7 Masker Alami Merawat Rambut Bercabang dan Pecah-Pecah

Bingung gimana cara mengatasi rambut yang bercabang? Coba dengan masker rambut berbahan alami ini

9 Februari 2019

7 Masker Alami Merawat Rambut Bercabang Pecah-Pecah
theloop.ca

Kini, Mama tidak harus membeli hair mask di pasaran yang harganya mungkin jauh lebih mahal. Tidak harus repot-repot untuk memberikan nutrisi, merawat, melembabkan, serta mencegah rambut bercabang dengan membeli produk masker rambut yang paling mahal.

Karena Mama bisa menyiapkan masker rambut buatan sendiri yang mudah dan efektif untuk rambut bercabang dari bahan-bahan yang dapat Mama temukan di dapur. Apa manfaat dari masker rambut buatan sendiri? Tentu saja semuanya berbahan alami.

Mama dapat mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau tanpa menggunakan bahan kimia apa pun. Berikut adalah 7 masker rambut buatan sendiri untuk rambut bercabang dan pecah-pecah yang telah Popmama.com pilihkan
 

1. Sirup Maple

1. Sirup Maple
cbmaplefarm.com

Sirup maple yang memiliki rasa manis dan lezat ini bisa untuk memperbaiki rambut yang bercabang, lho. Kamu dapat menyiapkan masker rambut buatan sendiri dengan bahan ini. Sirup mample dapat melembapkan ujung rambut yang kering dan bercabang. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan, siapkan panci kecil, campurkan 2 sendok makan sirup maple, 1 sendok makan madu dan 3 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin

Panaskan campuran tersebut dengan api kecil selama kurang dari 1 menit sampai campuran sedikit hangat. Pastikan campurannya tidak terlalu panas dan oleskan pada rambut tapi tidak sampai akarnya. Pasang shower cap, bungkus kepala dengan handuk dan biarkan masker selama 25 menit. Bilas dengan air hangat dan cuci rambutmu dengan sampo dan kondisioner favorit kamu.

Sirup ini mengandung mineral dan zinc yang baik untuk kesehatan rambutmu.
 

2. Oatmeal

2. Oatmeal
Freepik

Oatmeal memang banyak manfatnya, selain untuk diet dan masker wajah. Oatmeal juga bisa dijadikan masker rambut untuk mengatasi rambur pecah-pecah dan bercabang. 

Untuk membuat masker rambut yang mengatasi rambut becabang, kamu perlu siapkan 2 sendok makan oatmeal yang sudah digiling untuk mendapatkan tekstur oatmeal yang lebih halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak jarak dan 2 sendok makan susu. 

Campur bahan-bahan tersebut dan oleskan campuran pada rambut. Bungkus rambut dengan shower cap dan handuk lalu biarkan selama 30-40 menit. Bilas dan cuci rambut dengan sampo dan kondisioner.

Oatmeal juga dipercaya efektif menyerap minyak berlebih pada kulit dan mengurangi kelebihan minyak dan kotoran pada rambut, lho.

3. Cocoa butter

3. Cocoa butter
organicfacts.net

Cocoa butter dalam bentuk minyak sangat baik untuk merawat serta melindungi rambut. Lemak cocoa butter bisa juga untuk mengatasi rambut yang bercabang dan pecah-pecah, menjadikan rambut mudah diatur, kuat, serta lembab. 

Selain itu cocoa butter juga menambah volume rambut. Setelah membilas rambut dan berkeramas, maskerkan cocoa butter pada rambut dan diamkan hingga 15 menit, lalu bilas lagi. Lakukanlah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.
 

Editors' Picks

4. Teh chamomile

4. Teh chamomile
healthline.com

Teh chamomile mampu memperkuat setiap helai rambutmu dan membuat rambut tidak mudah patah dan rontok. Selain itu, teh camomile juga bisa merawat rambut yang bercabang. 

Khasiat lainnya yakni membuat rambut berkilau, lembab, dan menghilangkan ketombe. 
Caranya, pakailah teh ini sebagai masker dengan mendidihkan kantung teh dan air lalu biarkan sampai dingin. Cucilah rambut dengan air teh chamomile tersebut. 

Atau kamu bisa juga menambahkan 1 sendok makan yogurt plain dan madu lalu oleskan pada rambut yang bercabang dan tunggu hingga 30 menit setelah itu bilas.

5. Telur

5. Telur
Freepik/4045

Buatlah masker rambut buatan sendiri  dengan mencampur sebutir telur, 3 sendok makan madu, 3 sendok makan susu dan 5 sendok makan minyak zaitun extra virgin oil

Oleskan campuran pada rambut lalu biarkan selama 30 menit. Pastikan kamu membilas masker rambut dengan air hangat sebelum mencuci rambut dengan bersih menggunakan sampo dan kondisioner untuk menghilangi bau amis dari telur. 

Telur selain kaya akan protein yang bermanfaat bagi tubuh, bahan ini juga bisa mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah. Tentu, bahan ini sangat mudah ditemukan di dapurmu ya. 

6. Yogurt

6. Yogurt
Freepik/nensuria

Tuang 1/2 cangkir yogurt plain ke dalam mangkuk, tambahkan 3 sendok makan minyak zaitun extra virgin dan aduk rata. Oleskan masker rambut ini, bungkus dengan handuk dan biarkan selama 20 menit. Bilas rambutmu dengan air hangat dan sampo.

Yogurt mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, kalsium, protein, dan vitamin yang membantu rambut memiliki akar yang lebih kuat sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain itu yogurt diperkaya mampu merawat rambut bercabang.
 
Kamu juga bisa membuat masker yogurt dengan campuran pepaya yang kaya vitamin A dan kalsium. 
 

7. Madu

7. Madu
Pixabay/stevepb

Madu bisa jadi bahan masker untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Bahan ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Madu mengandung berbagai vitamin yang menutrisi rambut agar kuat, tidak bercabang, dan tidak mudah patah.

Yang harus kamu lakukan adalah mencampur madu dan minyak zaitun extra virgin dengan perbandingan 50:50. Oleskan masker pada rambut, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo hingga bersih. 

Cara membuat masker lainnya yakni campurkan 3 sendok makan madu dan putih telur. Kemudian aduk hingga merata lalu oleskan masker campuran madu dan putih telur itu ke seluruh bagian rambut hingga merata sambil dipijat-pijat agar masker meresap dengan. Diamkan selama 30 menit dan bilas rambut dengan menggunakan sampo.

Rambut merupakan mahkota perempuan yang sejatinya harus dirawat dengan baik sehingga tetap  sehat. Namun, karena pengaruh dari beberapa faktor seperti pewarnaan rambut yang terlalu sering, smoothing rambut, hingga gonta-ganti gaya rambut terkadang membuat akar rambut mati  dan menjadi masalah baru pada rambut. Rambut menjadi rusak, pecah-pecah dan bercabang.

Daripada harus susah-susah mengembalikan rambut seperti sedia kala dengan produk-produk pasaran yang belum tentu cocok dan belum tentu tidak mengandung bahan berbahaya. Solusinya Mama bisa mencoba 7 masker alami di atas yang terbukti kealamiannya. Selamat mencoba ya.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;