Coba Resep Tradisional Ma, Ini 5 Obat Tipes Alami untuk Anak

Jika perawatan di rumah saja, berikan obat alami ini yuk, Ma!

10 Oktober 2020

Coba Resep Tradisional Ma, Ini 5 Obat Tipes Alami Anak
Freepik

Tipes adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Mereka dianggap rentan terkena penyakit ini karena kekebalan imun tubuh mereka belum kuat dan maish berkembang.

Tipes atau dikenal juga dengan sebutan demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini umumnya berkembang di dalam minuman atau makanan yang diolah secara tidak higienis atau kurang matang.

Setelah terkena bakteri tersebut, gejala tipes pada anak akan datang secara tiba-tiba atau bertahap dalam kurun waktu beberapa minggu saja, Ma!

Umumnya anak akan mengalami demam tak kunjung reda selama kurang lebih seminggu dan disertai gejala-gejala tipes lainnya. Saat anak mengalami gejala tipes yang telah disebutkan, Mama bisa mengonsultasikan hal ini pada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Namun jika Mama masih takut membawa si Kecil ke rumah sakit lantaran pandemi yang masih mewabah di Indonesia, Mama bisa mencoba obat alami sebagai penyembuhan.

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 obat tipes alami dan tradisional yang bisa diberikan untuk anak-anak yang terkena tipes. Disimak yuk, Ma!

1. Air kelapa

1. Air kelapa
Parentinghealthybabies.com

Selain menyegarkan, air kelapa terkenal karena energi alaminya yang mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, sodium, lemak, kalsium, kalium, magnesium, karbohidrat, dan elektrolit.

Nutrisi pada air kelapa dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi. Jika si Kecil tak suka makan buah, Mama bisa memberikan air kelapa saat ia terkena sakit tipes.

Dengan memberikan air kelapa, Mama dapat membantu anak untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi dan juga menurunkan demam yang dialaminya.

Editors' Picks

2. Madu

2. Madu
Freepik/Racool_studio

Khasiat madu memang sudah tak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dikenal mampu mengusir bakteri jahat dari tubuh, madu juga mampu mengatsi masalah pencernaan yang timbul akibat sakit tipes, Ma.

Mama bisa memberikan anak madu secara langsung atau dilarutkan dengan air hangat. Berikan larutan madu untuk membantu mengembalikan energi yang hilang selama terkena tipes.

3. Pisang

3. Pisang
Freepik/topntp26

Tahukah, Mama? Pisang adalah salah satu buah yang bisa menjadi salah satu cara dalam meredakan demam tifoid atau demam yang disebabkan bakteri dari penyakit tipes.

Hal ini lantaran pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan dari usus yang mampu mengatasi diare. Ditambah kandungan kalium pada pisang yang juga dapat mencegah hilangnya elektrolit tubuh karena diare dan demam.

Tak diragukan lagi jika pisang menjadi salah satu obat tradisional yang dapat dianadalkan bagi para penderita tipes. Untuk penyembuhan demam anak akibat tipes, Mama bisa memberikan 1-2 pisang matang setiap harinya sampai demam si Kecil mereda. 

5. Air putih

5. Air putih
Pixabay/Baudolino

Gejala tipes berupa demam dan diaera tentu membuat tubuh si Kecil akan alami kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk itu, Mama harus selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya agar ia tidak dehidrasi berkepanjangan.

Penuhi cairan tubuh anak dengan memberikan minum air putih sebanyak 5 gelas per hari. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidradi, air putih juga baik untuk menghilangkan racun dalam tubuhnya. 

Sebelum memberikan air minum pada anak, pastikan air putih yang digunakan oleh Mama dan keluarga adalah air yang bersih dan terhindar dari kuman ya, Ma!

7. Kompres air hangat

7. Kompres air hangat
Freepik/prostooleh

Saat anak mulai alami gejala tipes terlebih demam, Mama bisa segera mengompres air hangat guna menurunkan demamnya.

Mama bisa mengambil lap atau handuk bersih yang sudah direndam dalam air hangat, lalu peras hingga tak ada air yang menetes dan letakkan pada dahi si Kecil. Ganti secara teratur jika lap sudah mulai dingin ya, Ma.

Lakukan kompres air hangat secara teratur agar suhu tubuh segera turun ke kondisi semula. Hindari penggunaan air es ya, Ma! Sebab bukannya menurunkan demam, justru akan memperburuk kondisi si Kecil.

Nah, itu dia beberapa obat alami dan tradisional yang bisa Mama berikan sebagai penanganan tipes pada anak. Jika cara di atas sudah dilakukan namun tak membuahkan hasil, segera periksa kondisi tubuh si Kecil ke dokter ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.