5 Daftar Jenis Buah yang Boleh Dimakan Anak Saat Sakit Tipes

Ternyata pisang menjadi bagian dari diet saat anak terkena tipes

14 Februari 2020

5 Daftar Jenis Buah Boleh Dimakan Anak Saat Sakit Tipes
Freepik

Orangtua memang perlu memenuhi kecukupan gizi dan kebugaran fisik si Kecil. Di mana keduanya harus berjalan seimbang guna menunjang tumbuh kembangnya agar tetap optimal. 

Namun sayangnya, penyakit tipes atau demam tifoid adalah infeksi menular yang dapat berisiko tinggi jika terjadi pada anak. Gejala umum yang biasanya muncul yakni demam, sakit perut, merasa lemah, lelah dan pegal-pegal.

Dikutip dari Kids Health, anak-anak yang menderita demam tifoid harus tinggal di rumah sampai penyakitnya sembuh dan dokter memastikan bahwa bakteri itu hilang. 

Supaya anak lekas sembuh, sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin dan mineral penting.

Berikut Popmama.com berikan 5 daftar buah yang bisa dimakan anak saat terkena tipes, diantaranya:

1. Alpukat sangat mudah dicerna

1. Alpukat sangat mudah dicerna
Pixabay/endriqstudio

Apabila gejala tipes pada anak telah muncul, bersiaplah untuk segera memerangi penyakit ini. Dalam memberikan asupan nutrisi, cobalah memberikannya buah-buahan.

Lybrate.com mengatakan, pastikan memberikan makanan kecil bergizi dan berserat yang dapat membantu menyehatkan tubuh serta memberikannya energi. Biarkan anak menikmati makanan kaya protein yang sangat mudah dicerna seperti alpukat.

Ya, alpukat merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaannya di saat ia sakit tipes.

Manfaat alpukat ternyata bisa dijadikan sebagai bahan detoks alami. Hal ini akan membantu si Kecil membuang berbagai racun di dalam tubuhnya.

Editors' Picks

2. Anggur adalah camilan yang sempurna

2. Anggur adalah camilan sempurna
Freepik/jigsawstocker

Mengikuti pola makan yang efektif sangat penting. Apalagi saat anak terkena tipes, jangan melewatkan memakan buah-buahan.

Jasmine Vineyards menjelaskan, makanan super umumnya mencakup dianggap lebih padat gizi daripada pilihan lain. Karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam anggur dapat memberi dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Anggur adalah camilan yang sempurna di kala anak terkena tipes. Di mana buah anggur yang memiliki sifat antioksidan, antiradang dan antihistamin.

Ketika kandungan itu mampu melawan terhadap suatu bahaya seperti infeksi bakteri maupun virus.

3. Melon meningkatkan daya tahan tubuh anak

3. Melon meningkatkan daya tahan tubuh anak
Pixabay/JillWellington

Tentunya buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi dan menyehatkan perlu diberikan anak saat sedang sakit demam tifoid.

Baby Center menginformasikan, anak yang tidak sehat mungkin tidak mau makan. Tetapi penting baginya mendapatkan nutrisi teratur untuk menjaga tingkat energinya agar cepat pulih.

Ternyata melon kaya akan kandungan vitamin A,C, karotenoid dan bioflavonoid. Semua zat tersebut bersifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Itulah mengapa mengonsumsi buah melon dapat melindungi tubuh anak saat terkena tipes. 

4. Pisang merupakan makanan berkalori tinggi

4. Pisang merupakan makanan berkalori tinggi
Freepik

Demam tifoid dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan gizi. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan gizinya dengan memberikan makanan yang tepat.

Dilansir dari Doctor.NDTv.com, diet tipes perlu mengganti karbohidrat dan lemak dalam tubuh. Makanan berbasis protein dan tinggi kalori adalah bagian yang sangat penting. Makanan berkalori tinggi seperti pisang harus menjadi bagian dari dietnya.

Dengan memakan buah pisang, maka gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat. Hal itu bagus dalam menghilangkan rasa lelah.

Tekstur pisang yang lembek dan lebih lembut membuatnya sangat mudah melewati saluran cerna anak.

5. Semangka menghilangkan radikal bebas di tubuh anak

5. Semangka menghilangkan radikal bebas tubuh anak
Pixabay/JillWellington

Semangka adalah camilan sehat rendah kalori yang manis dan menyegarkan. Ini memberikan hidrasi dan nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral serta antioksidan.

Medical News Today memaparkan, semangka juga mengandung antioksidan. Zat-zat ini dapat membantu menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas di tubuh.

Tidak hanya itu, semangka punya kandungan serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan anak di kala ia terserang tipes.

Demikianlah kelima daftar jenis buah yang dapat dimakan anak saat mengalami tipes. Konsultasikan ke dokter terlebih dulu untuk memastikan takaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.