11 Anak Seleb Kolaborasi Recycle Lagu Anak Terpopuler Sepanjang Masa

Peduli #savelaguanak, anak Mona Ratuliu dan Rio Febrian ikut dalam kolaborasi daur ulang lagu anak

4 Desember 2020

11 Anak Seleb Kolaborasi Recycle Lagu Anak Terpopuler Sepanjang Masa
Doc. GMI Records

Ma, masih ingat tidak dengan lagu anak zaman dulu? Lagu-lagu yang sangat melegenda dan terkenang sepanjang masa. Liriknya sangat mengena, mudah diingat dan notasi nada yang riang nan lembut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Contohnya saja seperti lirik berikut ini:

“Andaikan aku punya sayap, ku kan terbang jauh mengelilingi angkasa,“ atau

“Ambilkan bulan bu, ambilkan bulan bu, yang selalu bersinar di langit“

tentu masih teringat hingga saat ini kan, Ma. Sayangnya berbeda dengan anak-anak zaman dahulu, tidak semua anak-anak zaman sekarang mengetahui apa saja lagu anak yang sesuai dengan usianya.

Oleh karena itu, GMI Records dan KFC Indonesia merasa tergerak untuk bekerja sama dalam membuat sebuah album berisi lagu-lagu anak yang dinyanyikan oleh anak dan ditujukan untuk anak.

Setelah berhasil mengumpulkan 10 lagu anak, maka GMI Records merilis sebuah CD album yang berjudul “Lagu Anak Bintang (Vol. 1)”.

Ketika GMI Records melibatkan konsep ini dengan para orangtua dari anak-anak yang juga penyanyi cilik atau artis ternama di Indonesia, mereka pun dengan penuh antusias memberikan support dan peduli terhadap lagu-lagu anak.

Kolaborasi pada penyanyi cilik Indonesia ini merupakan salah satu wujud dari komitmen #savelaguanak yang telah kita tuangkan ke dalam album tersebut.

Penasaran kan Ma, ada lagu anak zaman dulu apa saja yang dinyanyikan kembali dalam album tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum selengkapnya.

1. Siapa saja anak artis yang terlibat dalam kolaborasi ini?

1. Siapa saja anak artis terlibat dalam kolaborasi ini
Instagram.com/Irfan Hakim

Tidak semua anak yang terlibat di album ini adalah seorang penyanyi cilik. Sebagian dari mereka adalah anak selebriti dalam negeri yang memang menyukai seni dan memiliki suara yang bagus.

Selain itu bukan hanya anaknya saja lho yang bernyanyi di album ini, ada juga orangtua yang ikut berkolaborasi bahkan berduet degan sang anak sebagai bentuk kepedulian pada #savelaguanak.

Seperti Donie Sibarani yang bernyanyi bersama anaknya, Kent pada lagu Burung Hantu. Selain itu juga ada Sandhy Sondoro yang menciptakan lagu baru untuk anaknya, Aeshan.

Ada beberapa anak artis lainnya yang juga ikut proyek album ini seperti Amora-anak Krisdayanti, Nala-anak Mona Ratuliu, Jamme-anak Rio Febrian, Naia-anak Tike Priatnakusuma, Megumi & Miskha-anak Desta, Raina & Rakana-anak Irfan Hakim, dan juga Azahbel-anak Enda Ungu yang ikut meramaikan pesan #savelaguanak ini.

Editors' Picks

2. Lagu baru yang ada di dalam album “Lagu Anak Bintang (Vol. 1)”

2. Lagu baru ada dalam album “Lagu Anak Bintang (Vol. 1)”
Doc. GMI Records

Album ini berisi 10 lagu anak dari sang musik produser Irwan "Opung" Simanjuntak. Lagu-lagu anak di album ini menjadi terdengar lebih fresh, lucu dan kekinian. Single perdana album ini akan meluncurkan lagu Budaya Beberes ciptaan Epoy Barok  yang dilantunkan oleh Nala, Jamme, Raina dan Rakana Hakim.

