berpuasa, dan membaca Al-Quran merupakan suatu kewajiban yang perlu dikerjakan.

Tak hanya pelajaran formal selama di sekolah, anak juga perlu diajarkan untuk memahami pelajaran agama yang juga berguna bagi kehidupannya kelak.

Selain salat fardhu yang diwajibkan, Mama juga bisa mengajarkan anak berbagai salat sunah.

Meski usianya masih terlalu dini, tak ada salahnya melatih anak dengan salat sunah. Salah satu salat sunah yang bisa Mama ajarkan adalah salah dhuha.

Salat yang dikerjakan minimal dua rakaat ini dapat dikerjakan diantara dua salat wajib, yaitu setelah salat subuh dan sebelum salat zuhur.

Sebelum menjalankan salat dhuha, terlebih dahulu anak diajarkan bacaan niat dan diakhiri dengan doa yang dibacakan setelah selesai salat. Berikut niat dan doa sholat dhuha yang bisa Mama ajarkan pada anak.

Disimak yuk Ma, niat dan doa salat dhuha berikut ini.

Editors' Picks

1. Niat salat dhuha

1. Niat salat dhuha
allwallpaperdownload

Setelah anak berwudhu sebagai syarat wajib melaksanakan salat, selanjutnya adalah mengajarkan bacaan niat yang dapat diucapkan dalam hati atau pun dilafalkan. Berikut bacaan niat salat dhuha yang bisa Mama ajarkan:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, "Aku menyengaja salat sunah duha dua rakaat karena Allah SWT."

2. Bacaan setelah salat dhuha

2. Bacaan setelah salat dhuha
Freepik/rawpixel

Setelah mengerjakan salat dhuha minimal dua rakaat, selanjutnya anak dianjurkan pula untuk membaca beberapa doa sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Allāhumma innad dhuhā’a dhuhā’uka, wal bahā’a bahā’uka, wal jamāla jamāluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka.

Artinya, "Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu."

اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعْسِرًا (مُعَسَّرًا) فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allāhuma in kāna rizqī fis samā’i fa anzilhu, wa inkāna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkāna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kāna harāman fa thahhirhu, wa inkāna ba‘īdan fa qarribhu, bi haqqi duhā’ika wa bahā’ika wa jamālika wa quwwatika wa qudratika. ātinī mā atayta ‘ibādakas shālihīn.

Artinya, "Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh."
 

3. Beberapa keutamaan salat dhuha

3. Beberapa keutamaan salat dhuha
Muslim Village.com

Meski usia anak masih terlalu dini, tetapi mengajarkan anak berbagai ibadah sunah selain ibadah wajib dapat melatih anak untuk terbiasa kelak nanti. Dengan mengajarkan anak untuk menjalankan salat sunah dhuha, anak akan merasakan keutamaannya, Ma. 

Berikut beberapa keutamaan dari salat dhuha yang bisa didapat umat Muslim:

  • Salat sunah memiliki keutamaan untuk permohonan ampunan dosa. Sesuai dengan sabda Rassulullah SAW, “Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu sebanyak seperti buih di lautan.
  • Barang siapa yang menjalankan salat sunah dhuha empat rakaat, maka Allah akan memberikannya kecukupan rezeki. Sebagaimana Allah ‘Azza wa jalla berfirman,”Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat diawal harimu, niscaya aku cukupkan untukmu disepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)
  • Berpahal seperti orang pergi haji dan umroh. Hal ini seseuai dengan yang diriwayatkan Anas bin Malik RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalla bersabda, “Barang siapa melaksanakan sholat subuh berjamaah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.” (HR. Tirmidzi No. 586)

Nah, itu dia niat salat dhuha, doa salat dhuha, serta keutamaan salat sunah dhuha yang bisa Mama ajarkan pada anak sejak dini. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan doa sholat dhuha oleh si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.