Awet Muda dan Kulit Sehat, Ini 5 Jenis Vitamin untuk Kecantikan

Lebih mengenal lebih banyak jenis vitamin yu, Ma

17 Februari 2021

Awet Muda Kulit Sehat, Ini 5 Jenis Vitamin Kecantikan
Freepik/Racool_studio

Kulit memerlukan vitamin untuk menjaganya tetap sehat dan juga terawat. Kulit yang sehat pasti memiliki kadar vitamin yang cukup dan akan membuatnya tampak lebih cerah dan bahkan dapat membuat wajah terlihat lebih muda.

Merawat kulit menjadi hal yang penting dari segala rangkaian perawatan kulit. Mama juga perlu mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam skincare yang dipakai. Vitamin C menjadi salah satu kandungan yang seringkali berada dalam produk kecantikan.

Dengan segala manfaatnya vitamin C seringkali digunakan sebagai bahan dasar untuk serum atau pelembab.

Namun, perlu Mama ketahui bahwa ternyata masih banyak vitamin lainnya yang bagus untuk kecantikan. Ada apa saja ya? Yuk, simak informasi yang telah Popmama.comrangkum berikut ini:

1. Vitamin E bersifat anti oksidan

1. Vitamin E bersifat anti oksidan
Freepik/drobotdean

Vitamin E bersifat anti oksidan yang dapa menjadi pelembap untuk melindungi kulit dan meningkatkan hidrasi kulit. Vitamin E juga melindungi sel kulit dari radikal bebas khususnya pada saat kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika vitamin E dan vitamin C dikombinasikan, maka akan membantu untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV secara maksimal.

Editors' Picks

2. Vitamin C mampu mengatasi masalah sel kulit mati

2. Vitamin C mampu mengatasi masalah sel kulit mati
Freepik/Racool_studio

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling umum digunakan untuk perawatan wajah. Vitamin C yang bisa disebut juga asam askorbat adalah antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, vitamin ini dapat mengurangi pembentukan pigmen dan melindungi kulit dari penyebab stres lingkungan. Seperti antioksidan lainnya, vitamin C mampu mengatasi masalah sel kulit mati dan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

3. Vitamin A memperkuat fungsi pelindung epidermis

3. Vitamin A memperkuat fungsi pelindung epidermis
Freepik

Vitamin A bisa didapatkan melalui berbagai bentuk salah satunya adalah retinol yang mana seringkali digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Vitamin A merupakan bahan topikal yang dapat mengubah penampilan permukaan kulit menjadi lebih baik.

Vitamin A dapat memperkuat fungsi pelindung epidermis dan dapat melindungi kolagen dari degradasi. Asam retinoat atau yang biasa dikenal sebagai tretinoin adalah turunan vitamin A yang digunakan sebagai pengobatan topikal dengan efek samping yang relatif ringan.

4. Vitamin B sering ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit

4. Vitamin B sering ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit
Freepik/Racool_studio

Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin B tidak mengacu pada satu vitamin saja tetapi terdiri beberapa kelompok.

Terdapat delapan jenis yang berbeda diantaranya: B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam Pantotenat), B6, B7 (Biotin), B9 (Folat), dan B12.

Salah satu jenis vitamin B yaitu B3 biasa disebut dengan niacinamide ini merupakan vitamin B yang paling umum ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Niacinamide terkenal karena dapat mengatasi masalah kulit kering dengan cara melembapkan dan mengunci kelembapan nya.

5. Vitamin F atasi masalah peradangan pada kulit

5. Vitamin F atasi masalah peradangan kulit
Freepik/benzoix

Vitamin F menjadi salah satu vitamin yang terbilang baru digunakan dalam dunia perawatan kulit. Namun, perlu diketahui bahwa vitamin F memiliki peran yang penting untuk kesehatan kulit seperti mengatasi masalah peradangan pada kulit.

Vitamin F sebenarnya bukalah vitamin, tetap ‘F’ mengacu pada asam lemak yang mana dapat ditemukan dalam asam lemak omega 6 dan omega 3. Vitamin F atau asam lemak ini membantu fungsi kulit normal dan juga melindunginya.

Nah, jadi itu dia 5 jenis vitamin yang ternyata dapat digunakan untuk perawatan kulit. Mungkin Mama sudah pernah mendengar beberapa diantaranya lantaran sering menggunakan skincare dengan kandungan vitamin tersebut. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.