Manfaat Buah dan Sayur di Balik Warnanya untuk Kesehatan Anak

Bagaimana caranya agar anak tertarik makan sayur dan buah? Gunakan cara ini yuk, Ma!

18 Januari 2022

Manfaat Buah Sayur Balik Warna Kesehatan Anak
Freepik/Jcomp

Apakah anak mama menyukai makan buah dan sayur? Ada sebagian anak yang hanya menyukai buah tapi kurang menyukai sayuran. Padahal baik buah ataupun sayuran menyimpan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh mereka.
 
Ma, bagaimana sih agar anak tertarik mengonsumsi buah dan sayur tanpa harus dipaksa. 

Sayur dan buah yang sering Mama sediakan untuk si Kecil memiliki warna yang berbeda-beda bukan? Di balik warna yang berbeda tersebut menunjukkan kandungan yang berbeda pula. 

Tips agar Anak Suka Makan Buah dan Sayur

Tips agar Anak Suka Makan Buah Sayur
Freepik

Ada beberapa tips agar anak gemar makan sayur dan buah nih, Ma. Apa saja?

  • Pertama, sebelum dimakan mari siapkan bersama-sama dengan si Kecil.
  • Kedua, ceritakan bagaimana proses menanam buah dan sayur tersebut sampai akhirnya bisa kita makan.
  • Ketiga, jelaskan pada anak bagaimana cara mencuci masing-masing buah dan sayur yang akan dimakan.
  • Keempat, ajak anak untuk ikut memotong-motong buah dan sayur tersebut.
  • Kelima, jelaskan manfaat di balik warna buah dan sayur yang akan mereka makan.

Jika Mama belum mengetahui manfaat buah dan sayur di balik warnanya, yuk pelajari bersama sesuai rangkuman Popmama.com berikut ini.

1. Merah

1. Merah
Freepik

Banyak anak kecil menyukai warna merah. Warna yang mencolok pada buah dan sayuran ini ternyata memiliki makna tersendiri. Warna merah dalam makanan membuat kita ingin memakannya. 

Makna warna merah pada buah dan sayur menunjukkan ada kandungan gizi yang tinggi di dalamnya. Buah atau sayur berwarna merah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Buah yang berwarna merah juga mengandung likopen yang kaya akan antioksidan dan mampu melindungi tubuh dari jahatnya polusi di sekitar kita.

Apa saja buah dan sayur yang berwarna merah? Ada apel, bayam merah, tomat dan paprika merah.

Editors' Picks

2. Orange 

2. Orange 
Freepik/wIrestock

Warna orange juga sangat menarik bagi anak-anak. Buah dan sayur yang berwarna orange mengandung seng yang baik untuk perkembangan otak. 

Kandungan di dalamnya membuat kemampuan berpikir anak meningkat. 

Selain itu, warna orange juga menunjukkan adanya beta karoten seperti yang terkandung dalam sayur wortel. 

Manfaat beta karoten adalah untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan paru-paru dan memperlambat penurunan dungsi otak. Dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran bisa membuat anak jadi tidak mudah terkena penyakit.

Apa saja sih, buah dan sayur yang berwarna orange? Ada labu, jeruk, wortel, paprika orange, Pepaya dan juga ubi cilembu.

3. Hijau

3. Hijau
Freepik/Jcomp

Warna hijau pada sayur dan buah terbentuk oleh klorofil di dalamnya. Mama tahu kan, klorofil adalah zat hijau daun. Warna hijau sendiri menandakan adanya vitamin C dan B-kompleks. 

Selain itu, pada sayuran yang berwarna hijau terdapat zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan serat. 

Vitamin C sangat berguna untuk menstabilkan imunitas tubuh. Sementara vitamin B-kompleks bermanfaat untuk membantu proses metabolisme, menjaga sistem saraf pusat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Apa saja buah dan sayur yang berwarna hijau? Ada brokoli, daun kale, horenso, bayam, sawi hijau, paprika hijau, kedongdong dan anggur hijau.

4. Putih

4. Putih
Freepik/stocking

Memang ada buah dan sayur berwarna putih? Buah dan sayur berwarna putih memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Buah dan sayur berwarna putih ini kaya akan kandungan alicin dan vitamin C. Guna kandungan alicin adalah untuk menjaga tekanan darah dan mengontrol kolesterol. 

Sementara vitamin C dan kalsium tentu dapat menjaga imunitas tubuh. Selain itu, kandungan air dalam buah dan sayuran yang berwarna putih juga cukup tinggi seperti bengkoang.

Apa saja buah dan sayur yang berwarna putih? Juga ada kol, sawi putih, lobak, taoge, pir dan sirsak. Semuanya enak kan!

5. Ungu

5. Ungu
Freepik/Jcomp

Apakah ungu masuk sebagai warna favorit anak mama? Dibanding warna lain seperti merah dan orange, mungkin warna yang satu ini bukan yang sering dijumpai pada buah atau sayuran.

Lalu apa manfaat buah dan sayur yang berwarna ungu? Warna ungu menunjukkan adanya zat antosianin yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat warna ungu pada buah dan sayur biasanya bisa didapatkan dari ubi ungu, anggur, blueberry, atau sebagian anak juga ada lho yang menyukai terung ungu.

Itulah manfaat buah dan sayur di balik warnanya yang sangat menarik.Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak mama. Yuk ajarkan si Kecil gemar konsumsi makanan bergizi dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk