5 Bahaya Filler Wajah bagi Kesehatan Tubuh

Jenis perawatan kecantikan beragam metode yang ditawarkan pun memiliki efek positif dan negatif

4 Maret 2021

5 Bahaya Filler Wajah bagi Kesehatan Tubuh
Freepik.com

Beragam perawatan kecantikan menawarkan hasil untuk memaksimalkan penampilan pada diri kita.

Semakin bertambah usia tentunya kulit kita akan ikut mengalami perubahan. Dalam dunia kecantikan tentu metode filler sudah tidak asing lagi.

Filler wajah adalah menyuntikkan zat sintetis atau alami yang disuntikkan ke dalam kulit untuk mengurangi munculnya kerutan dan mengembalikan kekenyalan wajah yang berkurang seiring bertambahnya usia.

Suntikan ini juga disebut pengisi kulit, implan yang dapat disuntikkan, memudarkan kerut, dan pemberi volume pada jaringan tubuh. Filler digunakan untuk mengisi pipi dan bibir.

Hasil dari treatment ini dapat bertahan selama 6 bulan hingga beberapa tahun, tergantung pada produk dan orangnya.

Namun selain mengatasi permasalahan pada kulit, perawatan ini juga memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh.

Berikut popmama.com rangkum informasinya dibaca yuk!

1. Menyebabkan infeksi pada kulit

1. Menyebabkan infeksi kulit
Freepik.com

Filler merupakan penyuntikan menggunakan cairan tertentu ke dalam kulit untuk membuat kulit kita menjadi kenyal dan lebih berisi, perawatan ini banyak sekali ditemukan di kalangan jasa kecantikan, perawatan ini sekarang telah menjadi tren dikalangan perempuan.

Melakukan tindakan filler butuh memikirkan risiko yang akan ditanggung, sebab saat dilakukan penyuntikan praktisi menggunakan suatu zat yang dimasukkan kedalam tubuh.

Cairan yang masuk dalam jaringan tubuh ternyata bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah, jika pembuluh darah tersumbat maka aliran darah tidak akan lancar dan organ tubuh akan kekurangan oksigen hal itu yang meyebabkan terjadinya infeksii pada tubuh kita.

Editors' Picks

4. Memicu alergi pada tubuh

4. Memicu alergi tubuh
Freepik.com

Ternyata alergi selain disebabkan oleh makanan, saat kamu melakukan filler juga meningkatkan risiko alergi, terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif terhadap suatu zat.

Kita semua tentu mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda-beda, maka saat akan melakukan treatment  ini sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu ketahui efek dari cairan yang akan disuntikkan ke tubuh.

Zat yang masuk kedalam kulit bisa saja mendapat reaksi penolakkan dari dalam tubuh kita, hal itu akan menimbulkan efek alergi pada tubuh kamu.

2. Terjadinya kelumpuhan pada otot

2. Terjadi kelumpuhan otot
Freepik.com

Penyuntikan untuk mengisi jaringan kulit memiliki beragam jenisnya seperti, hylauronic acid, kolagen, autogulus, dan silikon.

Cairan tersebut akan masuk dan menyebar kedalam tubuh dan apabila cairan itu sampai masuk hingga ke otot pernafasan tentu dapat memicu penyakit.

Bila otot pernapasan terkena cairan yang berbahaya maka akan ada gangguan pada pernafasan, membuat kamu menjadi sulit menelan dan bernapas hingga meningkatkan penyakit pnemunia.

Pastinya kita tidak mau mengalami efek berbahaya itu kan, pastikan kamu mencari referensi terpercaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Berisiko mengalami kebutaan

3. Berisiko mengalami kebutaan
Freepik.com

Selain kamu bisa mengalami risiko kelumpuhan otot kamu akan mengalami kebutaan sebab bahan filler yang disuntikkan dibawah mata dengan cara yang tidak benar akan memasuki arteri utama mata dan akan menyumbat pembuluh darah.

Saat aliran darah ke mata terganggu maka penglihatan mata akan mengalami gangguan dan dapat menyebabkan kebutaan.

Sangat mengerikan bukan, kecantikan alami lebih baik jika kamu dapat mensyukuri bentuk wajah alami yang kamu miliki!

5. Mengganggu kesehatan sinus

5. Mengganggu kesehatan sinus
Freepik.com

Sebagai perempuan tentu kita menginginkan wajah yang sempurna, untuk melengkapi kekurangan pasti segala macam cara akan ditempuh seperti menginginkan hidung mancung, pipi tirus, dan bibir yang bervolume.

Bila kita melakukan filler pada hidung ternyata bisa mengganggu kesehatan sinus terlebih jika kamu penderita sinus.

Perhatikan dahulu efek yang akan didapat saat ingin memutuskan untuk melakukan filler ya, jangan sampai kita salah mengambil keputusan.

Jika ingin melakukan hal ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang ahli dibidangnya ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.