7 Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Anak

Pada beberapa kasus, si Kecil bisa menunjukkan reaksi alergi bahkan hal yang lebih fatal

25 Januari 2019

7 Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Anak
Pexels/Ela Haney

Blueberry merupakan buah yang memiliki rasa asam dan agak manis. Buah ini dikenal sebagai superfood, buah rendah kalori, dan juga buah yang memberikan banyak manfaat bagi Mama, termasuk ketika Mama konsumsi selama kehamilan.

Namun, bagaimana jika buah Blueberry ini dikonsumsi oleh si Kecil? Mama perlu mengingat bahwa tidak semua buah yang bergizi itu aman dikonsumsi untuk si Kecil ya, Ma. Terlebih, pada beberapa kasus, si Kecil bisa menunjukkan reaksi alergi bahkan hal yang lebih fatal.

Maka dari itu, Mama disarankan untuk memberikan blueberry ketika si Kecil berusia 1 tahun. Akan tetapi, jika Mama ingin memberikan blueberry lebih awal yaitu pada usia 6- 8 bulan, Mama bisa menyajikannya dalam bentuk bubur atau sup kental.

Nah, untuk mengurangi keraguan dan kekhawatiran Mama, maka dari itu berikut Popmama.comberikan informasi lebih detail mengenai blueberry untuk dikonsumsi oleh si Kecil.

Kandungan Buah Blueberry

Kandungan Buah Blueberry
Unsplash/veeterzy

Berdasarkan data yang dilansir dari parenting.firstcry.com, inilah kandungan gizi yang ditemukan dalam setiap 100 gram buah blueberry.

  • Karbohidrat 14,5gm
  • Serat 2.4gm
  • Protein 0.74gm
  • Gula Alami 9.96gm
  • Kalium 77mg
  • Fosfor 12mg
  • Kalsium 6mg
  • Magnesium 6mg
  • Vitamin E 0,55mg
  • Vitamin C 9.5mg
  • Vitamin B3 0,42mg
  • Vitamin K 19,3mg

Manfaat buah blueberry bagi si Kecil

1. Membantu pertumbuhan tulang

1. Membantu pertumbuhan tulang
Pixabay/Couleur

Seperti yang telah disebutkan di atas, blueberry itu kaya akan kalsium, magnesium, dan vitamin K, Ma.

Nah, hebatnya, ketika tiga kandungan gizi ini berkombinasi, maka kombinasi ini akan bermanfaat sekali dalam perkembangan tulang si Kecil, Ma.

Terlebih vitamin K itu membantu perkembangan tulang dengan membantu sintesis properti yang disebut osteocalcin.

Baca juga: Buat Tulang Anak Sehat dengan Cukupi Kebutuhan Vitamin K

2. Mencegah penyakit kanker

2. Mencegah penyakit kanker
Pexel/rawpixel

Blueberry diyakini memiliki tingkat antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran pada umumnya.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam blueberry ini nantinya akan melindungi tubuh si Kecil dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel si Kecil yang berkontribusi terhadap penuaan dan juga penyakit kanker, Ma.

Baca juga:  Inspiratif! Ini Kisah Reuni 4 Pejuang Kanker Cilik

Editors' Picks

3. Membantu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori si Kecil

3. Membantu menjaga fungsi otak meningkatkan memori si Kecil
Pixabay/ArtsyBee

Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Kondisi ini dapat mempercepat proses penuaan otak yang secara negatif memengaruhi fungsi otak si Kecil, Ma.

Dalam salah satu studi, sembilan orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan mengonsumsi jus blueberry setiap hari. Kemudian, setelah 12 minggu, mereka mengalami peningkatan pada beberapa penanda fungsi otak.

Begitupun jika si Kecil mengonsumsi blueberry, Ma. Yang perlu diingat, berikan blueberry dalam jumlah yang sesuai dan tepat, ya!

4. Mengontrol tekanan darah

4. Mengontrol tekanan darah
Pixabay/stevepb

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, blueberry juga mengandung kalium. Kalium ini merupakan salah satu kandungan gizi yang memainkan peranan besar dalam mengendalikan dan mengatur tekanan darah si Kecil, Ma.

5. Mencegah penyakit jantung

5. Mencegah penyakit jantung
Pixabay/PublicDomainPictures

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, Ma. Satu hal yang perlu Mama ingat, penyakit jantung ini tidak hanya menyerang orang dewasa.

Si Kecil kesayangan Mama juga berisiko terkena penyakit ini, Ma. Namun, berdoalah dan cegahlah agar si Kecil tidak terserang penyakit ini ya, Ma. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan blueberry pada si Kecil.

Seperti dilansir dari healthline.com, disebutkan bahwa pada sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi antosianin, antioksidan utama dalam blueberry memiliki risiko serangan jantung 32% lebih rendah.

6. Meningkatkan kesehatan mata

6. Meningkatkan kesehatan mata
Pixabay/Free-Photos

Blueberry kaya akan mineral yang baik untuk mata. Sehingga dapat dipastikan bahwa mata si Kecil akan sembuh, pulih, dan juga rileks. Kandungan antosianin dalam blueberry membantu meningkatkan penglihatan.

Satu studi menemukan bahwa asupan antosianin telah terbukti membantu meningkatkan penglihatan ketika malam dan penglihatan keseluruhan dengan melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Mata Bengkak yang Ampuh

7. Meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil

7. Meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil
Pixabay/qimono

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Molecular Nutrition and Food Research" menemukan bahwa senyawa dalam blueberry (disebut pterostilbene), bersama dengan vitamin D, dapat meningkatkan gen dalam tubuh yang terkait dengan fungsi kekebalan tubuh si Kecil, Ma.

Nah, bagaimana? Setelah membaca informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa memberikan blueberry bagi si Kecil itu aman ya, Ma. Terlebih, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh si Kecil ketika mereka mengonsumsi blueberry.

Namun, yang perlu Mama ingat adalah “Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”, maka dari itu berikanlah blueberry pada si Kecil dalam jumlah yang sesuai ya, Ma!

Baca juga: Manfaat Blueberry yang Belum Diketahui Bagi Ibu Hamil