Pentingnya Menjaga Kesejahteraan Fisik dan Mental Anak di Usia Dini

Kesehatan fisik anak yang buruk dapat meningkatkan risiko timbulnya kesehatan mental

20 Februari 2023

Penting Menjaga Kesejahteraan Fisik Mental Anak Usia Dini
Freepik/Lookstudio

Di zaman serba canggih ini, sayangnya masih ada saja orangtua yang tidak menyadaribetapa pentingnya memerhatikan kesejahteraan anak sejak dini. Kesejahteraan yang dimaksud tidak hanya peduli pada kesehatan fisiknya saja, tetapi juga mentalnya.

Sebagai gambaran kecil, kesehatan fisik anak yang buruk dapat meningkatkan risiko timbulnya kesehatan mental. Begitu pula dengan kesehatan mental yang buruk, dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik.

Meski terlihat sepele, nyatanya pikiran yang mengganggu anak dapat memengaruhi fungsi-fungsi tubuh lainnya. Berikut Popmama.com siap membahas ulasan seputar pentingnya kesejahteraan fisik dan mental anak di usia dini.

1. Tak hanya dari orangtua, kesejahteraan anak juga perlu menjadi perhatian pihak sekolah

1. Tak ha dari orangtua, kesejahteraan anak juga perlu menjadi perhatian pihak sekolah
Dok. Sampoerna Academy

Kesehatan fisik dan mental anak yang terjaga dapat membantu masa tumbuh kembang yang dilewati si Kecil berjalan optimal hingga dapat mencapai potensi penuh pada dirinya.

Alia Md Noh selaku IEYC (International Early Years Curriculum) Head of Sampoerna Academy mengatakan bahwa kesejahteraan anak harus menjadi perhatian besar sekolah demi mendukung perkembangan anak secara optimal.

“Kesejahteraan anak meliputi kesehatan secara keseluruhan, mulai dari sosial, mental, fisik, dan emosional. Hal ini sangat penting karena dapat mendukung perkembangan dan pembelajaran pada setiap peserta didik. Ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak untuk mencapai potensinya,” jelas Alia dalam acara 'Sampoerna Academy Wellness Week Playdate 2023', Jumat (17/2/2023).

2. Sediakan ruangan khusus untuk anak meluapkan emosinya

2. Sediakan ruangan khusus anak meluapkan emosinya
Dok. Sampoerna Academy

Untuk meningkatkan kesejahteraan anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Serta, penerapannya juga bisa dilakukan di rumah maupun lingkungan sekolah.

Yang pasti, hal tersebut membutuhkan kerja sama antara orangtua dan guru. Seperti kita tahu, sekolah adalah wadah yang pas untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan para murid.

Setelah itu, orangtua bisa melanjutkannya dengan mengevaluasi perkembangan dan memastikan anak memiliki suasana menyenangkan nan hangat di rumah.

Salah satu upaya mendukung kesejahteraan anak adalah melalui penyediaan fasilitas yang dapat mengakomodir perkembangan sosial-emosional anak. Entah dapat berupa kamar tidur maupun ruang bermain. Yang pasti, ruangan tersebut dapat digunakan anak sebagai safe place.

“Tempat tersebut diperlukan agar anak memiliki areanya khusus saat membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dan menangani emosi besar mereka dengan caranya sendiri. Ini adalah sesuatu yang dapat juga diterapkan di rumah masing-masing, sebagai tempat yang dianggap anak paling aman untuk meluapkan emosinya,” terang Alia.

3. Gaya hidup anak berpengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental

3. Gaya hidup anak berpengaruh besar kesehatan fisik mental
Freepik/contributor29639600

Sadarkah Mama? Rupanya, gaya hidup menjadi faktor utama yang memengaruhi kesehatan fisik dan mental dan seorang anak. Lebih spesifiknya, gaya hidup yang mampu meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik anak adalah olahraga dan pola makan. Berikut penjelasannya:

  • Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi bahwa aktivitas fisik dalam bentuk apa pun merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan fisik dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Bahkan, sejumlah penelitian telah menunjukkan jika olahraga dapat melepaskan endorfin, yaitu sebuah hormon yang dapat mendatangkan rasa senang dan energi positif.

  • Pola makan

Nutrisi bergizi seimbang termasuk faktor yang dapat memengaruhi perasaan seseorang. Pola makan sehat merupakan makanan yang mencakup protein dalam jumlah sehat, lemak esensial, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, dan air.

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh si Kecil dapat memengaruhi pencegahan berbagai kondisi kesehatan fisik dan mental.

Itu dia ulasan terkait pentingnya kesejahteraan fisik dan mental anak di usia dini. Semoga informasi ini bisa meningkatkan kesadaran orangtua untuk menjaga kesehatan fisik dan mental si Kecil sejak awal, ya.

Baca juga:

The Latest