Seiring dengan perkembangan situasi saat ini dengan adanya wabah Covid-19, single ini seakan ingin menyampaikan pesan untuk selalu menjaga kesehatan diri dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat sejak dini.

Selain lagu Budaya Beberes, ada 2 lagu baru lainnya di album ini yaitu Aku Bisa ciptaan Seli Pontoh dan Aku Sayang Semuanya ciptaan Sandhy Sondoro.

3. Apa saja lagu anak zaman dulu yang ada di album ini?

3. Apa saja lagu anak zaman dulu ada album ini
Doc. GMI Records

Beberapa lagu anak terpopuler dari zaman dulu dinyanyikan kembali di album ini, antara lain:

  • Ambilkan Bulan ciptaan A.T. Mahmud,
  • Terima Kasih Guruku ciptaan Melly Goeslaw,
  • Burung Hantu ciptaan R.G. Daljono Hadisudibyo,
  • Bintang Kecil ciptaan ciptaan R.G. Daljono Hadisudibyo,
  • Naik-Naik ke Puncak Gunung ciptaan Ibu Sud,
  • Andai Aku Punya Sayap ciptaan Ate Mamat,
  • Abang Tukang Bakso ciptaan Mamo Agil.

Peluncuran album ini menjadi cara yang tepat bagi semua pihak untuk terus melestarikan lagu-lagu anak yang sesuai untuk mereka. CD album ini bisa didaptkan di berbagai store KFC Indonesia sejak November 2020.

4. Bagaimana persiapan kolaborasi di tengah pandemi?

4. Bagaimana persiapan kolaborasi tengah pandemi
Doc. GMI Records

Tike juga berbagi cerita bagaimana mereka semua mempersiapkan album lagu anak ini, “Kita dikumpulin, para orang yang berkecimpung di dunia seni lalu disatukan dalam album ini tapi bukan orangtuanya. Kami diminta untuk menyelamatkan lagu anak karena anak-anak akhir-akhir ini lebih sering menyanyikan lagu dewasa. Jadi kita seneng diajak untuk berkolaborasi karena kita pengin anak-anak kita nyanyi lagu sesuai dengan usianya saat ini,” ungkap Tike pada media.

Rekaman dilakukan di waktu yang berbeda demi keamanan anak-anak.

Rio Febrian menceritakan, “Hari rekaman berbeda-beda, tapi ada satu lagu yang dinyanyikan bareng-bareng. Itupun juga take vocal beda-beda. Ada satu lagu baru yang buat campaign dari KFC tapi rekamannya sendiri-sendiri. Satu bulan penuh, satu album musiknya semuanya. Kita senang karena aransemennya itu bikin anak-anak nyanyi lagu lama tapi dikemas dengan nuansa baru.”

5. Tanggapan para selebriti dengan campaign #savelaguanak

5. Tanggapan para selebriti campaign savelaguanak
Instagram.com/ Rio Febrian

Pastinya semua yang terlibat merasa senang karena ini adalah hal positif yang memang baik untuk anak-anak sekaligus untuk mempopulerkan kembali lagu anak terpopuler yang pernah ada di zaman dulu.

Tike mengungkapan, “Senang sekali ya, karena bahwa mudah-mudahan dengan adanya album ini anak-anak jadi lebih sering menyanyikan lagu anak nantinya.”

Senada dengan Tike, Mona Ratuliu juga mengungkapkan, “Karena sekarang referensinya lebih banyak lagu orang dewasa, semoga dengan hadirnya ini jadi ada referensi tambahan lagu anak. Jadi mudah-mudahan hadir kembali referensi yang bisa dinyanyikan oleh anak-anak.

Rio juga menambahkan, “Mereka senang menyanyikan lagu lain di album ini. Jadi memang tanpa disuruh hafalkan mereka juga sudah nyanyi sendiri. Jadi memang di dalam satu album ini isinya bagus.”

Wah seru ya, ada pilihan lagu anak lagi nih Ma. Ada lagu anak lama yang diperbaharui dan ada juga lagu anak yang benar-benar karya baru. Jangan sampai si Kecil ketinggalan, mereka berhak diberikan pilihan lagu yang sesuai usianya lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.